Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 19 September
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 19 September 

Coldplay (Alb. Mylo Xyloto / Parlophone) – Paradise
Tampaknya melalui album kelima mereka, Mylo Xyloto, band alternatif populer asal Inggris, Coldplay benar-benar ingin memberi suntikan baru dalam nadi bermusik mereka. Single kedua yang dirilis pada tanggal 12 September 2011 lalu ini sebenarnya sebuah nomor mid-tempo dalam kadar kemurungan yang biasa kita kenal dari Coldplay. Instrumen piano yang biasa tampil untuk menghadirkan kesan dramatis disini pun masih menjalankan fungsinya. Chris Martin pun bernanyi dengan lirih. Namun yang menjadi pembeda adalah dimana elemen elektronika sebagai instrumen berperan penting, termasuk dengan memasukkan teknik scratching. Yang patut kita syukuri, perpaduannya terjalin dengan sempurna. (9/10)

Demi Lovato feat. Missy Eliot & Timbaland (Alb. Unbroken / Hollywood) – All Night Long
Setelah mengharu biru dengan Skycrapper, Demi Lovato tampaknya tak ingin kita sedih berketerusan dan mengajak untuk menggerakkan tubuh mengikuti single terbarunya ini yang hadir dengan sangat mengejutkan, karena kali ini tampil ber RnB ria. Up tempo pula. Apalagi dengan mengandeng rapper terkenal, Missy Eliot dan juga Timbaland yang turut hadir sebagai produser. Uniknya, Demi cukup sukses menjalankan PR-nya. Meski tarikan rock n’ roll-nya masih tetap terasa, namun nuansa “hitam” pun hadir dengan cukup mulus disini. Vokalnya tidak terlalu dipaksakan untuk meliuk-liuk, namun rasanya porsinya sudah cukup tepat. Single ini dikabarkan akan rilis pada tanggal 20 September nanti. (8/10)

Joss Stone (Alb. LP1 / Surfdog) – Karma
Wow. Joss Stone did it again. A very soulful yet enjoyable performance she delivers from her latest single, Karma. Single keduanya untuk album LP1 ini memang baru akan dirilis pada tanggal 27 September nanti, namun tidak ada salahnya jika menikmtai single ini melalui albumnya, tentu saja. Vokal Stone yang berat agak terasa sedikit gahar dan apakah dia melakukan teknik growling disana? Kurang jelas juga. Namun yang pasti Karma terasa begitu kental dengan nuansa soul dan juga bluesnya. Urban dan dewasa. Penuh dengan tarikan-tarikan yang pasti mampu mengajak kita larut didalamnya. (8/10)

Drake (Alb. Take Care / Young Money) – Headlines
Bagi yang sudah tidak sabar dengan kehadiran album terbarunya rapper asal Canada, Drake, boleh bersuka cita, karena album terbarunya, Take Care akan dirilis pada Oktober nanti. Sebagai pelepas dahaga, bolehlah dinikmati dulu single pertamanya untuk album tersebut, Headlines. Vokal Drake yang sedikit mengingatkan akan Lil’ Wayne pun cenderung ngerap mirip dengan produser eksekutif sekaligus sahabatnya itu. Namun yang sedikit membedakan, jika Lil’ Wayne terdengar tengil, Drake cenderung lebih murung atau bahkan romantis disaat lain. Nah, dalam Headlines, kemurungan tersebut yang bisa kita dapat, sebagaimana tema yang yang diusung oleh single ini. Bukan sebuah nomor HipHop penuh beat dan enerjik, namun kebalikannya. Namun tidak menghalangi untuk membuat kita terseret dalam arus emosinya. (8/10)

Enrique Iglesias feat. Pitbull (Alb. Euphoria Repackage / Universal Republic) – I Like How It Feels
Hey, jangan merasa bosan dulu saat membaca nama Enrique Iglesias disini. Meski terkesan terlalu banjir dengan single akhir-akhir ini, namun ini tampaknya bagian dari euforia seorang Enrique dalam bermusik. I Like How It Feels ini sendiri adalah single terbaru sekaligus salah satu tambahan untuk album Euphoria yang mengalami Repackage dan akan dirilis November nanti. Lagi-lagi ia menggaet Pitbull disini. Namun berbeda dengan I Like It, maka single ini cenderung tampil sebagai elektro-pop ketimbang dance-anthem. Bukan sesuatu yang jelek. Dengan chorus yang memikat dan diringi oleh siulan yang merdu, sulit untuk tidak menyukai single ini. (8/10)

