Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 21 November
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 21 November 

Dia Frampton (Alb. Red / Universal Motown) – The Broken Ones
Pada tanggal 6 Desember nanti, runner-up The Voice 2011, Dia Frampton akan merilis album solonya yang berjudul Red. Sebagai pemanasan, tentu saja Dia akan melepas single pertamanya untuk album tersebut. Maka mulai tanggal 15 November kita sudah dapat menyimak The Broken Ones yang diservis sebagai lead single. Vokal Dia yang unik memang tampaknya tepat jika bernyanyi dalam lagu penuh emosi seperti The Broken Ones ini. Eskalasi vokal yang diperlukan oleh single ini dengan mulus dinyanyikan oleh Dia. The Broken Ones sendiri adalah sebuah power ballad dengan sedikit intensitas dalam ritmenya. Mengandalkan tetabuhan drum yang intens, meski sebenarnya adalah sebuah lagu melankolis tentang perasaan cinta yang terluka. Dan Dia Frampton dengan sangat mulus menyampaikan esensi lagunya melalui nyanyiannya yang total. (9/10)

Jack Johnson (Alb. This Warm December: A Brushfire Holiday Vol. 2 / Brushfire Records) – In The Morning
Desember di sentra barat sana memang identik dengan liburan, terutama Natalan. Oleh karenanya tidak heran banyak beredar film atau album musik yang bernuansa Desember. Salah satu album bertema libur Desember yang patut disimak adalah album This Warm December: A Brushfire Holiday Vol. 2 yang dirilis pada tanggal 15 November yang lalu. Banyak musisi-musisi indie yang menyumbangkan lagunya disana, antara lain Zee Avi, Bahamas dan Jack Johnson. Bahkan lagu In The Morning milik Jack Johnson yang terdapat dalam album kompilasi ini dilepas sebagai single yang dirilis pada tanggal 1 November. Seperti biasa, kita akan bisa mengharapkan sebuah nomor pop-folk-akustik yang apik dari Johnson. Namun kali ini, sesuai dengan tema, ada nuansa ceria dan positifisme dalam lagunya. Bahkan terdengar ada pengaruh lagu Over The Rainbow dalam aransemennya. Sangat menyenangkan. (8/10)

The Cranberries (Alb. Roses / Cooking Vinyl) – Tomorrow
Bagi yang kangen dengan The Cranberries, boleh bernafas lega, karena setelah hiatus selama 10 tahun, semenjak album terakhir mereka, Wake Up and Smell the Coffee di tahun 2001. Single pertama, Tomorrow, yang dirilis pada tanggal 21 November ini masih menyimpan semua “keajaiban musikal” yang kita kenal dari The Cranberries. Infusi gitar, ketukan drum yang enerjetik, bass yang ekspresif dan tentu saja tarikan vokal yang sangat khas dari Doloros O’Riordan. Tomorrow sendiri memiliki tema yang positif, sehingga alih-alih terdengar murung seperti yang biasa kita dengar, Dolores bernyanyi dengan cukup ceria. Meski aransemen lebih terdengar seperti sebuah anthem indie-pop ketimbang rock, namun rasa-rasanya Tomorrow masih bisa memuaskan kita yang penasaran akan perkembangan The Cranberries. (8/10)

Will.I.Am feat Jennifer Lopez & Mick Jagger (Alb. #willpower / Interscope) – T.H.E. (The Hardest Ever)
Meski berangkat sebagai artis Hip Hop namun akhir-akhir ini Will.I.Am memang lebih dikenal sebagai mastermind dibalik beberapa single bercorak elektro-pop/house. Kabar yang beredar, untuk album terbarunya, Will.I.Am memang akan merilis album yang menampilkan kekuatannya sebagai artis Hip Hop, namun disaat lain ia juga akan merilis sebuah album yang bergenre elektro-pop yang berjudul #willpower. Salah satu single terbaru Will.I.Am yang akan terdapat dalam album tersebut adalah T.H.E. atau The Hardest Ever. Uniknya dalam single yang akan premier di acara American Music Awards of 2011 pada tanggal 20 November ini juga menampilkan vokal Jennifer Lopez dan Mick Jagger. Sungguh sebuah kejutan. Kapan lagi kita akan mendengarkan Jagger bernyanyi dalam sebuah lagu bergaya dansa dalam balutan elektro-pop? T.H.E. sendiri tampil seperti sebuah drama 3 babak, dimana single dimulai dalam tempo sedang yang menampilkan Will.I.Am nge-rap, dan tempo meningkat saat lagu berubah menjadi sebuah club-banger dengan menampilkkan solo dari Lopez dan juga kemudian Jagger sebagai penutup. (8/10)

