Trending News

Blog Post

Album of The Day: Brian McKnight – Just Me
Album of The Day

Album of The Day: Brian McKnight – Just Me 

Brian McKnight saat ini berada di posisi yang mantap. Menampilkan musiknya dalam ranah R&B tapi masih tetap bisa merambah ke jalur pop. Mempertahankan karir sebagai artis rekaman dalam rentang waktu 2 dekade. Dan memperpanjangnya dengan album baru, “Just Me” yang telah dirilis pada 12 Juli 2011 kemarin. Menampilkan 10 lagu dalam gabungan nuansa klasik dan masa kini, dengan sajian corak vokal khas nan sexy dan smooth. ‘Fall 5.0’ dalam single version boleh jadi sebuah gebrakan yang mencengangkan dalam produksi vokal Brian yang melibatkan proses komputerisasi. Namun untuk versi album, hal tersebut diminuskan. Sehingga kita bisa tetap jatuh cinta pada vokalnya yang empuk. Alunan musik yang modern mengedepankan konsep kompromi dengan selera masa kini. Demikian pula dengan ‘Husband 2.1’. Lagu ini terasa futuristik dalam efek musik yang dibuat di intro, dan tetap terdengar konstan di bagian verse dan chorus meski bebunyian dari gitar elektrik dan gebukan drum jauh mendominasi. Benar-benar sebuah track yang berkesan.

Tapi suasana baru yang Brian tawarkan enggak membuatnya mabuk kepayang dan kelupaan akan signature sound-nya yaitu R&B yang kontemporer. Jadilah ‘Without You’ dan ‘End And Beginning With You’ yang menonjolkan kekuatan pria berusia 42 tahun ini dalan kondisi musik terbaiknya. But I’m in love with ‘Just Lemme Know’, lagu yang meskipun terkesan loungey tapi tetap seksi. Tidak seperti ‘Careless Whisper’ yang dibawakan dengan rasa bossa, mengalirkan aura malas berlebih dan terdengar begitu aneh. Nyaris tak dapat dikenali dalam bagian verse.

Begian lain dari album ini adalah membawa kita pada sound klasik musik R&B yang bergaya Motown. Seperti ‘Temptation’, ‘One Mo Time’, dan ‘Gimme Yo Love’. Bagian ini bisa jadi favorit untuk yang merasa jenuh atas kebisingan musik jaman sekarang dan butuh sesuatu yang enerjik tapi tidak berisik. Tapi yang terbaik dari keseluruhan track adalah ‘Just Me’, track penutup album yang dibawakan secara minimalis. Organ dan piano sebagai musik latarnya membuat lagu ini damai. Sedikit mengejutkan terselipnya kata “sh*t” di liriknya. Tapi secara utuh, lagu ini paling mantap sealbum. Dan secara keseluruhan, “Just Me” merupakan dedikasi Brian kepada fans setianya. Yang mencoba untuk mendengar musik Brian mungkin akan menikmati 1/3 isi album.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Temptation (Feat. Brian McKnight Jr.) 3:25
2. Fall 5.0 3:50
3. One Mo Time 3:26
4. Gimme Yo Love 3:35
5. Husband 2.1 3:49
6. Without You 4:04
7. Just Lemme Know 3:57
8. End And The Beginning With You 3:22
9. Careless Whisper 3:55
10. Just Me 3:43

Related posts

Leave a Reply