Trending News

Blog Post

September Artist of The Month: Adele
Artist of The Month

September Artist of The Month: Adele 

Image and video hosting by TinyPic

Rasanya sangat mengharukan ketika melihat Jessie J melakukan standing ovation untuk Adele setelah dia menyanyikan track Someone Like You di perhelatan BRIT Awards 2011. Selain penampilannya yang memang memukau, hal ini juga menjadi semacam penegasan, bahwa Adele tahun ini didukung oleh banyak pihak termasuk dewi fortuna untuk kesuksesan album 21.

Jessie J, bersama Leona Lewis merupakan teman sekelas Adele di The BRIT School of Performing Arts & Technology. Disinilah dia mengasah bakat, serta untuk pertama kali dia terobsesi dengan vokalnya yang memang membius. Walaupun memiliki kebiasaan buruk yaitu sering telat masuk kelas, tetapi seluruh rekan sekelas memuji suaranya. Setiap rehearsal untuk tugas sekolah selalu dinantikan ketika Adele akan menghadirkan suaranya.

Berbekal 3 lagu yang direkam dan diposting di MySpace, pihak XL records kemudian mengontaknya. Adele sendiri awalnya tidak terlalu mempercayai tawaran tersebut. Tetapi berkat Nick Hugget dari XL Records yang menyarankan Jonathan Dickins sebagai manager, dia akhirnya bergabung dalam September Management dan memulai sesi rekaman. Disinilah dadu kehidupan Adele mulai bergulir.

Tidak banyak solois wanita yang berjaya di chart lagu di Inggris Raya, tapi bisa jadi kehadiran Amy Winehouse setahun sebelumnya menjadi mempermudah orang menikmati musik sederhana namun penuh emosi seperti yang dibawakan oleh Adele. Album 19 debut di posisi 1 di tahun 2008 serta mendapatkan 4 platinum di Inggris. Ekspansinya ke Amerika dimulai pada tahun itu juga, namun kurang berhasil. Setelah dia tampil dalam acara Saturday Night Live yang menghadirkan Sarah Palin di penghujung tahun 2008, barulah seluruh Amerika, tepatnya 17 juta penonton berhasil dihipnotis ketika dia membawakan Chasing Pavements dan Cold Shoulder.

Tahun 2009 merupakan tahun tersibuk dan tahun yang tidak akan terlupakan oleh Adele. Selain menerima 2 penghargaan dari Grammy Awards sebagai Best New Artist dan Best Female Pop Vocal Performance. Di ajang BRIT Awards, Adele juga mendapat 3 nominasi yaitu Best British Female, Best British Single dan Best British Breakthrough Act. Dia juga mendapat perhatian khusus dari Perdana Menteri Inggris, tampil di VH1 Divas, sampai konser bersama John Mayer. Tapi yang mengalahkan semua isu tersebut adalah di tahun inilah dia memulai hubungan dengan seseorang yang kelak menjadi amunisi utama album 21 yang rilis 2 tahun kemudian.

Banyak yang bertanya dan menyangsikan, siapakah sebenarnya sang lelaki itu? Lelaki yang mampu membuatnya bernyanyi dengan suara berderap dan penuh dengan emosi serta barisan sakit hati. Sang produser Rolling In The Deep, Paul Epworth masih mengingat sela-sela rekaman tersebut dengan mendengarkan isak tangis Adele pasca berakhirnya hubungan mereka. Itulah sebabnya album ini menjadi sangat personal, penuh dengan emosi, apalagi ketika dia mengetahui sang mantan telah bertunangan dengan wanita lain.

Terlalu banyak drama? Adele berhasil melalui itu semua. Walaupun di beberapa penampilan livenya, Adele masih sempat goyah ketika menanyikan track Someone Like You. Dari performanya di BRIT Award untuk pertama kali, iTunes Festival 2011 dimana dia membuat sing a long yang panjang ketika refrain mengalun, sampai standing ovation yang diterimanya ketika MTV Video Music Award dihelat tahun ini. Tidak semua penyanyi mampu menghadirkan kesederhanaan, kekuatan, dan emosi ketika menghadirkan lagu-lagunya dalam versi live, dan Adele mampu melakukannya.

21 adalah album super! 11 minggu bertahta di UK Album Chart, walaupun tidak di minggu yang berturut-turut menjadikannya salah satu artis yang berhasil membuat album dan singlenya bertahta di posisi yang sama. Hal ini telah lama tidak terjadi setelah The Beatles yang melakukan hal yang sama di tahun 1965. Track Rolling In The Deep pun menjadi single yang paling banyak terjual di Amerika per tanggal 21 Agustus 2011. Bravo! Untuk semua pencapaian dan hamparan emosi yang tidak terbatas ini, Creative Disc bersama Warner Music Indonesia menyatakan Adele sebagai Artist Of The Month bulan September 2011. Dengan 2 album yang direlease berbarengan di Indonesia, “19” & “21”, kita akan bergalau ria selama sebulan penuh! Cheers!

Official Website Adele
Official Twitter Adele

Intro by iQko / CreativeDisc Contributors

Artist Of The Month Adele by creativedisc

Related posts

Leave a Reply