Quantcast

Album of The Day: Red Hot Chili Peppers – I’m with You

By - 8 years ago in Album of The Day

Released by: Warner Music Indonesia

Sebuah album kesepuluh dengan jarak lima tahun dari album sebelumnya, I’m With You, tampaknya masih belum melunturkan semangat Red Hot Chili Peppers (RHCP) untuk tetap tampil enerjik dan penuh vitalitas. Walaupun kini gitaris John Frusciante (kembali lagi) meninggalkan grup ini, namun sang penggantinya, Josh Klinghoffer, tampaknya cukup mampu untuk mengimbangi vokal Anthony Kiedis, bass-nya Flea dan tentu saja gebukan drum milik Chad Smith.

I’m With You masih berisi track-track yang menampilkan ritme-ritme funk secara ekstensif dalam balutan rock yang seru. Album dibuka dengan Monarchy of Roses yang dibuka dengan distorsi gitar yang bising, seolah-olah menjadi ajang bagi Klinghoffer untuk memperkenalkan dirinya. Namun kemudian lagu pun memasuki wilayah yang familiar, sesuatu yang biasa kita kenal dari RHCP.

Formula RHCP memang biasanya memadukan gebukan drum milik Smith bersama vokal seksi Kiedis dengan permainan bass Flea yang atraktif dan tentu saja permainan gitar Frusciante yang dinamis. Syukurlah hal tersebut masih dapat kita temui disini. Tentunya memang tidak aneh jika Klinghoffer katam dengan gaya gitar RHCP karena selama ini toh ia sudah bekerjasama dengan Frusciante dalam mengerjakan beberapa album.

Oleh karenanya, tidak usah kuatir jika ada sesuatu yang “menyimpang” dari konvensi RHCP yang selama ini dikenal, karena setiap track masih menghembuskan nafas RHCP yang kita kenal. Single pertama yang mereka lepas, The Adventures of Rain Dance Maggie, bisa menjadi bukti. Nomor-nomor lain yang menegaskan dapat ditemui dalam Ethiopia, Look Around, Goodbye Hooray dan banyak lagi. They’re still Californian who craving hot and steamy sex. Ha!

Namun, RHCP juga masih menyimpan beberapa materi yang tampaknya dapat menjadi highlight untuk album ini, seperti Brendan’s Death Song, sebuah nomor akustik untuk mengenang Brendan Mullen, seorang punk asal LA yang meninggal di tahun 2009. Ada juga Meet Me at the Corner, sebuah nomor mid-tempo yang dikomposisi dengan lembut, baik pada vokal maupun instrumen. Backing vokal yang sangat harmonis semakin memberi penekanan terhadap kesan rapuh, seperti yang dikisahkan dalam liriknya.

Pemilihan judul I’m With You sebagai album tampaknya juga mengimplikasikan bahwa RHCP masih bersama para penikmatnya. Mereka belum kemana-mana dan tampaknya juga belum berminat kemana-kemana. Flea masih sakti seperti sebelumnya. Kiedis masih terdengar seksi. Smith masih tangguh. Beruntung Klinghoffer mampu mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Frusciante dengan baik. Dan Dance, Dance, Dance pun menutup album dengan sempurna. Meninggalkan kita, sebagai pendengar dengan senyum puas dan kemudian menggerakkan tubuh mengikuti iramanya.

Official Website.

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Monarchy of Roses” 4:11
2. “Factory of Faith” 4:20
3. “Brendan’s Death Song” 5:38
4. “Ethiopia” 3:50
5. “Annie Wants a Baby” 3:40
6. “Look Around” 3:28
7. “The Adventures of Rain Dance Maggie” 4:42
8. “Did I Let You Know” 4:21
9. “Goodbye Hooray” 3:52
10. “Happiness Loves Company” 3:33
11. “Police Station” 5:35
12. “Even You Brutus?” 4:01
13. “Meet Me at the Corner” 4:21
14. “Dance, Dance, Dance” 3:45

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

4 Responses to “Album of The Day: Red Hot Chili Peppers – I’m with You”

  1. deniasarias says:

    The Adventures of Rain Dance Maggie keren juga ternyata . . . . gak kalah ama dani california. vote RHCP for BEST ROCK MTV EMA 2011

  2. GANJAR says:

    akhrnya ad review album terbaru RHCP ne. ow, gitarisnya gnti to, tp tetep okey kok! thanks reviewnya

  3. YOGHURT says:

    masih HOT untuk ukuran RED CHILI PEPPERS!! 😀

  4. uchi says:

    akhirnya RHCP ngeluarin album jg…sudah lama ku tunggu!!!

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 18, 2019 By

Madeon Sajikan Pop-Dance Groovy Di Single Barunya ‘All My Friends’

Music News | By

Taylor Swift Ajak Intip Behind-The-Scenes Film Barunya, “Cats”

Music News | By

Ellie Goulding Luncurkan Video Kolaborasi bersama Juice WRLD, ‘Hate Me’