Trending News

Blog Post

Album of The Day: Various Artists – R&B The Collection Summer 2011
Album of The Day

Album of The Day: Various Artists – R&B The Collection Summer 2011 

Released by: Universal Music Indonesia

Kalau belakangan jarang banget bisa menemukan album kompilasi yang kompleks, baik dari segi genre, penyanyi, maupun era musik, sepertinya album “R&B The Collection Summer 2011” ini adalah kompleksitas yang memang agak susah untuk didapati di zaman sekarang. Dan itu menjadi faktor utama yang membuat album ini beda dari album kompilasi lainnya. Bagaimana tidak, meskipun bertitel R&B, enggak semua lagu yang ada lantas berasal dari jenis musik tersebut. Dominan iya, tapi enggak mutlak. Dancepop ‘Born This Way’ dari Lady Gaga, ‘S&M’ dari Rihanna, dan ‘On The Floor’ oleh Jennifer Lopez adalah tiga track pertama yang mengaburkan konsep R&B-nya, tapi justru menguatkan citra summer-nya, yaitu party. Ini juga bisa dinikmati habis-habisan lewat ‘Higher’ dari Taio Cruz, ‘Like A G6’ dari Far*East Movement, dan ‘Glamorous’ dari Fergie.

Lantas, sajian R&B-nya gimana? Boleh banget didengar di lagunya Ne-Yo yang ‘Beautiful Monster’, Jay Sean yang ‘Down’, Ashanti yang ‘Rock Wit U’, dan Jessie J yang ‘Do It Like A Dude’. Yang lebih mendekat ke R&B adalah hip-hop yang ditampilkan oleh para rapper. Jadilah album ini kaya akan nama musisi kulit tampil yang jago cuap-cuap dalam irama cepat di lagu masing-masing. Nelly yang hadir dengan ‘Just A Dream’, Drake di lagu ‘Fancy’, juga Nicki Minaj lewat ‘Girls Fall Like Dominoes’. Pemilihan lagunya juga cukup berani, karena enggak melulu memasukkan lagu yang sudah populer demi mengejar alasan “menjual”. Nama-nama besar lain yang terangkum di album ini meliputi Lil Wayne, Ludacris, Timbaland, dan Tinie Tempah.

Keunggulan lainnya dari album ini adalah kumpulan lagu yang diambil dari berbagai era, tidak terbatas pada lagu-lagu yang berasal dari tahun 2011 saja. Contohnya ‘Let Me Blow Ya Mind’, sebuah kolaborasi antara Eve dan Gwen Stefani yang diambil dari tahun 2001. Ada juga lagu dari tahun 2008 (‘Forever’ oleh Chris Brown), 2007 (‘Baby Don’t Go’ oleh Fabolous featuring Jermaine Dupri), 2005 (It’s Like That’ oleh Mariah Carey), dan masih banyak lagi. Yang ini tentua saja menjadi pertanyaan, bagaimana tahun 2011 tertera besar pada titel album ini. Jawaban yang paling pasti adalah angka tersebut menunjuk ke tahun pembuatan dan perilisan kompilasi tersebut.

Jaman sekarang juga jarang banget bisa ditemui album kompilasi yang berisi artis-artis dari beragam distributor musik. Tapi di album ini, keberagaman demikian bisa ditemui. Ada Ke$ha (Sony) yang tampil di lagu ‘TiK ToK’, Katy Perry (Warner) yang membawakan ‘California Gurls’, B.o.B (Warner) untuk lagu ‘Airplanes’, juga Wiz Khalifa (Warner) di lagu ‘Black & Yellow’. Seru kan?! Mereka tergabung dalam sebuah album yang dirilis sama Universal. Selain itu ada juga Flo Rida, David Guetta, dan Snoop Dogg yang ikutan gabung dengan artis Universal lainnya, kayak Black Eyed Peas, Nicole Scherzinger, dan Tinie Tempah.

Total 38 lagu dalam 2 keping CD “R&B The Collection Summer 2011” merupakan kompilasi layak koleksi. Enggak setiap tahun kita bisa punya album dengan lagu-lagu lintas masa dan lintas genre dari artis-artis yang lintas distribusi musiknya. Paket musik juara!

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
CD One:
1. Lady Gaga – Born This Way
2. Rihanna – S&M
3. Jennifer Lopez – On The Floor
4. Jessie J – Do It Like A Dude
5. B.o.B – Airplanes (ft Hayley Williams)
6. Katy Perry – Califonia Gurls (ft Snoop Dogg)
7. Far*East Movement – Like A G6
8. Flo Rida – Club Can’t Handle Me (ft David Guetta)
9. Nicole Scherzinger – Don’t Hold Your Breath
10. The Black Eyed Peas – Just Can’t Get Enough
11. Drake – Fancy (ft T.I. & Swiss Beatz)
12. Nicki Minaj – Girls Fall Like DOminoes
13. Tinie Tempah – Pass Out
14. Ke$ha – TiK ToK
15. N.E.R.D. – Hot-N-Fun (ft Nelly Furtado)
16. Mann – Buzzin (ft 50 Cent)
17. Cam’Ron – Hey Ma
18. Lil Wayne – 6 Foot 7 Foot (ft Cory Guns)
19. Travis Barker – Carry It (ft Rza, Raekwon & Tom Morello)

CD Two:
1. Taio Cruz – Higher
2. Ne-Yo – Beautiful Monster
3. Snoop Dogg – Sweat (ft David Guetta)
4. Dionne Bromfield – Yeah Right (ft Diggy Simmons)
5. Nelly – Just A Dream
6. Ashanti – Rock Wit U (Awww Baby)
7. Jeremih – Down On Me (ft 50 Cent)
8. N.O.R.E. – Nuthin
9. Wiz Khalifa – Black & Yellow
10. Timbaland – If We Ever Meet Again (ft Katy Perry)
11. Eve – Let Me Blow Ya Mind (ft Gwen Stefani)
12. Ja Rule – Always On Time (ft Ashanti)
13. Fergie – Glamorous
14. Chris Brown – Forever
15. Mariah Carey – It’s Like That
16. Young Money – Bedrock (ft Lloyd)
17. Ludacris – How Low
18. Fabolous – Baby Don’t Go (ft Jermain Depri)
19. Jay Sean – Down (ft Lil Wayne)

Related posts

Leave a Reply