Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Kooks – Junk of The Heart
Album of The Day

Album of The Day: The Kooks – Junk of The Heart 

Released by: Warner Music Indonesia

Dalam skena indie-rock, band asal Inggris, The Kooks mungkin telah mempunyai basis penggemar yang cukup signifikan. Mengandalkan musik rock dengan komposisi yang melodius dan mudah dicerna, rasanya The Kooks mudah untuk disukai. Lima tahun sudah berlalu semenjak album debut mereka, Inside In/Inside Out (2006), The Kooks pun melepas album ketiga mereka, Junk of The Heart, sebuah album yang pasti familiar bagi banyak penggemar mereka, karena tampaknya dalam jarak waktu yang cukup jauh seperti itu, band masih dengan percaya diri konsisten pada pilihan musik mereka.

Bukan sesuatu yang jelek, hanya saja saat band-band Inggris lain yang sebaya dengan The Kooks mulai melakukan eksperimen ataupun mengembangkan teknik bermusik baru dalam musikalitasnya, The Kooks masih nyaman dengan lagi-lagu pop-rock yang easy listening. Apakah ini bentuk kemalasan atau kemandegan ide kreatifitas atau juga pilihan pribadi, merupakan seuatu hal yang bia diperdebatkan. Terlepas dari itu, Junk of The Heart masih merupakan sebuah album yang menyenangkan untuk disimak.

Sepanjang durasi 35 menitan, album masih dipenuhi oleh sound-sound penuh harmoni ala britpop yang kita kenal, sedikit sentuhan post-punk dan arsiran folk yang menyelimuti semangat rockn’roll-nya. Hook dalam chorus pun dapat dengan mudah ditemu disana-sini sebagai indikasi jika The Kooks memang bertujuan untuk menghibur tanpa harus membuat pendengarnya mengerutkan kening untuk mencoba mengerti lagu-lagunya.

Album dibuka dengan ketukan drum yang dinamis dari track yang berjudul sama dengan albumnya, Junk of The Heart (Happy, dan disusul oleh gesekan gitar elektrik yang ringan dan vokal Luke Pritchard terdengar sedikit slengean. Sesuai dengan sub-judulnya, Happy, single ini memang mampu mengundang rasa gembira dan mengajak kita untuk bergoyang mengikuti iramanya.

Saat masuk ke track How’d You Like That, dosis rock-melankolis semakin ditingkatkan, meski kemurungan yang lebih intens dapat ditemui dalam track-track seperti Taking Pictures of You yang terkesan sedikit mengawang atau Time Above The Earth yang minimalis dan hadir hanya diiringi oleh musih gesek atau strings section. Pada Petulia, bahkan Pritchard bernyanyi hanya diiringi oleh gitar akustik.

Akan tetapi Junk of The Heart tidak hanya melulu berisi track-track pemancing kegalauan, karena masih menyimpan nomor-nomor upbeat seperti Is It Me yang penuh dengan semangat rock yang kental, Eskimo Kiss yang ceria atau Rinaway yang bergaya reggae yang mengasyikan. Mr. Nice Guy yang hadir sebagai penutup album ini pun menjalankan tugasnya untuk memberi kesan retro-rock yang seru dan riuh, seperti halnya track Rosie yang hadir diawal album.

Mungkin The Kooks bukanlah Artic Monkey atau Kaiser Chiefs atau The Strokes dan band-band sejamannya yang hadir dengan kapasitas yang semakin bertambah dalam setiap albumnya. Mungkin The Kooks sudah merasa aman dengan wilayah aman mereka. Dan Junk of The Heart jelas bukan album yang buruk. Ia masih sangat bisa untuk dinikmati. Dipenuhi dengan kemampuan bermusik yang kompeten dan handal. Hanya saja, jika memang menjadi nilai minus, kurangnya eksploritas atau pun semangat mencoba hal baru dalam musik mereka tidak lantas menjadikan Junk of The Heart tidak layak dengar. Malah ini album yang cukup menghhibur dan juga memutar kembali kenangan akan kejayaan Britpop di era keemasannya dulu.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST:
1. “Junk of the Heart (Happy)” 3:07
2. “How’d You Like That” 3:14
3. “Rosie” 3:10
4. “Taking Pictures of You” 2:42
5. “Fuck the World Off” 2:52
6. “Time Above the Earth” 1:54
7. “Runaway” 3:00
8. “Is It Me” 3:30
9. “Killing Me” 3:25
10. “Petulia” 2:42
11. “Eskimo Kiss” 3:34
12. “Mr. Nice Guy” 2:40

Related posts

Leave a Reply