Trending News

Blog Post

October Artist Highlight: Red Hot Chili Peppers
Reviews

October Artist Highlight: Red Hot Chili Peppers 

Di tahun 1984, band Red Hot Chilli Peppers merilis album rekaman pertama mereka, “The Red Hot Chilli Peppers” yang kemudian menjadi dasar tolak ukur band ini sebagai salah satu band rock yang “menjual”. Mengapa mesti menggunakan kata “menjual”? Karena dalam rentang waktu lebih dari 25 tahun dengan album lebih dari sepuluh (termasuk album kompilasi dan lainnya), band ini mencetak angka penjualan di atas 65 juta kopi album di seluruh dunia dengan memegang rekor sebagai band yang memiliki lagu nomor 1 paling banyak di radio alternative. Bukanlah ini definisi dari menjual tadi? Well hey, kalau sekedar menjual belum cukup, deskripsi ini merupakan sebuah rangkuman istimewa buat Red Hot Chilli Peppers!

Terbentuk di tahun 1983, RHCP beranggotakan Anthony Kiedis, Hillel Slovak, Flea, dan Jack Irons yang terkumpul saat bersama-sama bersekolah di Fairfax High School di Los Angeles, California. Kegiatan bermusik mereka dilirik oleh EMI yang langsung mengajak mereka untuk membuat album rekaman. Jadilah album “The Red Hot Chilli Peppers” yang terjual sebanyak 300.000 kopi di Amerika. Sayangnya, band ini kecewa akan hasil sound yang terdapat dalam album debut mereka. Tapi tidak demikian dengan MTV. Stasiun televisi musik ini membantu mereka untuk mengumpulkan penggemar. Dari tahun ke tahun, musik mereka masih belum dikenal, tapi membaik dari segi popularitas. “Freaky Styley” dan “The Uplift Mofo Party Plan”, hingga akhirnya “Mother’s Milk” yang dinobatkan sebagai awal sukses mereka. Album ini meraih sertifikat Platinum di Amerika, berikut single ‘Higher Ground’ yang mulai merambah ke chart.

Sukses bagi RHCP seperti menaiki anak tangga menuju ke atas. Di awal dekade 90-an, mereka merilis album “Blood Sugar Sex Magik” yang secara fantastis terjual sebanyak 7 juta kopi di Amerika Serikat saja. Album ini juga mengangkat nama RHCP sebagai band populer di daratan Eropa, Asia, dan Australia. Semua juga pasti tau kalau menyebut ‘Under The Bridge’ adalah single dari album ini. Lagu yang kemudian dinyanyikan ulang dengan gaya yang total beda oleh girlband All Saints ini meskipun enggak jadi juara di puncak Billboard Hot 100 Singles, tapi membuat band RHCP diperhitungkan! Buktinya, rilisan album berikutnya, “One Hot Minute” menghasilkan lebih banyak lagu lagi yang muncul di chart. Album “Californication” pun demikian. Dua hits terpenting dari album ini mencakup ‘Scar Tissue’ dan ‘Californication’ itu sendiri.

Berkumpulnya empat kepala dalam sebuah band memang bukan perkara mudah untuk dipertahankan. Hingga saat ini tercatat RHCP menyambut dan berpisah dengan membernya sebanyak 10 kali, dimana di antaranya terdapat nama Dave Navarro yang pernah bergabung dengan mereka. Anggota terakhir yang keluar adalah John Frusciante di tahun 2006. Gonta-ganti personel dan berbagai masalah yang mereka temui di pertengahan dekade 2000-2009 membuat band ini terpaksa harus beristirahat sejenak dari kegiatan keartisan mereka. Dua album yang juga sempat dirilis sebelum keputusan ini tercetus adalah “By The Way” dan “Stadium Arcadium”, yang di antaranya sempat dirilis album kompilasi “Greatest Hits”.

Namun syukurnya, band yang diunggulkan 15 kali di Grammy Awards dengan memenangkan 7 di antaranya ini bisa kembali bermusik dan menghadirkan album “I’m With You” di tahun 2011 ini, berikut single ‘The Adventures of Rain Dance Maggie’ yang langganan jadi juara di chart Alternative Songs Billboard. Bersama produser Rick Rubin, album yang dirilis pada 26 Agustus lalu ini sempat diperdengarkan secara penuh dan gratis di iTunes Store. Dan kali ini, kita pun ngasih kesempatan kamu untuk punya CD fisiknya secara gratis, karena CreativeDisc dan Warner Music Indonesia dengan hati yang tulus membagikan album “I’m With You” sebagai penanda keberadaan band rock keren ini di spotlight Artist Highlight! 14 track yang tersedia di dalamnya pasti membuat kita ketagihan, sekaligus bersyukur bisa kembali mendengarkan musik dari band legendaris ini!

Related posts

Leave a Reply