Trending News

Blog Post

Album of The Day: Gavin DeGraw – Sweeter
Album of The Day

Album of The Day: Gavin DeGraw – Sweeter 

I worked with four different producers, so different producers recorded different songs with me and you’re getting a lot of variety on there.” Demikian kutipan wawancara Gavin DeGraw dengan sebuah media menggambarkan kondisi album studio keempatnya yang rilis di tahun 2011 ini. Keberagaman yang dimilikinya merupakan suatu pengalaman bermusik yang sangat bernilai. Hasilnya dituangkan dalam 10 track dikemas
bertajuk “Sweeter” dirilis mendekati akhir September. Gavin mengakui bahwa inilah rekaman terseksi dan terintim yang pernah dia hasilkan. How come?

Sebagai penyanyi, penulis lagu, dan juga musisi, setiap rekaman yang dihasilkan Gavin pastinya sudah punya nilai personal tersendiri. That’s where the intimate came from. Nah seksinya ternyata datang dari percobaan Gavin pada vokalnya. Dimana sebelumnya pria yang berusia 34 tahun ini hanya melakukan eksperimen dari caranya bernyanyi secara live saja, kali ini dirinya memberanikan diri untuk merekam cara bernyanyi tersebut di studio yang dihadirkan lewat album keempatnya ini. Dari ‘Sweeter’, track yang dijadikan titel album ini sebenarnya sudah berasa demikian. Ada pergerakan vokal Gavin yang bluesy dan juga nge-soul dengan iringan musik yang nge-rock. Hmmm… Kenikmatan “variety” yang dijanjikan Gavin juga bisa banget dicicipi di ‘Soldier’, ‘Candy’, dan ‘Radiation’.

Untuk urusan popularitas, tampaknya hingga saat ini Gavin masih berasa di kelas 2. Dirinya belum pernah begitu mencuat ke permukaan, meskipun ‘Not Over You’ bisa kita kategorikan sebagai sebuah hit. Ini adalah single andalan dari “Sweeter” yang dirilis pada pertengahan Mei 2011 lalu. Lagu tentang tidak rela melepaskan sang mantan ini lumayan mendapat airplay. Dan aku senang menemukan beberapa lagu lain yang punya ikatan emosi setara lagu ini. Ada ‘You Know Where I Am’ (lovely piano sound), ‘Stealing’ (bit curchy vibe with fantastic organ sound), dan puncaknya adalah ‘Spell It Out’ yang sekaligus menjadi track penutup di album ini.

Setelah menjadi pendukung dalam rangkaian tur Maroon 5 dan Train, kini giliran Gavin mendapatkan spotlight dengan menjalani rangkaian tur bersama David Cook. And I wonder how this album can support his popularity. Toh keberagaman tadi bisa memikat penggemar-penggemar baru, memberikan keleluasaan mereka untuk menikmati genre musik yang disuka sekaligus mendengarkan musik pop rock Gavin. Ini adalah album keduanya yang masuk dalam jajaran Top 10 di Amerika, juga mempertahankan prestasi di beberapa negara di Eropa. Way to go!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Sweeter” DeGraw, Ryan Tedder 3:43
2. “Not Over You” DeGraw, Tedder 3:38
3. “Run Every Time” DeGraw, Andrew Frampton 3:06
4. “Soldier” DeGraw 3:31
5. “Candy” DeGraw 4:38
6. “You Know Where I’m At” DeGraw 3:21
7. “Stealing” DeGraw 4:17
8. “Radiation” DeGraw 4:17
9. “Where You Are” DeGraw 4:21
10. “Spell It Out” DeGraw, Frampton 3:57

Related posts

Leave a Reply