Trending News

Blog Post

Album of The Day: Various Artists – The Muppets: Original Soundtrack
Album of The Day

Album of The Day: Various Artists – The Muppets: Original Soundtrack 

Released by: Universal Music Indonesia

Selama kurang lebih lima dekade telah menjadi teman tumbuh kembang bagi sebagian besar anak-anak di dunia, pertunjukan boneka kreasi Jim Henson, The Muppets, tampaknya masih bertahan dengan kuat sebagai sarana hiburan yang edukatif namun tetap menyenangkan untuk diikuti. Siapa yang tak kenal dengan Kermit si katak hijau yang baik hati, kekasihnya Miss Piggy yang centil dan teman karib mereka seperti Gonzo, Animal, Fozzie Bear, dan lain-lain. Bermula dari pertunjukan televisi yang sukses, kawanan The Muppets pun tentu tak ketinggalan merambah layar lebar. Setelah film pertamanya di tahun 1979 yang berjudul The Muppet Movie, maka di tahun 2011 ini, hadir film terbaru mereka yang diberi judul The Muppets. Dan layaknya film-film yang mengambil konsep musikal, tidak seru menyimak filmnya tanpa juga menikmati kehadiran album soundtracknya, yang diberi judul The Muppets: Original Soundtrack

Jangan kaget dulu saat melihat daftar lagu yang terdapat di dalam album ini, yang mencantumkan sekitar 30 item di tracklistnya. Tidak semua track dalam album ini adalah lagu, karena kebanyakan dari mereka justru adalah cuplikan dialog-dialog yang berasal dari filmnya. Konsep yang sangat menarik, karena bagi yang belum menonton filmnya pasti akan merasa tertarik untuk segera menyaksikannya namun bagi yang sudah, tentu saja mengembalikan kenangan akan film yang telah ditontonnya tersebut. Meski berdurasi beberapa detik saja, namun dialog-dialog tersebut cukup efektif untuk memberi kesan yang mendalam.

Sekarang mari kita berbicara lagu-lagu yang terdapat di dalam album ini. The Muppets sendiri memiliki lagu-lagu orisinil yang cukup populer dan beberapa lagu tersebut tentu saja tersampir sebagai materi penyemarak albumnya. Sebut saja Mahna Mahna, yang masih dibawakan oleh Mahna Mahna and the Snowths atau Rainbow Connection, yang dinyanyikan oleh Kermit dan Miss Piggy dengan suara khasnya.  Tampaknya Miss Piggy sudah mengambil les vokal, karena ia terdengar cukup tangkas dalam bernyanyi, setelah selama ini terdengar cukup fals. Jangan lupakan pula The Muppet Show Theme yang legendaris sebagai pembuka album. Lagu-lagu ini pasti akan membawa kenangan kembali ke masa kecil yang indah saat menyaksikan The Muppet Show di televisi.

Filmnya sendiri, selain dibintangi oleh bintang-bintang The Muppet kesayangan kita, juga diramaikan oleh bintang-bintang populer seperti Amy Adams dan Jason Segel, yang memang diplot sebagai karakter utamka dalam filmnya. Dan tentu saja mereka “berkewajiban” untuk menyumbang vokal mereka. Amy Adams sendiri tentu tidak asing dengan bernyanyi dalam sebuah film musikal, karena kepiawaian dirinya dalam bernyanyi sudah pernah ditampilkan dalam film Enchanted. Lantas bagaimana dengan Jason Segel? Ternyata ia pun cukup mampu melaksanakan tugasnya dengan cukup baik. Begitu juga dengan aktor senior, Chris Cooper, yang juga turut membintangi film ini.

Para aktor ini memang bukan penyanyi profesional, sehingga wajar jika mereka mungin terdengar kurang “luwes” dalam bernyanyi. Namun sebagai bagian dari akting mereka, bolehlah diberi kredit lebih. Tidak heran jika lagu-lagu seperti Life’s a Happy Song yang bertempo cepat dan ceria, yang juga menampilkan vokal Feist dan aktor gaek Mickey Rooney, cukup mulus dinyanyikan. Atau saat Segel harus bernyanyi dalam lagu sendu seperti Man or Muppet, karakter rock dalam vokalnya dengan baik mengantarkan isi lagunya. Sementara itu Amy Adams yang berduet dengan Miss Piggy dalam Me Party sukses dalam memberi groove dalam lagu disko-retro ala 70-annya.

