fbpx

Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 12 September
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 12 September 

Matt Cardle (Alb. Letters / Columbia) – Run For Your Life
Single kedua pemenang X-Factor Inggris musim ketujuh, Matt Cardle, untuk album debutnya, Letters, adalah Run For Your Life. Single yang akan dirilis pada tanggal 17 Oktober 2011 nanti memantapkan posisi Cardle sebagai solois yang mengandalkan kekuatan pada penghayatan yang prima. Sebuah power ballad yang dibuka dengan lirih, sampai pada chorus berubah menjadi sebuah lagu yang dipenuhi dengan intensitas, terutama pada vokal Cardle. Terdengar sedikit “tidak nyambung” sebenarnya antara verses dengan chorus, namun inilah yang membuat single ini terdengar cukup unik. (8/10)

Plumb Feat. Dan Haseltine (Alb.Faster Than A Bullet / Curb Records) – Drifting
Solois yang bernama asli Tiffany Lee ini dikenal sebagai nama panggung yang cukup sederhana, Plumb dan kancahnya di ranah musik rock alternatif sepanjang 14 tahun ini mungkin tidak begitu dikenal secara luas, karena Plumb mempunyai pangsa pasar yang cukup tersegmentasi, secara ia juga membawa pengaruh kristen yang kental pada tema-tema musiknya. Dualitas pada makna bisa juga didapat dalam single Drifting ini. Single yang dirilis pada tanggal 30 Agustus 2011 lalu ini memang mengandung lirik yang bisa diartikan secara rohani namun juga sekuler, tergantung pemahaman. Yang pasti, sebagai sebuah nomor rock-alternatif, single ini terdengar cukup catchy dan easy listening. (8/10)

Stereo MCs (Alb. Emperor´s Nightingale / K7!) – Far Out Feelings
Stereo MCs yang sudah berkiprah semenjak 1985 ini kembali lagi dengan album terbaru mereka, Emperor´s Nightingale, yang sudah dirilis pada tanggal 26 Agustus yang lalu. Setelah bekerjasama dengan Jamie Cullum untuk single Boy, maka bersiap untuk merilis single terbaru mereka, Far Out Feelings. Kali ini unsur rock memainkan peran yang cukup besar, karena dengan tempo yang rapat dan kencang, kesan demikianlah yang bisa kita dapat, meski tentu saja mereka tidak melepaskan pengaruh elektronika yang kental, sehingga single ini terdengar seperti sebuah elektro-rock yang riuh. Tidak ada bunyi-bunyian vokal ala rap disini, namun tetap saja sangat mengasyikan untuk disimak. (8/10)

Chairlift (Single / Columbia ) – Amanaemonesia
Duo Caroline Polachek dan Patrick Wimberly yang kita kenal dengan Chairlift akan kembali lagi dengan album ketiganya yang masih belum ketahuan apa judul dan kapan rilisnya. Yang pasti dijadwalkan untuk rilis tahun ini juga. Amanaemonesia, demikian single terbaru mereka, akan terdengar sedikit berbeda dari Bruises yang dulu mempopulerkan mereka. Sebuah single bercorak indie-pop dengan aksentuasi sound-sound olahan synth, pola pergerakan melodi Amanaemonesia memang sedikit tidak tertebak dan asimetris, namun disinilah keunikan single yang videonya dirilis pada tanggal 7 September yang lalu ini. Amanaemonesia adalah single yang mungkin tidak akan mudah disukai, namun dengan komposisinya yang eklektik dan unik, ini adalah single yang juara. (8/10)

Bond feat. Young Offenders (Alb. Play / Universal) – Diablo
Bagi yang kangen dengan kumpulan pengusung musik string asal Australia, Bond, boleh bersiap-siap memuaskan kerinduannya, karena album studio keempat mereka, Play, akan segera dirilis pada tahun ini. Sebagai pemanasan, single Diablo pun dilepas kepasaran. Single ini terdengar cukup istimewa, karena tidak melulu menampilkan instrumen musik gesek, akan tetapi menampilkan vokal rap oleh Young Offenders. Tidak hanya itu, salah satu personil Bond, Tania Davis, tampil solo menampilkan vokalnya yang lumayan merdu. Gesekan string yang intens dan mendayu-dayu diimbuhi rap dan juga vokal merdu, Diablo, yang bernuansa latin ini memang sangat memuaskan untuk didengar oleh kuping. (8/10)

