Trending News

Blog Post

ARIA Awards 2011
Music News

ARIA Awards 2011 

ARIA Awards adalah acara penghargaan tahunan yang ditujukan untuk memberikan apresiasi terhadap industri musik Australia dan tahun ini ARIA Awards diadakan pada hari Minggu,27 November 2011 di Allphones Arena. Tahun ini adalah tahun yang spesial bagi ARIA karena ini adalah acara penghargaan yang ke 25 dan untuk itu pada tahun ini ARIA akan memberikan ARIA Hall of Fame untuk 2 musisi Australia yang sudah berkontribusi untuk perkembangan musik Australia. 2 Musisi tersebut adalah Kylie Minogue dan group band The Wiggles. Pada tahun ini beberapa performers yang akan tampil adalah The Living End, Gurrumul,Delta Goodrem, Art VS Science, Guy Sebastian dan Gotye yang akan berduet dengan Kimbra membawakan lagu Somebody That I Used To Know. Setiap tahun ARIA selalu mendatangkan artis international untuk membacakan nominasi, kalau tahun lalu ada Jason Derulo dan Carmen Electra yang hadir maka tahun ini Joel & Benji Madden dari group band Good Charlotte diberi kehormatan untuk membacakan nominasi kategori Best Rock Album.

Red Carpet

Red Carpet adalah sebuah hal yang wajib dalam sebuah ajang penghargaan karena disinilah kita bisa menilai bagaimana fashion yang dikenakan sang artis dalam acara penghargaan tersebut dan pada ARIA Awards inipun Red Carpet adalah salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu. Red Carpet dibuka sejak pukul 3.30pm dan beberapa artis terlihat sudah siap berjalan di Red Carpet ini. Beberapa artis yang hadir cukup awal adalah Drapht,Ricki Lee-Coulter,Hamish&Andy dan Ruby Rose tetapi tentunya artis yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya adalah Kylie Minogue. Kylie hadir tepat pada pukul 4.30pm bersama Dannii Minogue dan disambut oleh jeritan para fans yang sudah menunggu. Kyliepun sesudah melakukan sesi wawancara dengan beberapa media menyempatkan diri untuk memberikan tanda tangan atau foto bareng dengan para fansnya. Setelah Kylie, disusul oleh kehadiran Delta Goodrem, Havana Brown, Justice Crew dan Jack Vidgen. Artis yang hadir paling akhir di Red Carpet ini adalah pemenang Australian Idol pertama Guy Sebastian, walaupun agak telat tetapi Ia masih meluangkan waktu untuk para fansnya yang sudah menunggu.

The Ceremony

ARIA dimulai pada pukul 5.30pm dan penghargaan pertama yang diberikan adalah untuk kategori Best Breakthrough Artist Single dan Album yang dibacakan oleh Ruby Rose,kedua awards ini dimenangkan oleh band indie-rock yang mendapatkan total 7 nominasi pada malam itu Boy & Bear. Acara terus berlanjutn dengan pemberian penghargaan kepada Best Independent Release yang dimenangkan oleh Art VS Science hingga Best Dance Release yang dimenangkan oleh Cut Copy. Acara diselingi oleh penampilan Art Vs Science membawakan lagu Magic Fountain lengkap bersama sebuah kelompok paduan suara. Lanjut ke acara selanjutnya, kategori Highest Selling Album dimenangkan oleh pemenang X Factor tahun lalu yaitu Altiyan Childs dengan debut albumnya dan kategoru Highest Selling Single dimenangkan oleh Guy Sebastian dengan single Who’s That Girl. Pada acara ini Guy Sebastian juga tampil membawakan 2 lagu secara medley yaitu Who’s That Girl dan Don’t Worry Be Happy.

Salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu pada tahun ini akhirnya datang yaitu pemberian ARIA Hall of Fame kepada Kylie Minogue yang diberikan secara langsung oleh Perdana Menteri Julia Gillard yang mengatakan bahwa Kylie adalah “The face of Australia” dan juga diputar sebuah video yang menayangkan perjalanan karir Kylie dari awal hingga saat ini. Ketika Kylie berjalan ke atas panggung semua hadirin memberikan standing ovation dan Kylie dalam speechnya mengucapkan terima kasih kepada beberapa orang yang sudah berjasa mengantarkan karirnya hingga bisa sukses seperti ini dan tidak lupa juga Ia berterima kasih kepada saudara perempuannya Dannii Minogue yang selalu mendukungnya dari awal hingga saat ini. Setelah pemberian ARIA Hall of Fame untuk Kylie, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan untuk Best Rock Album yang dimenangkan oleh The Living End yang nantinya akan membawakan single pertamanya untuk album barunya yang berjudul The Beginning Is Just The Ending Repeating. Selanjutnya acara penghargaan yang pemenangnya dipilih berdasarkan hasil votting oleh penggemar yaitu Most Popular Australian Artist yang dimenangkan oleh Birds Of Tokyo,Most Popular Live Artist yang lagi-lagi dimenangkan oleh The Living End dan Most Popular International Artist yang dimenangkan oleh Pink mengalahkan nama-nama seperti Chris Brown,Katy Perry,Lady Gaga dan Adele. Namun sangat disayangkan Pink tidak bisa hadir namun Ia mengirimkan sebuah video khusus sebagai tanda ucapan terima kasih.

Salah satu penampilan yang paling ditunggu-tunggu pada malam itu adalah penampilan Delta Goodrem dimana Ia akab bernyanyi sebuah lagu yang ditujukan untuk mengenang para musisi Australia yang sudah meninggal dalam kurum waktu 25 tahun ke belakang. Delta tampil membawakan lagu The Day You Went Away yang hanya diiringi oleh iringan piano yang Ia mainkan sendiri dan dengan vocalnya yang sangat indah berhasil menghipnotis para hadirin yang hadir untuk terlarut dalam lagu yang dinyanyikannya. Tidak hanya perform,tetapi Delta juga mendapat tugas untuk membacakan nominasi Best Male Artist yang dimenangkan oleh Gotye dan juga Best Female Artist yang dimenangkan oleh Kimbra. Menjelang akhir acara, The Wiggles mendapat kehormatan untuk menerima ARIA Hall of Fame. Bagi sebagian orang yang tidak mengenal siapa itu The Wiggles, The Wiggles adalah group musik yang menyanyikan lagu untuk anak-anak dan sudah memenangi 10 ARIA awards di sepanjang karir mereka. Lanjut ke acara selanjutnya adalah pemberian penghargaan untuk 2 Awards yang paling bergengsi yaitu Single Of The Year yang sudah tidak diragukan akan dimenangkan oleh Gotye dengan hit singlenya Somebody That I Used To Know dan juga Album Of The Year yang dimenangkan oleh Boy & Bear dengan album Moonfire. Sebelum menerima penghargaan, Boy & Bear juga sempat tampil membawakan hit singlenya yaitu Feeding Line. Secara keseluruhan Boy & Bear menjadi bintang utama dalam ARIA Awards tahun ini dengan berhasil memenangkan total 5 awards dari 7 nominasi yang diterimanya termasuk penghargaan paling bergengsi Album Of The Year serta Best Group.

ARIA Awards 2011 Winners
BREAKTHROUGH ARTIST — SINGLE
Boy & Bear, “Feeding Line”

BREAKTHROUGH ARTIST — ALBUM
Boy & Bear, Moonfire

BEST INDEPENDENT RELEASE
Art vs Science, The Experiment

BEST URBAN ALBUM
Drapht, The Life of Riley

BEST DANCE RELEASE
Cut Copy, Zonoscope

BEST COUNTRY ALBUM
Kasey Chambers, Little Bird

HIGHEST SELLING ALBUM
Altiyan Childs, Altiyan Childs

HIGHEST SELLING SINGLE
Guy Sebastian, “Who’s That Girl” (feat. Eve)

BEST ROCK ALBUM
The Living End, The Ending Is Just The Beginning Repeating

BEST COMEDY RELEASE
Hamish & Andy, Celebrating 50 Glorious Years

BEST POP RELEASE
Gotye, “Somebody That I Used to Know” (feat. Kimbra)

BEST ADULT CONTEMPORARY ALBUM
Billy Thorpe, Billy Thorpe’s Tangier

MOST POPULAR AUSTRALIAN ARTIST
Birds of Tokyo

MOST POPULAR INTERNATIONAL ARTIST
Pink

MOST POPULAR LIVE ARTIST
The Living End

BEST GROUP
Boy & Bear, Moonfire

BEST MALE ARTIST
Gotye, Somebody That I Used to Know (feat. Kimbra)

BEST FEMALE ARTIST
Kimbra, Cameo Lover

SINGLE OF THE YEAR
Gotye, “Somebody That I Used to Know” (feat. Kimbra)

ALBUM OF THE YEAR
Boy & Bear, Moonfire

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply