Trending News

Blog Post

Album of The Day: Susan Boyle – Someone to Watch Over Me
Album of The Day

Album of The Day: Susan Boyle – Someone to Watch Over Me 

Released by: Sony Music Indonesia

Dirilis tepat di akhir Oktober lalu, album ketiga Susan Boyle yang berjudul “Someone To Watch Over Me” masih berada dalam lingkaran yang sama dengan album-album sebelumnya. Kali ini pilihan lagu yang dinyanyikan SuBo berasal dari era 50 hingga 2000-an, dari beragam genre dalam versi aslinya. Jazz, rock, new wave, soul, folk, rock, dan lainnya. Sehingga gaya pop opera yang ditampilkan lewat album ini memberi kesan beda sesuai dengan pengharapan tatkala kita melihat daftar lagu yang ada. Berikut lagu original yang khusus diciptakan untuknya, album ini dikemas secara apik oleh label SyCo/Sony Music, diproduseri oleh Steve Mac.

Keistimewaan SuBo adalah tidak banyak artis yang memulai rekaman di usianya. Itu menjadi nilai jual tersendiri yang ada pada dirinya, tapi bukan satu-satunya. Karena SuBo juga punya suara bagus yang memorable. Membuat kita terbuai setiap kali mendengarkan nyanyian. Dengarkan ‘Mad World’ dan ‘Both Sides Now’ yang dramatis. Kita terhanyut dalam vokal SuBo yang mendayu indah di lagu tersebut. Juga versinya untuk ‘Unchained Melody’ yang otentik. Siapa sangka lagu ini masih punya “momen besar”-nya dalam keterbatasan gaya bernyanyi yang SuBo punya.

Seperti koin yang punya 2 sisi, gaya bernyanyi SuBo yang khas bisa dinilai sebagai sesuatu yang berciri dalam penilaian positif. Sedangkan negatifnya, khas tersebut diterjemahkan sebagai suatu keterbatasan. Jatuh-jatuhnya ya gaya bermalas-malas dan kurang dinamika. Dengarkan ‘Someone To Watch Over Me’ dan ‘Lilac Wine’ yang terkesan demikian. Namun, bukan berarti album ini kurang greget ya. Karena masih ada beberapa dinamika yang didapat dari ‘You Have To Be There’ dan ‘Enjoy The Silence’. I have to say these two are my favorites. Strings di ‘You Have To Be There’ juara dalam membangun citra kolosal, teknik vokal dalam ‘Enjoy The Silence’ adalah percobaan yang sukses untuk mendengar kepiawaian SuBo dalam membawakan lagu. Jempol!

Bagaimana dengan lagu originalnya? Ada pop orkestra ‘This Will Be The Year’ karya Emeli Sandé, Josh Kear, dan Shahid Khan, dan ‘Return’ karya Steve Mac dan Wayne Hector. Sejauh ini SuBo belum mencetak hit single dari album-albumnya. Dan kalau kesempatan itu datang untuknya, aku berharap itu adalah salah satu dari 2 lagu original ini. Meskipun dikondisikan selayaknya lagu-lagu lawas lain yang ada dalam album, memiliki lagu sendiri sebagai hit merupakan salah satu hal penting catatan dalam sejarah karir seorang artis.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “You Have to Be There” Benny Andersson, Björn Ulvaeus 3:53
2. “Unchained Melody” Hy Zaret, Alex North 3:47
3. “Enjoy the Silence” Martin Gore 4:11
4. “Both Sides, Now” Joni Mitchell 3:29
5. “Lilac Wine” James Shelton 3:15
6. “Mad World” Roland Orzabal 4:00
7. “Autumn Leaves” Paolo Nutini, Jim Duguid 2:54
8. “This Will Be the Year” Emeli Sandé, Josh Kear, Shahid Khan 3:53
9. “Return” Steve Mac, Wayne Hector 2:58
10. “Someone to Watch Over Me” George Gershwin, Ira Gershwin 1:17

Related posts

Leave a Reply