Trending News

Blog Post

Album of The Day: Daughtry – Break The Spell
Album of The Day

Album of The Day: Daughtry – Break The Spell 

Released by: Sony Music Indonesia

Ketika Chris Daughtry, frontman band Daughtry ini mengungkapkan bahwa musik yang mereka hasilka di album ketiga ini adalah sesuatu yang berbeda dari apa yang pernah mereka sajikan lewat 2 album terdahulu, itu ternyata langkah yang mereka buat untuk lebih menguatkan ciri rock dalam citra mereka. Maklum, orang-orang kenal Daughtry sebagai seseorang yang meraih ketenaran dari American Idol, ajang nyanyi yang identik dengan pop. Maka jadilah album “Break The Spell” sebagai deklarasinya. Rock yang akrab dengan musik yang keras dan kasar merupakan ciri utama pembeda album 3 ini. ‘Renegade’ adalah track pembuka yang mantap. Membuat kita terhentak, dan diyakinkan 100% pada tujuan yang ingin mereka capai di album ini, yaitu nge-rock secara total. Track lain yang sejalan dengan konsep demikian adalah ‘Outta My Head’, ‘Louder Than Ever’ dan ‘Maybe We’re Already Gone’. Teriakan Chris maksimal dalam membangun atensi.

Kita enggak sepenuhnya dibuat asing dengan taraf garang baru a la Daughtry. Karena lewat beberapa lagu, masih ada transisi terasa. Contohnya saja ‘Crawling Back To You’. Lagu yang dimulai dengan tempo santai ini berubah menjadi garang di bagian chorus lagu. Nuansa serupa bisa dijumpai di ‘Break The Spell’, ‘We’re Not Gonna Fall’, dan ‘Rescue Me’. It’s Howard Bensson after all, yang masih mengambil andil sebagai produser album ini, menjembatani peralihan tersebut sehingga tidak terkesan terlalu timpang. Tentunya lagu-lagu demikian juga menantang Chris secara vokal untuk mempertontonkan kebolehannya dalam mengolah vokal. Enggak hanya mengerang, dirinya dia mevariasikan vokal dengan lantunan yang lebih soft di ‘Losing My Mind’ dan ‘Crazy’.

Tidak melulu musik yang ribut untuk mengindikasikan seorang rockstar. Karena dalam musik yang slow, santai, pun bisa mengeluarkan aura tersebut. ‘Rescue Me’ contohnya. Ada moment yang membuat Chris relevan dengan vokalis rock legendaris seperti Steven Tyler. Setiap prhasing dalam chorus menciptakan moment tersebut. Dan kalau masa-masa musik yang tenang adalah hal yang paling kamu impikan di album ini, maka pilihan akan jatuh pada ‘Start Of Something Good’, ‘Everything But Me’, plus track paling sendu sealbum, ‘Lullaby’. Segitu pentingnya memang mempertegas citra di awal karir, supaya mereka tidak dicap sebagai sebuah band yang bermain dalam area abu-abu dan tidak punya haluan musik yang pasti. Terkadang definisi paling tepat untuk hal tersebut adalah alternative, dan itu adalah apa yang dihindari oleh band ini.

Rate This Album: [ratings]
Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Renegade” Daughtry, Josh Paul 3:34
2. “Crawling Back to You” Daughtry, Paul, Marti Frederiksen 3:45
3. “Outta My Head” Daughtry, Fredriksen 3:31
4. “Start of Something Good” Daughtry, Brett James 4:24
5. “Crazy” Daughtry, Elvio Fernandes, Greg Wiktorski 3:24
6. “Break the Spell” Daughtry, Dave Bassett 3:32
7. “We’re Not Gonna Fall” Daughtry, busbee, Zac Maloy 3:19
8. “Gone Too Soon” Daughtry, busbee 3:36
9. “Losing My Mind” Daughtry, busbee 3:49
10. “Rescue Me” Daughtry, Josh Steely 3:23
11. “Louder Than Ever” Daughtry, James 3:37
12. “Spaceship” Daughtry, Brian Craddock 3:51
13. “Who’s They” Daughtry 3:12
14. “Maybe We’re Already Gone” Daughtry, Steely, Craddock, Paul 4:22
15. “Everything But Me” Daughtry, Steely, Craddock, Paul 4:29
16. “Lullaby” Daughtry 2:26

Related posts

Leave a Reply