Trending News

Blog Post

November Artist Highlight: 2PM
Reviews

November Artist Highlight: 2PM 

Image and video hosting by TinyPic
2PM adalah salah satu boyband ternama dari Korea Selatan. Pada awalnya merupakan bagian atau sub group dari One Day bentukan JYP Entertainment, bersama dengan 2AM yang terdiri atas 4 personel. 2PM sendiri terdiri dari 7 orang, namun saat ini hanya tersisa dari 6 anggota, yaitu Junsu, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung. Pada September 2009 Jaebeom, yang merupakan leader dari kumpulan ini mengumumkan pengunduran dirinya dari 2PM. Sebagaimana umumnya pakem boyband asal Korea lainnya, masing-masing dari anggota mendapat porsi vocal yang sama besar meski untuk sesi rapping biasanya diberikan kepada Taecyeon dan Nichkun yang merupakan satu-satunya anggota non-Korea dan berasal dari Thailand.

Mereka memulai debutnya pada tanggal 4 September 2008 dengan single “10 Points Out Of 10 Points”. Dari sini, melalui atraksi panggungnya, mereka menunjukkan acrobatic dance style yang membuat mereka terlihat lebih lincah dan tangkas dibandingkan boyband umumnya. Di tanggal 17 Oktober 2008, mereka mulai promosi “Only You”, single lain dari album mini debut mereka “Hottest Time of the Day”.

Menyusul keberhasilan album EP tersebut, 16 April 2009, 2PM merilis mini album kedua mereka yang berjudul 2:00PM Time For Change. Di tanggal 9 Mei 2009, mereka memenangkan penghargaan pertama mereka Mutizen Song di M! Countdown. Dalam minggu yang sama, mereka memenangkan Mutizen kedua mereka di SBS Inkigayo. Mereka memperoleh triple crown karena masih memenangkan Mutizek ketiga di minggu berikutnya. 11 Juni, 2PM mulai promosi “I Hate You” di M! Countdown. Pada tanggal 2 dan 3, 2PM menempati tempat pertama di M! Countdown dan Music Bank charts untuk lagu “I Hate You”. Tanggal 16 Juli mereka mendapat triple crown di M! Countdown, dan 30 Juli 2PM memenangkan penghargaan ‘Only One Song’ award di M!Countdown.

Pad bulan September, Jaebeom mengumumkan pada fancafe resminya bahwa ia akan meninggalkan grup dan kembali ke Amerika Serikat, dan berencana melanjutkan sekolahnya serta dan memperbaiki pemahamannya tentang musik, dan juga meminta maaf kepada anggota 2PM lainnya. JYP mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghargai keputusan Jaebeom, dan 2PM tetap melanjutkan aktifitas bermusik mereka meski hanya terdiri dari 6 personel.

Setelah keberhasilam dua album mini, tentu saja 2PM berniat merilis album debut mereka. Pada tanggal 10 November 2009, 2PM pun merilis The First Album 1:59PM. Bukan tanpa alasan jika 2PM memberi judul album debut mereka dengan embel-embel 1:59PM, karena itu menandakan hilangnya Jaebeom dari formasi asli mereka.

2PM kemudian melanjutkan aktivitas mereka tanpa Jaebeom dan melakukan proses syuting video musik mereka untuk “Heartbeat”, yang merupakan single pertama untuk album 1:59PM. Tidak perlu waktu lama, Heartbeat lantas menduduki posisi # 1 di chart. 20 November 2009, 2PM mendapatkan dua penghargaan M.net Asia Music Awards untuk kategori Best Male dan Artist of the Year. Setelah dua minggu kegiatan promosi untuk album 1:59PM, mereka menduduki #1 chart di KBS Music Bank dan di SBS Inkigayo mereka mendapatkan triple crown. Di Music Festival, “Again & Again” diakui sebagai “Song of the Year”. 2PM mengakhiri kegiatan promosi album 1:59PM dengan lagu “Tired of Waiting”.

Setelah berbagai kesuksesan tersebut, 2PM lantas mempersiapkan konser pertama mereka yang akan diadakan di Seoul dan Busan. Konser pertama 2PM berakhir dengan sukses, dengan jumlah penonton mencapai 12.000 orang (yang dihadiri tidak hanya oleh fans dari Korea, tetapi juga dari luar negeri). Di akhir konser, mereka membawakan lagu “Thank You”, yang didedikasikan kepada para Hottest (sebutan untuk para fans 2PM) yang telah setia dan mendukung mereka selama ini tanpa perduli dengan segala gonjang-ganjing yang terjadi pada mereka.

Tanggal 19 April 2010, 2PM merilis EP ketiga mereka yang diberi judul Don’t Stop Can’t Stop dengan single andalan Without You. Tidak berapa lama kemudian, tepatnya pada tanggal 11 Oktober 2010, 2PM merilis EP keempat mereka, Still 2:00PM, dengan single andalan “I’ll Be Back”, yang berada di nomor satu selama dua minggu berturut-turut di Music Bank. Pada tanggal 10 November 2010, tanpa diduga Still 2:00PM masuk kedalam the 13th spot of the Billboard’s World Album-Chart, meskipun tidak ada promosi khusus untuk album ini dibuat di AS.

Sebagaimana kebanyakan artis Korea Selatan sukses lainnya, pasar Jepang pun dirambah untuk memeroleh kesuksesan yang lebih besar lagi. 2PM merilis single Jepang pertama mereka yang diberi judul “Take Off” yang kemudian menjadi soundtrack Ending Song untuk anime Blue Exorcist. Melalui single ini 2PM memeroleh posisi No.1 di USEN J-Pop Chart. Untuk ini 2PM merupakan boy band Korea pertama yang telah mencapai tempat itu.

Setelah berbagai keberhasilan yang mereka raih, kini 2PM tidak hanya sukses di rumah mereka sendiri, namun saat ini kepopuleran mereka telah merambah Asia dengan jumlah fans atau hottest yang besar. Pada tanggal 20 Juni 2011, JYP Entertainment pun kemudian merilis studio album kedua mereka yang berjudul Hands Up dengan lagu andalan “Hands Up”. Lagi-lagi mereka sukses besar melalui album ini. Imbasnya, 2PM akan melakukan skonser lintas Asia yang diberi nama ‘Hands Up Asia Tour’ dan beruntung Indonesia pun berhasil masuk kedalam list Hands Up Asia Tour pada tanggal 11 November 2011. Oleh karena itu Warner Music Indonesia selaku recording label yang mencetak album “Hands Up” ini memilih 2PM sebagai CreativeDisc Artist Highlight di bulan November ini!

Intro by @HottestID
Dapatkan juga kesempatan untuk fans signing dengan 2PM, ikuti Quiznya terakhir tanggal 7 November 2011 disini

Special Thanks to Warner Music Indonesia!

Aktifkan juga RBT 2PM Hands Up kamu disini:

Image and video hosting by TinyPic

Related posts

Leave a Reply