Aqua (Alb. Megalomania / Universal) – Playmate to Jesus
Pemilihan single kedua oleh Aqua tergolong cukup unik, karena mereka merilis Playmate to Jesus dan juga Like A Robot secara simultan pada tanggal 12 September. Namun kita akan membahas yang pertama disini, Playmate to Jesus. Apakah kita bisa menyebutkan ini sebagai single balada milik Aqua? Rasanya bisa juga. Meski synth dan mesin masih menjadi platform, akan tetapi tempo yang bergerak secara medium, mengikuti vokal Lene Nystrøm yang bernyanyi dengan penuh perasaan. Di beberapa bagian, René Dif masih berkesempatan untuk melakukan rap. Akan tetapi, secara umum, Playmate to Jesus memang terdengar sendu dan melankolis. (8/10)

JLS (Alb. Jukebox / Jive) – Take A Chance On Me
Setelah berdansa-dansi di single pertama mereka, maka kini boyband asal Inggris, JLS memilih untuk sedikit cooling down melalui Take A Chance On Me. Single yang akan dirilis pada tanggal 5 November 2011 nanti (I know, I know, masih lama) ini memberikan JLS kesempatan menampilkan jangkauan vokal mereka yang luas. Agak terdengar sedikit Bruno Mars-ish sebenarnya, namun Take A Chance On Me memang layak untuk dinikmati dan memberi kita sensasi musikal yang penuh emosi. Single mid-tempo ini seperti ingin mengajak kita untuk menyuarakan isi hati kepada seseorang yang kita taksir. Komunikatif dan easy listening tapi bukan berarti cheesy. Love the single. (8/10)

Ashanti (Alb. OST Dream House / Written Entertainment) – Never Too Far Away
Setelah tiga tahun vakum, Ashanti kembali lagi. Meski akan terdapat dalam album terbarunya, namun Never Too Far Away ini diklaim bukanlah single perdana yang akan dilepasnya. Justru, single yang dirilis pada tanggal 13 September ini menjadi single yang terdapat dalam original soundtrack film thriller, Dream House yang diperankan oleh pasangan suami-istri Daniel Craig dan Rachel Weitz. Namun, terlepas dari itu, Ashanti rasanya cukup cerdas memilih single ini sebagai teaser untuk kemunculannya kembali. Sebuah power ballad dengan sedikit sentuhan syth, mengingatkan akan kejayaan single-single sejenis di dekade 80-an. Meski drum-loop kemudian menjadi pengiring dan membuat single ini menjadi terdengar kontemporer, akan tetapi vokal Ashanti tetap juara dalam mentransfer segenap emosi. (8/10)

Daughtry (Single / RCA) – Renegade
Are you ready for Rock n Roll? I bet you do. Apalagi ada Daughtry yang menemani kita untuk berlonjak-lonjak penuh adrenalin dalam maskulinitas yang prima. Band dengan pentolan Chris Daughtry ini melepas single pertama mereka, Renegade, pada tanggal 15 September yang lalu untuk album ketiga mereka yang masih belum diketahui judul dan tanggal rilisnya. Langsung dibuka dengan distorsi gitar dan gebukan penuh enerji, Renegade tanpa tedeng aling-aling mengajak kita larut dalam semangat rocknya yang kental. Vokal Chris tetap garang seperti biasanya namun meski memiliki musik yang up tempo, namun ternyata Renegade tampil dengan tidak lumayan bising, sehingga bisalah kita sebut jika Renegade akan dapat dicerna oleh semua kalangan penikmat musik. (8/10)

Tony Bennet feat. Michael Bublé (Alb. Duets II / Columbia) – Don’t Get Around Much Anymore
Seolah tak mau kalah oleh usia, Tony Bennet terus saja tetap berkarya. Kali ini, dalam album Duets II, musisi gaek berusia 85 tahun ini, menggaet banyak nama-nama muda untuk menjadi teman duetnya, termasuk Lady Gaga dan juga Amy Winehouse yang telah berpulang ke rumah Tuhan. Namun untuk kali ini kita akan menampilkan duet Tony dengan, bisalah kita sebut sebagai versi dirinya untuk millenium ini, Michael Bublé. Dua musisi jazz beda jaman menyanyikan sebuah lagu klasik? Pasti sangat menarik untuk didengar. Jadilah sebuah lagu jazz bergaya big-band yang seolah-olah mempunyai dua warna yang cukup jelas terlihat namun tergradasi dengan cukup baik, sehingga tidak terdengar timpang. Sebagaimana nomor big-band, ada kalanya kedua vokalis kita memberi waktu kepada band untuk tampil solo, memberikan kesan megah dan mewah. Kesan yang pasti dapat kita sampirkan kepada single ini. (8/10)

Special Thanks To Julee, Haris, Ai, dll…

Vote for your Exclusive Single this week:

Related posts

Leave a Reply