Trending News

Blog Post

Concert Review – Eminem Live at Sydney Football Stadium (2011)
Concerts Review

Concert Review – Eminem Live at Sydney Football Stadium (2011) 


Ini adalah konser pertama Eminem di Australia setelah terakhir kali mengunjungi Australia 10 tahun lalu sehingga animo pecinta musik terhadap konser ini bisa dibilang luar biasa besar. Hal tersebut terbukti dengan sold outnya penjualan tiket dalam waktu 30 menit baik di kota Melbourne maupun Sydney. Sebagai catatan tambahan,Eminem mengadakan konser di sebuah stadium dengan kapasitas 45.000 orang dan seluruh tiket habis terjual dalam waktu 30 menit,sebuah hal yang bisa dikatakan sangat luar biasa. Sydney cukup beruntung karena Eminem memutuskan untuk mengadakan second show 2 hari setelah show pertama dan walaupun tiket tidak habis terjual namun bisa dikatakan lebih dari 3/4 stadium terisi penuh. Dalam konsernya kali ini Eminem tidak sendiri karena Ia mengajak Lil’Wayne sebagai opening act dan Hilltop Hoods, seorang rapper asal Australia.

Hilltop Hoods didaulat sebagai pembuka konser dengan membawakan lagu-lagunya selama kurang lebih 30 menit dan disambung dengan Lil’Wayne yang membawakan hit-hitsnya mulai dari Bedrock hingga single barunya How To Love dan ditutup dengan Drop The World. Lil’Wayne tampil selama kurang lebih 1 jam dan hal yang cukup menarik dalam penampilan Lil’Wayne adalah panggungnya diisi oleh beberapa pemain skateboard dan Lil’Waynepun dalam beberapa kesempatan ikut bermain skateboard. Setelah Lil’Wayne turun panggung, diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk persiapan Eminem dan tepat pada pukul 8.30pm,penampilan yang paling ditunggu-tungggu pada malam itupun dimulai. Dibuka oleh tayangan sebuah video yang mengatakan bahwa Eminem pada tahun 2005 membatalkan sebagian konser Eropanya untuk masuk rehabilitasi dan setelah Eminem keluar dari rehabilitasi tersebut Eminem adalah seseorang yang bersih dari obat-obatan dan Sydney akan menjadi saksi dari Recovery Eminem tersebut (sesuai dengan nama konser Eminem pada malam itu). Naik ke atas panggung dengan memakai topi dan hoodie yang menjadi ciri khasnya,tanpa banyak basa-basi Eminem langsung menggebrak dengan lagu Won’t Back Down. Penontonpun ikut bernyanyi menyanyikan bagian reffnya. Setelah Won’t Back Down,berturut-turut Eminem menyanyikan 3AM,Square Dance, WTP dan Kill You tanpa jeda.

Setelah Kill You,Eminem menyempatkan diri untuk menyapa para penonton dan mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang sudah hadir. Setelah berbincang-bincang sesaat, terdengarlah intro lagu No Love dan Lil’Waynepun naik keatas panggung dan berduet dengan Eminem membawakan lagu ini. Setelah No Love,Eminem membawakan salah satu hit single terbesarnya yaitu Cleanin Out My Closet dan koorpun terjadi pada bagian reff lagu ini yang melibatkan hampir seluruh isi stadium. Sebuah surprise terjadi dalam konser ini dimana ternyata Eminem juga mengajak Royce Da 5’9 partnernya dalam Bad Meets Evil, tanpa banyak basa basi Bad Meets Evil membuka penampilannya dengan single pertama dari album terbarunya yang berjudul Fast Lane dan disambung dengan Lighters. Pada saat lagu Lighters berkumandang, lampu dibuat menjadi redup dan para penontpun mengangkat lightersnya sehingga membuat seluruh stadium menjadi bercahaya. Setelah Lighters, Royce Da 5’9 turun panggung dan Eminem melanjutkan konsernya dengan membawakan Airplanes dari BoB dalam verse remix yang menampilkan dirinya. Setelah Airplanes,Eminem kembali menyempatkan waktu untuk berinteraksi dengan penonton dan mengatakan akan membawa kita ke awal karirnya dan terdengarlah intro lagu Stan yang disambut teriakan meriah oleh penonton. Setelah Stan,beruturut-turut Eminem membawakan Sing For The Moment, Like Toy Soldiers yang menampilkan footage kawannya yang sudah meninggal yaitu Proof dan Forever.