Gym Class Heroes feat. Neoh Hitch (Alb. The Papercut Chronicles II / Fueled by Ramen) – Ass Back Home
Ass Back Home adalah single ketiga Gym Class Heroes dari album keempat mereka, The Papercut Chronicles II. Dengan menampilkan Neon Hitch, jujur Gym Class Heroes malah terdengar seperti bintang tamu saja. Vokal Hitch mungkin tipis, namun cengkok nasal yang dimiliknya memang terdengar khas. Tidak heran jika atmosfir Hitch kemudian lebih mewarnai single yang dirilis pada tanggal 1 November ini. Dengan latar belakang Hitch sebagai pengusung elektro-pop, maka Ass Back Home pun tampil layaknya sebuah nomor elektro-pop yang dibalut bumbu-bumb rock dan Hip Hop. Sebuah perpaduan yang menjadikan Ass Back Home tidak hanya easy listening namun juga hummingable. (8/10)

Freesol feat. Justin Timberlake & Timbaland (Alb. No Rules / Interscope) – Fascinated
Begitu sukanya Justin Timberlake pada Freesol sehingga ia merasa perlu kembali lagi ke dunia musik dan mengajak kolaborator lamanya, Timbaland, untuk membantu Freesol. Di skena Hip Hop mungkin Freesol belum begitu dikenal luas, sehingga dengan perhatian berlebih dari Timberlake pastinya akan mengangkat nama mereka ke permukaan. Pengaruh Timbaland dengan drum n’ bass-nya segera menyeruak begitu kita mendengar Fascinated. Beat-beat yang anthemik serta chorus yang catchy bekerjasama dengan cukup solid bersama format band yang dibawakan oleh Freesol. Meski pengaruh Timberlake dan Timbaland masih sangat mendominasi, namun single ini bolehlah sebagai pengenalan kepada Freesol, band asal Memphis yang mengusung Hip Hop yang dipadu dengan Rock progresif. Tentu saja jalan mereka masih panjang untuk dapat menarik perhatian yang lebih luas. Single ini dirilis bersamaan dengan single Role Model di bulan Oktober yang lalu. (7/10)

LL Cool J feat Ne-Yo (Single / Def Jam) – No More
Rasanya kita sudah cukup lama tidak mendengar single terbaru dari rapper LL Cool J. Terakhir kali ia merilis album adalah di tahun 2008 yang lalu. Tidak mengherankan juga karena akhir-akhir ini ia memang tengah asyik berakting sebagai bagian dari pemeran utama di serial NCIS: Los Angeles. Bahkan ia pernah merilis single tentang kru NCIS di tahun 2009 yang lalu. Namun rupanya LL Cool J tidak betah juga kalau tidak merilis materi baru, maka dirilisnya single terbarunya yang berjudul No More dan menampilkan Ne-Yo yang mengisi bagian vokal solo. No More sendiri adalah sebuah nomor Hip Hop midtempo, dimana LL Cool J ngerap dengan lebih mellow yang diikuti pula oleh Ne-Yo dalam nyanyiannya. Single yang dirilis pada tanggal 13 November ini kabarnya juga akan ditampilkan sebagai soundtrack pada salah satu episode terbaru NCIS: Los Angeles yang akan disiarkan pada tanggal 25 November nanti. (7/10)

