Trending News

Blog Post

Album of The Day: Steps – The Ultimate Collections
Album of The Day

Album of The Day: Steps – The Ultimate Collections 

STEPS, Kelompok musik asal inggris ini memulai debut karir musiknya pada akhir tahun 90-an dengan single pertama mereka, “5,6,7,8” yang berhasil menembus peringkat pertama di jajaran chart musik Australia. Setelah sukses merilis beberapa single, group vokal yang digawangi oleh Claire Richards, Lee Latchford-Evans, Claire Richards, Lisa Scott-Lee, Faye Tozer dan Ian “H” Watkins ini berhasil meluncurkan debut album pertama mereka yang diberi judul “Step One” rilis di tahun 1998 di Inggris dan Eropa.

Steps berhasil mencuri perhatian masyarakat dengan lagu berirama pop dengan gerakan-gerakan dance mereka yang sangat khas. Kesuksesan mereka terus berlanjut di album-album berikutnya “Steptacular” dan “Buzz” yang dirilis tahun 1999 dan 2001. Kesuksesan di chart musik, penjualan album dan tiket konser yang laris tidak menjamin kelompok vokal ini akan terus berjaya di blantika dunia musik. “H” dan Claire mengundurkan diri dari STEPS di malam terakhir Tour “Gold: Greatest Hits” .

10 tahun setelah itu, mereka akhirnya kembali dengan merilis album kompilasi yang diberi judul “Steps : The Ultimate Collection” beberapa bulan lalu. Meski sudah tidak muda lagi, namun kemampuan vokal mereka masih layak untuk di acungi jempol. Mari kita simak review albumnya bersama-sama.

Menilik dari Tracklist yang disodorkan di album ini, sebenarnya tidak banyak hal baru yang ditawarkan disini; berisi 20 lagu yang, kebanyakan adalah single-single mereka yang memang sudah terkenal saat mereka populer. Album ini dimulai dengan salah satu track andalan mereka 5,6,7,8. Lagu berirama upbeat ini mengajak kita untuk bergoyang dengan dentuman musik nya. Irama upbeat yang sama juga kita bisa kita temui di lagu selanjutnya Last Thing On My Mind, dilanjutkan dengan single andalan mereka yang berhasil merajai chart musik UK One For Sorrow. Lagu ini dibawakan dengan apik oleh Claire yang menjadi lead vocal. Versi Remix lagu ini menjadi salah satu soundtrack film “Drive Me Crazy” dan di rilis di Amerika.

Steps tak hanya piawai dalam menyanyikan lagu lagu bertempo upbeat, lagu berirama slow seperti Heartbeat, It’s the way you make me feel , When I Said Goodbye dan I Know Him So Well juga berhasil dibawakan dengan sangat baik oleh mereka. Lagu lain seperti Better Best Forgotten, Love’s Got a Hold On My Heart, After The Love Has Gone, Better Than Devils You Know dan Summer of Love juga menjadi lagu andalan mereka di album ini. Tembang Tragedy milik group band Bee Gees yang menjadi salah satu lagu jagoan mereka pada zaman kejayaan mereka dulu juga masuk ke dalam album ini, dan masih tetap asyik untuk di dengar. Chain Reaction yang pernah diinyanyikan oleh Diana Ross ini juga berhasil mencuri perhatian dari album ini. Lagu ciptaan Bee Gees ini juga pernah menempati peringkat 2 di UK. Lagu lagu seperti Stomp, Deeper Shade Of Blue dan You’ll be Sorry dengan irama dance upbeat-nya dapat membuat kita bergoyang mengikuti irama musik, sangat mencirikan Steps, dengan gerakan dance mereka yang selalu membuat kita ingin ikut menari bersama. Ditutup dengan lagu Dancing Queen, lagu ini menjadi penyegaran untuk para penggemar Steps yang rindu mendengarkan suara mereka. Lagu yang aslinya dibawakan oleh Group vokal “ABBA” ini, sebelumnya pernah dinyanyikan oleh Steps di tahun 1999, tapi di album ini, mereka mengaransemen ulang dan berhasil menciptakan sesuatu yang baru tanpa menghilangkan ciri khas mereka.

Secara keseluruhan, tidak begitu banyak hal baru yang di tawarkan di album ini. Hampir seluruh track ada di album Steps Gold Greatest hits yang pernah dirilis di tahun 2001 silam. Namun album ini cukup berhasil mengobati kerinduan para Stepers yang sudah 10 tahun rindu kemunculan mereka lagi di dunia musik. Meskipun hanya ada tambahan 1 lagu baru di album ini, untuk anda yang sudah mengoleksi album Steps dari awal, mungkin akan kurang tertarik untuk membeli album ini. Tapi untuk anda Stepers sejati, album ini layak untuk Anda miliki., Satu lagi yang menarik adalah album ini dirilis dalam 2 versi (dengan dan tanpa DVD) dengan warna cover yang berbeda. Album ini sudah berhasil mencuri perhatian semua orang dengan langsung menempati posisi pertama di UK Chart Music dan berhasil terjual lebih dari 34.000 kopi di minggu awal peluncurannya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Shafiq Husein)

TRACKLIST
1. 5,6,7,8 (Upton/Crosby) – 3:21
2. Last Thing on My Mind (Stock/Waterman/Dallin/Woodward) – 3:04
3. One for Sorrow (Topham/Twigg/Ellington) – 4:21
4. Heartbeat (Jackie James) – 4:23
5. Tragedy (Gibb, Gibb, Gibb) – 4:30
6. Better Best Forgotten (Frampton/Waterman) – 3:42
7. Love’s Got a Hold on My Heart (Frampton/Waterman) – 3:19
8. After the Love Has Gone (Topham/Twigg/Ellington) – 4:34
9. Say You’ll Be Mine (Frampton/Waterman) – 3:31
10. Better the Devil You Know (Stock/Aitken/Waterman) – 3:48
11. Deeper Shade of Blue (Radio Edit) (Topham/Twigg) – 3:44
12. When I Said Goodbye (Topham/Twigg) – 3:32
13. Summer Of Love (Topham/Twigg) – 3:51
14. Stomp (Topham/Twigg/Campbell) – 3:21
15. It’s the Way You Make Me Feel (J. Elofssen) – 3:16
16. Here And Now (Album Version) (A. Carlsson/A. Thomson) – 3:44
17. You’ll Be Sorry (Album Version) (Topham/Twigg) – 4:05
18. Chain Reaction (Gibb, Gibb, Gibb) – 3:56
19. I Know Him So Well (Andersson/Rice/Ulvaeus) – 4:15
20. Dancing Queen (Bonus Track) (Andersson/Ulvaeus/Anderson) – 3:25

Related posts

Leave a Reply