Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sabrina – I Love Acoustic 4
Album of The Day

Album of The Day: Sabrina – I Love Acoustic 4 

Released by: Universal Music Indonesia

Tidak terasa empat tahun sudah semenjak Roli Alexandra Orial, atau yang lebih dikenal dengan Sabrina, merilis album I Love Acoustic. Dan di tahun 2011 ni ia pun melepas seri keempat dari album tersebut yang bertajuk, tentu saja, I Love Acoustic 4.  Masih berisi belasan lagu daur ulang dari banyak lagu hits dalam setahun terakhir ini, yang kembali lagi diolah ulang oleh Sabrina dalam bentuk yang lebih organis, yaitu akustik. Bagi yang akrab dengan Sabrina atau sudah mengikuti album-album terdahulu, tidak banyak perubahan yang terjadi seri keempat ini. Aransemen masih diatur dalam tempo menengah dan disesuaikan dengan warna vokal Sabrina yang cenderung lembut.

Namun, dengan dibuka oleh Price Tag milik Jessie J yang dihadirkan dalam nuansa reggae yang kental, tampaknya kita bisa berharap jika I Love Acoustic 4 akan memberikan sesuatu yang berbeda. Dengan mood yang santai dan chilling, Price Tag terdengar seperti sebuah nomor urban yang mengasyikkan. Saat tembang kedua, Who Says (Selena Gomez) hadir, Sabrina kembali lagi dengan pakem yang kita kenal. Dan kebetulan materi aslinya memang memiliki tempo yang mendukung untuk dihadirkan dalam pace medium, sehingga Who Says tidak terdengar begitu jauh berbeda.

Tantangan bagi Sabrina memang adalah untuk menaklukkan lagu-lagu bertempo cepat untuk kemudian diadaptasi dalam bentuk yang lebih lembut dan tenang. Ada beberapa lagu bermateri asli uptempo yang dihadrikan dalam album ini. Sebutlah Edge of Glory milik Lady Gaga. Namun, sejatinya lagu ini bukanlah club-banger sehingga rasanya Sabrina tidak menemukan kesulitan yang berarti saat mentransformasi bentuk lagunya. Untunglah Sabrina kemudian tidak terjebak dalam keharusan menghadirkan lagu bermateri asli yang kencang kedalam bentuk lagu lembut gemulai.

Dalam On The Floor (Jennifer Lopez) ia cukup berhasil menghadirkan kesan riang dalam aransemennya bahkan hadir dalam tempo yang lumayan kencang, seolah-olah berdansa-dansi pun bisa dilakukan dengan iringan musik akustik. Yah, meski tentu saja tidak semua lagu-lagu uptempo tersebut kemudian harus hadir dalam gaya seperti aslinya. Moves Like Jagger (Maroon 5 dan Christina Aguilera) dihadirkan dalam versi yang lebih kalem, meski tetap memiliki enerji yang diperlukan. Sedang Last Fiday Night hadir dalam aransemen yang tepat, tidak ada perubahan esesi yang signifikan.

Jika dicermati, pilihan lagu yang ditawarkan oleh Sabrina kali ini memang banyak memiliki materi asli yang bertempo cepat, seperti lagu-lagu yang telah disebutkan tadi atau juga Hold It Against Me (Britney Spears) dan Rolling In the Deep (Adele), namun secara umum, album memang didominasi oleh lagu-lagu yang aslinya memang bertujuan untuk memancing kegalauan ataupun sebagai sarana untuk mendatangkan ketenangan. Sebutlah California King Bed (Rihanna), Back to December (Taylor Swift), That Should be Me (Justin Bieber) atau The Man Who Can’t Be Moved. Dengan mudah Sabrina menaklukkan lagi ini untuk menghadirkan dalam bentuk musik akustik yang merdu.

Album ditutup oleh Lucky milik Jason Mraz yang berduet dengan Colbie Cailat. Untuk versi Sabrina, dihadirkan Richard Poon untuk tandem Sabrina bernyanyi. Dengan aransemen yang jazzy dalam pengaruh reggae, lagu ini terasa tepat guna untuk menutup albumnya, mengingatkan gaya yang setipe telah menjadi pembuka album. Hanya saja kali ini aransemen terasa sangat minimalis, dengan pemilihan instrumen yang terbatas. Namun sama sekali tidak mengurangi asyiknya untuk menikmati lagunya.

Tampaknya Sabrina memang semakin mantap saja dalam pilihanya dalam mengusung musik akustik yang mengaransemen lagu-lagu populer.  Tidak mengherankan jika saat ini musik akustik seolah telah melekat dengan erat dengan namanya. Dirinya yang selalu terlintas di benak jika mendengar lagu-lagu akustik cover-version. Dengan keberhasilan album ini yang sudah meraih GOLD hanya dalam waktu 3 minggu perilisan di Indonesia, kita bisa berharap jika Sabrina pasti akan segera merilis album berikutnya dalam format yang sama. Boleh ditunggu oleh para penikmat musiknya.

Official Twitter Sabrina

Rate this single:[ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST

  1. Price tag
  2. Who Says
  3. On the Floor
  4. Moves like Jagger
  5. Last friday nigt
  6. California King Bed
  7. Hold it against Me
  8. Rolling in the deep
  9. The lazy song
  10. Back To Desember
  11. That should be me
  12. Marry me
  13. Just the way you are
  14. Rocketeer
  15. The man who can’t be moved
  16. Lucky feat. Richard Poon
  17. Bonus track: Saranghae (From Perfect Match Soundtrack)

Greeting Sabrina by creativedisc

Related posts

Leave a Reply