Ingrid Michaelson (Alb. Human Again / Cabin 24 Records) – Ghost
Ingrid Michaelson memang paling bisa diandalkan untuk menghadirkan sebuah single indie-pop yang menyentuh. Dan Ghost, single terbarunya, juga bukan pengecualian. Single pertama untuk album kelimanya ini, Human Again, masih menampilkan aransemen akustik seperti biasanya. Pengaruh folk masih bisa ditemui melalui pendekatan aransemen yang lebih eklektik. Gesekan biola dan denting piano yang mengisi bagian-bagiannya seperti sebuah kidung kesedihan yang mengharu-biru. Namun Michaelson tidak berniat untuk menjadi cengeng, karena Ghost lebih seperti sebuah balada sendu namun tetap dalam semangat yang prima. Vokal Michaelson yang khas terasa tepat dalam menyanyikan lagunya. Ghost dirilis pada tanggal 15 November 2011. (8/10)

Adele (Alb. 21 / XL Records) – Set Fire To The Rain
Rasa-rasanya Adele sudah melekat dengan imej galau, sehingga meski ia bernyanyi dalam sebuah lagu yang memiliki tempo lebih kencang, tetap saja kegalauan tadi terasa kental dalam lagunya. Begitulah yang dapat kita rasakan saat mendengar Set Fire To The Rain. Imbuhan rock memang membuat single ini terdengar lebih bertenaga, namun dengan tema yang diusung serta vokal Adele yang tetap menghembuskan kegelisahan, sulit rasanya untuk mengenyahkan kesan galau tadi. Meski begitu dengan chorus yang catchy, rasanya pendengar awam akan cukup mudah untuk menyukai single ini. Set Fire To The Rain sendiri sebenarnya sudah dirilis ada tanggal 4 Juli yang lalu, namun untuk konsumsi Amerika, single yang diniatkan sebagai single ketiga ini baru dirilis pada tanggal 21 November ini. Kita lihat saja, apakah Set Fire To The Rain akan menyusul kesuksesan single-single “galau” Adele sebelumnya. (8/10)

Wonder Girls (Alb. Wonder World / JYP Entertainment) – Be My Baby
Pada tanggal 7 November, setelah menunggu cukup lama, Wonder Girls pun merilis album keduanya yang bertajuk Wonder World, dengan single utama Be My Baby. Girlband Korea yang terdiri atas Yubin, Yenny, Sun, Sohee dan Lim ini pun lagi-lagi menampilkan sebuah single yang sangat enjoyable dan catchy. Dengan sedikit pengaruh retro-pop, Be My Baby adalah sebuah pop-disko yang ceria. Mulai dari vokal pembuka oleh Sohee sampai rap dari Lim, Be My Baby terdengar sangat harmonis dan manis. Yep, masing-masing personel mendapat jatahnya solonya masing-masing untuk mengisi stuktur lagu. Patut dipuji karena terjadinya peningkatan kualitas vokal, yang mengindikasikan bahwa mereka tetap berlatih keras untuk menjaga performa mereka. Dengan aransemen yang ringan dan chorus yang mudah diingat, Be My Baby pastinya calon adiksi baru yang menjanjikan. Tidak berapa lama dirilis, Be My Baby langsung menjuarai berbagai chart bahkan menduduki posisi puncak di tangga lagu K-Pop Billboard. Single hadir dalam dua versi, Korea dan Inggris (8/10).

Rebecca Black (Single / RB Records) – Person of Interest
Rebecca Black tampaknya terus berupaya untuk diterima oleh penikmat musik. Setelah My Moment yang bergaya balada, kali ini ia hadir dalam single yang bercorak agak berbeda, sebuah lagu elektropop yang membutuhkan ketangkasan dalam vokal. Oke, rasanya autotunes masih belum bisa lepas dari Black, akan tetapi setidaknya tidak tampil secara berlebihan dan digunakan untuk momen-momen tertentu saja. Dan rasanya penempatannya juga cukup pas tanpa harus mengurangi cita rasa artistiknya. Terlepas dari efek autotunes tadi, Person of Interest ternyata sebuah lagu pop yang cukup menghibur, terutama jika memang tujuannya adalah pasar remaja. Meski sebenarnya tidak istimewa juga karena gak corny dan sedikit dangkal, namun irama dancenya cukup easy listening dan catchy. Single dirilis pada tanggal 15 November. (7/10)

Special Thanks To Julee, Haris, Dickey, dll…

Vote for your Exclusive Single this week…

Related posts

Leave a Reply