Trending News

Blog Post

September Artist Highlight: Simple Plan
Reviews

September Artist Highlight: Simple Plan 

Image and video hosting by TinyPic

Reset, banyak yang tidak mengenal band pop punk gabungan anak-anak SMA yang menjadi cikal bakal lahirnya Simple Plan ini. Didirikan pada tahun 1996 oleh Pierre Bouvier, Chuck Comeau serta 2 orang sahabat, band ini sukses mengeluarkan 2 album. Namun takdir akhirnya membuat Chuck keluar dari Reset dan membentuk band baru dengan teman-teman SMA-nya yaitu Jeff Stinco dan Sebastien Lefebvre yang kemudian disusul dengan bergabungnya Pierre Bouvier dan David Desrosiers. Flashback kehidupan Simple Plan sebelum setenar sekarang, mereka memulai semuanya dari nol. Pierre sendiri dulunya bekerja sebagai tukang cuci piring, David bekerja di Mc Donald, Jeff bekerja sebagai pramuniaga, Chuck sebagai jurnalis, dan Seb sebagai penjaga sekolah. Namun mereka mempunyai mimpi yang sama dalam bermusik dan bertekad untuk mewujudkannya hingga akhirnya mereka menandatangani kontrak dengan label rekaman.

Di bawah naungan Atlantic Records Simple Plan merilis debut album No Pads, No Helmets..Just Balls (2002) dengan melempar empat single, I’m Just A kid, I’d Do Anything, Addicted dan Perfect dimana dalam album perdana ini juga dihiasi kolaborasi dengan dua musisi rock, Mark Hoppus dari blink-182 dan Joel Madden dari Good Charlotte. Respon positif datang dari penggemar musik beraliran pop punk ini dan albumnya sendiri berhasil mendapat platinum dua kali berturut –turut di US. Lebih dari 300 show dalam setahun , sold out show di Jepang, dan bertengger di tempat teratas Alternative New Artist, dan penjualan album mencapai 4 juta copy semakin mengukuhkan Simple Plan sebagai band pop punk pendatang baru yang patut diperhitungkan.

Dua tahun kemudian Simple Plan kembali mengguncang ranah pop punk dengan single Welcome To My Life dari album studio kedua, Still Not Getting Any.. (2004) yang disusul Shut Up, Untitled, Crazy dan Perfect World dengan lirik dan tema yang lebih matang. Di tahun 2007, single When I’m Gone dari album studio ketiga, Simple Plan, pun dirilis dan membawa Simple Plan kedalam posisi chart terbaik di UK yaitu chart nomor 26. Unsur hip hop terlihat dalam album ini, menurut Simple Plan sendiri mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru dan berbeda disetiap album.

Kini, di tahun 2011 Simple Plan kembali dengan Get Your Heart On!, album studio ke empat yang dirilis pada tanggal 21 Juni 2011. Sebelumnya Simple Plan memberikan bocoran tentang salah satu track yaitu You Suck At Love yang juga beberapa kali dibawakan live di beberapa show. Dalam website resminya Simple Plan mengumumkan tentang lagu baru yang menjadi soundtrack film Disney berjudul Prom dimana dalam lagu ini mereka berkolaborasi dengan vokalis Weezer, Rivers Cuomo. Jet Lag, kolaborasi dengan penyanyi Inggris Natasha Bedingfield premiere pada tanggal 25 April 2011 disusul dengan perilisan video musiknya dan juga video featuring Marie-Mai untuk Jet Lag French version. Yang istimewa dalam album ini adalah dilibatkannya Astronauts, sebutan untuk fans Simple Plan, dalam penulisan lagu This Song Saved My Life melalui twitter. Selain itu 25 fans juga berkesempatan bertandang ke studio Simple Plan di Vancouver untuk rekaman lagu ini. Selain Bedingfield dan Cuomo, album Get Your Heart On! ini juga diwarnai kolaborasi dengan beberapa musisi ternama seperti; Alex Gaskarth dalam lagu Freaking Me Out dan K’Naan dalam lagu Summer Paradise. Get Your Heart On! adalah album yang fun dan samasekali berbeda dengan album sebelumnya dimana sisi pop punk yang tidak terlalu terlihat dalam album ketiga kini dimunculkan kembali dengan tempo upbeat dan lirik yang catchy. Album ini juga sebagai pembuktian kembalinya eksistensi Simple Plan dalam dunia pop punk. So, please welcome our Artist Highlight September: SIMPLE PLAN, supported by Warner Music Indonesia.

Intro by @SimplePlanID

Baca review album Get Your Heart On disini

Artist Highlight Simple Plan by creativedisc

Related posts

Leave a Reply