Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mayer Hawthorne – How Do You Do
Album of The Day

Album of The Day: Mayer Hawthorne – How Do You Do 

Released by: Universal Music Indonesia

Mendengarkan How Do You Do, selintas kita akan mengira jika Mayer Hawthorne mengerjakan album ini di era 60-an. Atmosfir retro-soul dan vintage RnB begitu memenuhi ruangnya. Tentu saja Hawthorne belum lahir di era tersebut, akan tetapi kesukaanya terhadap Curtis Mayfield, Smokey Robinson atau Barry White jelas memberi pengaruh yang signifikan terhadap referensi musiknya.

Ini bukan hal aneh, karena melalui album debutnya di tahun 2009, A Strange Arrangement, Hawthorne sudah menujukkan kecintaanya terhadap musik-musik bergaya lawas tersebut. Ada sensasi sensual di setiap pemilihan lagunya. Dengan vokal falseto dipergunakan dengan maksimal di beberapa bagian, Hawthorne berhasil membangun kesan intim dan “bersahabat” dengan para pendengarnya.

Indikasi tersebut sudah ditunjukkan melalui single pembuka, Get To Know You, sebuah nomor down-tempo yang memikat. Seolah-olah Hawthorne berada didekat kita dan kemudian membisikkan kata-kata rayuan yang merdu. Single utama untuk album ini, The Walk, adalah sebuah lagu pahit tentang hubungan sepasang kekasih yang tidak aku lagi, namun dengan gaya yang chiling dan santai, rasanya tema pahit tadi menjadi tidak begitu getir.

Dalam Can’t Stop ia memberikan sedikit pengaruh Hip Hop masa kini dengan menghadirkan Snoop Dogg, namun secara keseluruhan unsur retro ini lah yang menguasai tone album. Mulai dari berdansa-dansi ala pemuda 60-an di Hooked sampai No Strings atau You’re Not Ready yang lembut, Hawthorne akan membawa kembali kita masuk dalam mesin waktu dan bernostalgia dengan kegemilangan musik di era tersebut.

Tentu saja Hawthorne bukan musisi pertama yang mengusung unsur vintage-retro soul dalam musiknya, karena sudah ada nama-nama seperti Amy Winehouse atau Duffy misalnya. Namun yang mencolok dalam penanganan Hawthorne terhadap lagu-lagunya, ia cukup total dalam mengadopsi sound-sound vintage tadi sehingga nyaris steril dari unsur kekinian. Disatu sisi ini merupakan nilai lebih, namun di sisi lain, penikmat musik yang lebih condong ke lagu-lagu kontemporer menginginkan sound-sound yang lebih moderen.

Namun, terlepas dari itu, How Do You Do adalah pengalaman musikal yang seru. Mayer Hawthorne tidak hanya mengajak kita dalam sebuah retrospective yang paten, namun juga menghadirkan kumpulan lagu-lagu paten yang pantas untuk menjadi slah satu koleksi kita.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Get to Know You” 4:40
2. “A Long Time” 3:41
3. “Can’t Stop” (feat. Snoop Dogg) 3:57
4. “Dreaming” 3:40
5. “The Walk” 3:38
6. “Finally Falling” 3:20
7. “Hooked” 2:32
8. “Stick Around” 2:57
9. “The News” 1:37
10. “You Called Me” 2:32
11. “You’re Not Ready” 3:01
12. “No Strings” 3:48

Related posts

Leave a Reply