Pearl Jam (Alb. PJ20 / Columbia) – Crown of Thorns
Untuk memperingati 20 tahun Pearl Jam berkarya di industri musik, sebuah film telah disiapkan oleh sineas kenamaan Cameron Crowe. Film dokumenter yang diberi judul Pearl Jam Twenty tersebut telah dirilis pada tanggal 10 September yang lalu. Crown of Thorns sendiri sebenarnya adalah lagu asli milik Mother Love of Bone. Pearl Jam pertama kali menyanyi ulang lagu ini pada tanggal 22 Oktober 2000 yang lalu disebuah konser di Las Vegas sebagai penghormatan terhadap vokalis Mother Love of Bone, Andrew Wood. Nah, versi live inilah yang terdapat dalam album soundtrack untuk film dokumenter PJ20 tersebut dan menjadi salah satu andalan, sehingga dilepas sebagai single. Menarik sekali menyimak Eddie Vedder menyanyi ulang lagu ini, karena karakter vokal Vedder yang khas, kental mendominasi. (8/10)

Joe Jonas (Alb. Fastline / Hollywood) – Just In Love
Joe Jonas tampaknya sangat bersemangat sekali dalam menjalankan solo karirnya. Baru saja kita menyimak single-single yang dirilisnya, eh dia ternyata sudah bersiap dengan single terbarunya, Just In Love yang premier di acara radio Ryan Seacrest. Masih kental dengan pengaruh black music seperti single-single sebelumnya, namun kali ini sound yang berasal dari synth agak sedikit memberikan warna era 80-an. Aspek yang positif tentu saja, meski tidak membuat single ini terdengar luar biasa, namun upayanya untuk memberi pembeda patut diberi kredit lebih. (7/10)

T-Pain feat Wiz Khalifa & Lily Allen (Alb. RevolveR / Jive) – 5 O’Clock’
Dengan mengambil sampel dari lagu Who’d Have Known‘ milik Lily Allen, 5 O’Clock, yang merupakan single pertama T-Pain untuk album RevolveR, terdengar cukup lembut dan lirih, terutama untuk ukuran sebuah lagu rap/Hip Hop. Vokal T-Pain yang mengalami proses autotunes mungkin hanya berniat sebagai gimmick namun vokal rap Wiz Khalifa yang hadir dengan lebih organik akhirnya terdengar lebih mengesankan. Single ini dirilis pada tanggal 8 September 2011, setelah mengalami proses yang cukup panjang untuk dipilih sebagai single perdana. (8/10)

Lil’ Wayne Feat. Bruno Mars (Alb. Tha Carter IV Deluxe Edition / Universal Republic) – Mirror
Setelah mengharu-biru kita dengan single She Will, Lil’ Wayne akan kembali menyentuh kita dengan singlenya yang menampilkan Bruno Mars, Mirror. Tentu saja kehadiran Mars memberikan dimensi kedalaman yang diperlukan untuk single ini. Humming sebagai latar belakang benar-benar memberikan kontribusi yang positif dalam membangun atmosfir lagu ini. Wayne juga ngerap secara lebih kalem dan lembut. Tepat dan efektif. (8/10)

Flo Rida (Alb. Only One Rida (Part 2) / Atlantic Records) – Good Feeling
Single yang dirilis pada tanggal 29 Agustus 2011 yang lalu ini disebut single resmi pertama rapper asal Miami, Flo Rida untuk album keempatnya, Only One Rida (Part 2). Dengan menampilkan Dr. Luke sebagai produser, Good Feeling masih tampil sebagai sebuah single rap yang kental elektro-housenya. Tentu saja ini tidak lepas dari campur tangan Avicii dalam menangani single ini. Semakin istimewa, karena single ini menampilkan vokal Etta James dalam lagu Something’s Got a Hold on Me yang disampling sebagai pemanis lagu. (8/10)

Special Thanks To Julee, Ai, Haris, dll…

Vote your Favourite Exclusive Single here:

Related posts

Leave a Reply