Memasuk fase ketiga dalam konser Eminem ini, kita sudah bersiap-siap untuk mencapai klimaks dari konser ini dan hal itu dimulai dengan dibawakannya lagu Space Bound dan lagi-lagi terdengar koor yang luar biasa kencang dari seluruh penonton yang memadari stadium. Setelah Space Bound, Eminem membawakan Till I Collapse dan Cinderella Man. Eminem mengatakan bahwa lagu selanjutnya yang akan Ia bawakan, Ia dedikasikan untuk seluruh wanita yang hadir pada malam itu dan berkumandanglah lagu Love The Way You Lie dimana bagian vokal Rihanna digantikan oleh seorang backing vocal wanita. Setelah Love The Way You Lie, kita kembali dibuat histeris dengan dibawakannya lagu I Need a Doctor dan penontonpun meneriakkan nama Dre. Sebelum membawakan lagu selanjutnya, Eminem mengatakan bahwa Ia akan kembali menjadi alter ego dari dirinya yang dulu yaitu Slim Shady dan secara medley Ia membawakan My Name Is,The Real Slim Shady dan Without Me. Eminem mengucapkan terima kasih kepada semua fansnya yang sudah setia mendukung dia hingga saat ini dan Ia mendedikasikan lagu selanjutnya untuk para fansnya ini. Sudah bisa diduga, lagu yang didedikasikan ini adalah Not Afraid dan stadium kembali bergemuruh. Ini adalah titik dimana kita menyadari bahwa Eminem memang adalah seorang rapper yang ngerap melalui hatinya karena kita bisa merasakan bagaimana emotionalnya lagu ini ketika dibawakan langsung oleh Eminem. Setelah membawakan Not Afraid,Eminem pamit dan turun panggung tetapi hal tersebut tidak membuat penonton meninggalkan stadium dan sebaliknya meneriakkan namanya untuk kembali ke atas panggung. Berselang selama beberapa menit, terdengarlah intro lagu Lose Yourself dan Eminempun kembali naik ke atas panggung. Penonton tidak henti-hentinya loncat disepanjang lagu ini dan ikut bernyanyi bersama Eminem. Setelah membawakan lagu Lose Yourself, Eminem kembali mengucapkan terima kasih dan pamit untuk turun panggung. Sebagai rapper dengan jam terbang yang sudah tinggi, Eminem berhasil mengadakan sebuah konser yang luar biasa dilihat dari berbagai aspek mulai dari pemilihan lagu yang dibawakan, tata panggung serta bagaimana Eminem bisa membangun atmosfir untuk membuat para penonton benar-benar ikut terlarut dalam konser tersebut.

SETLIST
1. Won’t Back Down
2. 3am
3. Square Dance
4. W.T.P
5. Kill You
6. No Love
7. Cleanin’ Out My Closet
8. Fast Lane (with Royce da 5’9″ as Bad Meets Evil)
9. Lighters (With Royce da 5’9″ as Bad Meets Evil)
10. Airplanes Part II
11. Stan
12. Sing For The Moment
13. Like Toy Soldiers
14. Forever
15. Space Bound
16. ‘Till I Collapse
17. Cinderella Man
18. Love The Way You Lie
19. I Need A Doctor
20. My Name Is / The Real Slim Shady / Without Me
21. Not Afraid
Encore:
22.Lose Yourself

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply