Trending News

Blog Post

Album of The Day: Amy Winehouse – Lioness: Hidden Treasures
Album of The Day

Album of The Day: Amy Winehouse – Lioness: Hidden Treasures 

Released by: Universal Music Indonesia

Bagaimanakah bentuk sebuah obituari yang baik? Tentu saja berita yang berisikan segala kenangan tentang seseorang. Bagaimana kita mengenalnya dengan baik. Atau justru nanti akan memunculkan pertanyaan yang menohok, “seberapa kenalkah kita dengan sosok orang tersebut?”

Inilah pertanyaan besar yang dilontarkan Amy Winehouse kepada semua orang. Ada banyak rumor yang berkembang tentangnya. Konser terakhir yang dijalani dalam keadaan mabuk dan jatuh di panggung, sampai menjadi brand ambassador dari produk pakaian Fred Perry. Lantas apakah semua itu berpengaruh pada proses kreatifitasnya?

Dalam sebuah artikel tentang percakapan bersama Tony Bennet, dia menyatakan Amy sudah dalam keadaan bersih pada saat mereka Body and Soul. Tetapi itu adalah saat yang rapuh baginya, dan dia membutuhkan berbicara banyak kepada seseorang. Karena media telah menjudge dan tidak pernah lagi menampilkan dirinya dalam keadaan positif. Lihat saja dalam video musiknya bersama Tony Bennet. Apakah itu ciri seseorang yang terjebak dalam kecanduan terhadap minuman keras?

Mungkin album ini terasa membosankan bagi beberapa orang. “Ah, lagu-lagu itu lagi. Hanya kemasannya saja yang berbeda”. Ya, tanggapan seperti itu akan terucap ketika melihat set list album Lioness : Hidden Treasures. Sebagian besar merupakan repetisi dari dua album terdahulu. Sebut saja Wake Up Alone, Tears Dry (yang judulnya disingkat dari judul awalnya Tears Dry On Their Own), sampai Valerie. Semacam paket album the best. Tapi ternyata bukan.

Beberapa orang merasa keberatan dengan bentuk baru yang disematkan oleh duo Salaam Remi dan Mark Ronson yang masih menjadi produser untuk album ini. Rasanya memang sedikit subjektif, ketika saya merasa tidak masalah dia menampilkan Valerie dengan make up yang baru. Dengan sound ala tahun 68 serta menampilkan versi paling mentah dari Wake Up Alone.

Mentah. Itulah kondisi sebagian besar album ini. Termasuk track Girl From Ipanema yang dinyanyikan Amy pada tahun 2002. Dengan tidak dipoles sedikitpun, kita masih bisa mengenali bahwa memang sejak dulu karakter Amy tidak mengalami perubahan. Cuma perbedaan itu masih terasa ketika menyimak track baru yang direkamnya, Between The Cheats. Suaranya yang merayu, mendayu bisa menyatu dengan ambience yang ingin dibangun. Inilah tempo Jazz yang sangat dikuasai oleh Amy Winehouse. Dan seandainya benar bahwa materi ini adalah untuk album barunya, maka itu pasti akan menjadi sesuatu yang massive.

Protes yang paling keras mungkin terjadi ketika Will You Still Love Me yang ditaruh di track ke 4 mengalun. Itu apa? Kenapa bisa soundnya berubah 180 derajat seperti itu? Gambling yang dilakukan Mark Ronson sepertinya terlalu besar. Padahal cover version yang dilakukan Amy untuk lagu Carole King ini mendekati sempurna ketika dinyanyikannya dalam versi akustik. Ada apa dengan barisan terompet dan anthem kematian ala militer itu?

2 lagu lain yang paling enak dan mencuri perhatian adalah Our Day Will Come yang didapuk sebagai awal langkah album ini berjalan. Dengan nuansa jazzy yang dicampur sedikit suasana reggae, sepertinya Amy memang meramal tentang dirinya sendiri. Setelah itu lagu andalan yang lain adalah Halftime. Sebuah balada tentang sesuatu yang sangat berarti. Lirik You should thank your lucky star/ Cause the music is a gift/ And it’s stronger than all else/ Provides me with the bliss menjadi gambaran bahwa musik memang menjadi sarana Amy Winehouse untuk melepaskan emosi dan mengekspresikan diri apa adanya.

Overall, album ini seperti obituari yang bercerita tentang kenangan dan mimpi seorang Amy Winehouse dengan kita mengambil bagian didalamnya. Ikut mengumpulkan memori yang terhambur mengenai sosok yang sangat hebat. Akankah kita bosan dengan musiknya? Kalau saya tidak. Cheers!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Iqko / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Our Day Will Come” Mort Garson, Bob Hilliard Salaam Remi 2:49
2. “Between the Cheats” Amy Winehouse, Salaam Remi Salaam Remi 3:33
3. “Tears Dry” (Original Version) Winehouse, Nickolas Ashford, Valerie Simpson Salaam Remi 4:08
4. “Will You Still Love Me Tomorrow?” (2011) Gerry Goffin, Carole King Mark Ronson 4:23
5. “Like Smoke” (featuring Nas) Remi, Winehouse, Nasir Jones Salaam Remi 4:38
6. “Valerie” (’68 Version) Sean Payne, Dave McCabe, Abi Harding, Boyan Chowdhury, Russell Pritchard Mark Ronson 4:00
7. “The Girl from Ipanema” Norman Gimbel, Antônio Carlos Jobim, Vinicius de Moraes Salaam Remi 2:47
8. “Half Time” Winehouse Salaam Remi 3:51
9. “Wake Up Alone” (Original Recording) Winehouse, Paul O’Duffy Paul O’Duffy 4:24
10. “Best Friends, Right?” Winehouse Salaam Remi 2:56
11. “Body and Soul” (with Tony Bennett) Robert Sour, Frank Eyton, Edward Heyman, John Green Phil Ramone 3:19
12. “A Song for You” Leon Russell Salaam Remi 4:29

Related posts

Leave a Reply