Trending News

Blog Post

Album of The Day: Elliot Yamin – Gather Round
Album of The Day

Album of The Day: Elliot Yamin – Gather Round 

Jepang yang cukup antusias akan musik yang ditawarkan oleh Elliott Yamin sehingga finalis American Idol musim 5 ini akhirnya merilis album ketiganya secara eksklusif di negari Sakura terlebih dahulu. “Gather Round” berisi 12 track yang dikemas dalam balutan musik R&B, tampilan Elliott sejak mengeluarkan debutnya di tahun 2007 lalu. Sudah terdengar dari single andalannya, “3 Words” yang memang sepadan dengan apa yang pernah ditampilkannya lewat ‘Wait For You’ atau ‘Can’t Keep On Loving You (From A Distance)’; beat R&B yang catchy dengan bantuan musik dari piano hingga lagunya kaya akan sound. Sebenarnya punya potensi sih untuk mengangkat nama Elliott seperti apa yang pernah diberikan ‘Wait For You’ padanya. Tapi sayangnya hal ini enggak kejadian, dan kunjungi situs Jepang Yamin untuk mendnegarkan sample album “Gather Round”.

Nyaris separuh dari album ini bernuansa semikian; memiliki beat R&B yang konstan terdengar di sepanjang lagu dan melibatkan sound piano. Penambahan instrumen di tiap-tiap lagu yang membuat dinamika dalam album ini. Ada gitar akustik yang terdengar di lagu ‘Stay Away’, gitar elektrik di ‘Deserted’, terompet di ‘I’m Thinkin’ ‘Bout You’. Sasaran utama kenikmatan mendengarkan album ini tetaplah vokal Elliott yang matang. Dirinya tidak hanya sebagai salah satu pemilik suara terbaik di American Idol musimnya, tapi juga sepanjang acara tersebut berjalan dari 2002 lalu hingga kini. Itu yang menjual disini.

Selama perjalanan karirnya sebagai artis rekaman, Elliott sepertinya mengondisikan lagu-lagunya dalam konsep kontemporer R&B yang lebih dominan ketimbang soul. Tapi di album ini, porsi untuk sound klasik tersebut diperbanyak. Ada ‘I’ll Be That Bridge’, ‘Self Control’, ‘Let’s Get To What’s Real’, dan ‘Downtown’ yang membawa kita pada nuansa retro yang soul dan funk-nya megang banget. Sementara di lagu ‘Poison’, sound retro itu berpadu dengan sound modern. Elliott memang jauh lebih eksperimental di album ini.

Jika hendak memilih track yang paling atraktif, maka ‘Gather Round’ adalah track-nya. Ini lagu punya semangat yang membuat pendengar partisipasif kala mendengarkannya, minimal ikut bertepuk tangan seperti yang terdengar sepanjang lagu. Dan pilihan untuk lagu yang memperdengarkan vokal Elliott secara optimal adalah ‘Virginia’. Lagu ini jempolan! Kita bisa dapat soul, funk, dan gospelnya sekaligus. Memang agak disayangkan album ini enggak atau belum beredar secara worldwide, tapi kalau memang pengen dengar beberapa lagu dari Elliott Yamin, datang aja ke situs resmi Yamin dimana kita dikasih kesempatan dengar beberapa lagu Elliott berikut melihat-lihat berita dan update-an lain seputar dirinya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
01 3 Words 3.46
02 Stay Away 3.43
03 Backbone 4.09
04 Deserted 3.41
05 Poison 3.14
06 Gather ‘Round 4.10
07 Self Control 2.19
08 I’m Thinkin’ ‘Bout You 3.46
09 Let’s Get To What’s Real 3.46
10 I’ll Be That Bridge 4.15
11 Virginia 4.13
12 Downtown 3.51

Related posts

Leave a Reply