Album The Muppets ini tidak melulu hanya diisi oleh lagu-lagu The Muppet lawas atau lagu orisinil yang sengaja dikomposisikan untuk filmnya. Menariknya, terlampir juga beberapa lagu cover-version dari lagu-lagu yang cukup populer. Namun ini The Muppets yang kita bicarakan. Lagu-lagu ini tentui saja diaransemen secara khas ala The Muppet. Coba dengarkan saja Forget You milik Ce-Lo Green yang bertranformasi menjadi sebuah lagu yang dinyanyikan oleh sekumpulan ayam yang bernama Camilla and The Chickens. Selintas ia masih memakai musik dan aransemen asilnya, akan tetapi kali ini tidak ada lirik yang terdengar melainkan harmonisasi vokal ala kotekan ayam yang cukup seru. Simak juga Smell Like Teens Spirit milik Nirvana yang kali ini dinyanyikan oleh The Muppets Barbershop Quartet secara akapela. Seru.

Album The Muppets ini adalah album yang memuaskan. Tidak diduga ternyata music supervisor-nya dengan cermat memilih lagu-lagu yang menarik untuk didengar. Perpaduan antara lagu lawas, lagu baru dan lagu cover ulang malah terdengar menyegarkan. Belum lagi sisipan-sisipan dialog film diantaranya yang tidak terdengar menggangu, namun berhasil membangun mood gembira saat mendengarkannya. Setelah 12 tahun, tampaknya kali ini kita akan kembali terpuaskan bersama kawanan super asyik bernama The Muppet ini, seolah-olah kenangan masa kecil pun melintas dengan indahnya. Sebuah album yang tidak hanya pembangkit nostalgia, namun juga membawa menghibur dengan maksimal.

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Muppet Show Theme” (featuring Joanna Newsom) The Muppets 0:51
2. “Muppet Studios, I Can’t Believe It” Walter 0:04
3. “Life’s a Happy Song” (featuring Feist and Mickey Rooney) Jason Segel, Amy Adams and Walter 4:29
4. “I Haven’t Seen the Old Gang” Kermit and Jason Segel 0:20
5. “Pictures in My Head” (produced by Bret McKenzie) Kermit and the Muppets 2:36
6. “We Drive” Kermit and Walter 0:11
7. “Me and Julio Down by the Schoolyard” Paul Simon 2:42
8. “That Spells Reno” 80’s Robot and Amy Adams 0:18
9. “Rainbow Connection” The Moopets 1:02
10. “Welcome Back” Kermit, Fozzie, Walter, and Dr. Teeth 0:20
11. “We Built This City” Starship 4:54
12. “Party of One” Sarah Silverman and Amy Adams 0:09
13. “Me Party” Amy Adams and Miss Piggy 1:53
14. “We Humbly Ask” Kermit and Chris Cooper 0:09
15. “Let’s Talk About Me” (featuring Nathan Pacheco) Chris Cooper 2:33
16. “The Answer is No” Chris Cooper and Kermit 0:06
17. “Are You a Man or a Muppet?” Amy Adams 0:08
18. “Man or Muppet” Jason Segel, Walter and Jim Parsons 2:58
19. “Down at the Ole Barbershop” Kermit 0:07
20. “Smells Like Teen Spirit” The Muppets Barbershop Quartet 2:23
21. “Princesses of Poultry” Kermit 0:06
22. “Forget You” Camilla and The Chickens 2:29
23. “It’s Time for Our Song” Kermit and Miss Piggy 0:04
24. “Rainbow Connection” The Muppets 3:09
25. “Get Out There and Help Those Guys” Jason Segel 0:06
26. “The Whistling Caruso” Bird 1:15
27. “How Charming, a Finale” Uncle Deadly 0:06
28. “Life’s a Happy Song” Finale Entire Cast 2:23
29. “Mary, Marry Me” Jason Segel and Amy Adams 0:09
30. “Mahna Mahna” Mahna Mahna and the Snowths 2:05

Related posts

Leave a Reply