Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mary J. Blige –  My Life II… The Journey Continues (Act 1)
Album of The Day

Album of The Day: Mary J. Blige – My Life II… The Journey Continues (Act 1) 

Released by: Universal Music Indonesia

Album dibuka dengan percakapan via telepon antara Mary J. Blige dengan Sean Combs tentang wacana memberi kelanjutan untuk album My Life milik Mary yang dirilis di tahun 1994 yang lalu. Setelah dialog yang cukup panjang, maka mereka pun memutuskan untuk melanjutkan album tersebut dalam bentuk album My Life II… The Journey Continues (Act 1). Segera saja anthem RnB bergaya oldschool, Feel Inside menghantarkan kita masuk ke dalam album ini.

Mary J.Blige digadang-gadangkan sebagai ratu RnB kontemporer, jadi ekspektasi tinggi jelas tersampirkan untuk album ini. Apalagi dengan embel-embel bagian kedua dari sebuah album yang terbukti sukses, baik secara komersial dan artistik. Vokal Mary masih prima seperti dulu. Dan pilihan lagu-lagunya juga menunjukkan jika Mary bukan penyanyi kemarin sore yang memilih jalan aman dengan menampilkan barisan lagu pop yang mudah diterima oleh pendengar awam. Ia masih seorang diva yang menginginkan estetika bermusiknya diserap oleh pendengarnya dan tidak melulu harus tunduk kepada selera umum.

My Life II… The Journey Continues (Act 1) diisi oleh barisan lagu RnB yang bercorak urban, mapan dan hip. Meski Blige tidak lantas alergi untuk memasukkan nuansa populer dalam musiknya. Contoh saja Next Level yang bergaya lounge dan menampilkan rap dari Busta Rhymes atau pemilihan Drake sebagai teman berduet dalam Mr. Wrong, jelas menunjukkan jika Blige menginginkan pangsa pendengar yang lebih luas, terutama kalangan muda. Kolaborasi Blige juga terdapat dalam Why yang menampilkan Rick Ross atau, ini yang paling ditunggu, Love A Woman, yang menampilkan Beyonce. Bayangkan saja jika dua perempuan bervokal dahsyat bekerjasama. Meski pilihan lagunya justru jatuh kepada semua nomor urban-RnB mid-tempo, namun jelas mereka diizinkan untuk saling mengeksplorasi kekuatan vokal masing-masing.

Single pertama yang dirilis oleh Blige, 25/8 adalah sebuah single balada uptempo yang menampilkan liukan vokal Blige yang seksi dan benar-benar menampilkan kualitas vokal yang terjaga dalam sentuhan sound soul/hip_hop kontemporer yang mengasyikan. Sementara itu tidak ketinggalan terselip sebuah cover version milik Rufus & Chaka Khan, Ain’t Nobody, yang dihadirkan dalam aransemen elektro-pop yang kekinian. Hadirnya tangan dingin Darkchild membantu poles lagu ini agar terdengar up-to-dates.

Tentu takkan lengkap sebuah album tanpa kehadiran balada yang menjadi sarana sang penyanyi untuk meniupkan emosioniltas dalam vokalnya. Album ini pun menyediakan Empty Prayers yang bercorak power ballad dimana Blige bernyanyi dengan penuh intensitas. Namun yang mencuri perhatian adalah Need Somone, sebuah lagu down-tempo minimalis dimana gitar akustik yang merdu menemani Blige yang bernyanyi dengan secara lebih lirih. Ada pengaruh folk dan country didalamnya membuat Need Someone yang dinyanyikan Blige dengan perasaan terdengar istimewa. Sangat menyentuh.

Memang, ditengah derasnya kehadiran penyanyi-penyanyi pendatang baru yang hadir dengan konsep album yang brilian dan segar, album My Life II… The Journey Continues (Act 1) akan terdengar sedikit tertinggal, karena Mary J. Blige hadir masih dengan kepercayaan tinggi terhadap musikalitasnya. Namun, saat Janelle Monae, misalnya, memberikan gebrakan dengan album The ArchAndroid (Suites II and III) yang terdengar kompleks, maka kesan “terlalu biasa” sulit untuk dihindarkan. Tap, hey, terkadang kita tidak memerlukan konsep yang terlalu theatrikal untuk dapat menikmati album yang berkualitas. Terkadang album yang lebih down-to-earth dengan kekuatan vokal yang berkarakter bisa menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Dan perasaan tersebut yang bisa kita dapatkan saat mendengarkan My Life II… The Journey Continues (Act 1). Very worth to listen.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Intro” Mary J. Blige, Jerry Duplessis, Kendu Isaac, Arden Altino, Sean Combs Jerry Wonda, Kendu Isaacs, Arden Altino (co.) 1:16
2. “Feel Inside” (featuring Nas) Blige, Andrea Martin, Duplessis, Altino, Nasir Jones, Dennis Coles, Robert Diggs, Gary Grice, Lamont Hawkins, Darryl Hill, Jason Hunter, Russell Jones, Clifford Smith, Elgin Turner, Corey Woods Jerry Wonda, Arden Altino (co.) 5:07
3. “Midnight Drive” (featuring Brook Lynn) Richard Butler, Jr., Pierre Medor Rico Love, Pierre Medor 4:12
4. “Next Level” (featuring Busta Rhymes) Blige, Butler, Trevor Smith, Jr., N. Hills Danja 4:13
5. “Ain’t Nobody” David “Hawk” Wolinski Darkchild 4:03
6. “25/8” Blige, Crystal Johnson, Eric Hudson, Kenneth Gamble, Leon Huff Eric Hudson, Mary J. Blige 3:55
7. “Don’t Mind” Blige, Priscilla Renea, Duplessis Jerry Wonda 3:57
8. “No Condition” Blige, Kevin Cossom, M. Aracia, Hills Danja 4:27
9. “Mr. Wrong” (featuring Drake) James Scheffer, Aubrey Drake Graham, Butler, Daniel Morris, Gamble, Huff, C. Gilbert Jim Jonsin, Rico Love 4:01
10. “Why” (featuring Rick Ross) Blige, Dave Young, Hudson Eric Hudson 4:21
11. “Love a Woman” (featuring Beyoncé) Blige, Sean Garrett, Beyoncé Knowles, Menardini Timothee Sean “The Pen” Garrett, Team S. Dot (co.), BridgeTown (add.) 4:31
12. “Empty Prayers” Blige, Christopher Stewart, Johnson, Kenneth Coby Tricky Stewart, Soundz 3:15
13. “Need Someone” Matt Morris Martin Terefe 3:55
14. “The Living Proof” Blige, Thomas Newman, Harvey Mason, Damon Thomas The Underdogs 5:55

Related posts

Leave a Reply