Trending News

Blog Post

Rihanna’s #1 Billboard Hot 100 Singles
Top 10 Lists

Rihanna’s #1 Billboard Hot 100 Singles 

Seorang penyanyi memiliki banyak hits nomor satu itu memang tidak aneh. Namun menjadi catatan tersendiri saat si penyanyi adalah sosok muda belia yang usia karirnya belum ada satu dekade namun sudah mengumpulkan koleksi single nomor satu yang lebih dari 10 buah. Yep, kita sedang membicarakan seorang Rihanna. Diskografinya terdiri atas 6 studio album, 3 album kompilasi dan 42 single, yang mencakup dirinya sebagai featuring artist. Dan dari 42 buah singles tersebut, 11 dari mereka telah dengan gemilang menduduki posisi puncak di tangga lagu prestesius Billboard Hot 100. Apa sajakah single Rihanna yang telah menduduki posisi juara? Berikut ulasan ringkasnya:

11. SOS
Album: A Girl Like Me (2006)
Weeks On #1: 3

SOS adalah single pertama Rihanna untuk album keduanya, A Girl Like Me. Single ini merupakan single pertama milik Riri yang menembus posisi puncak, tidak hanya di Billboard Hot 100, namun juga merajai Pop 100, Hot Dance Music/Club Play, Hot Dance Airplay, Hot Digital Songs dan Hot Digital Tracks. Ditulis oleh J. R. Rotem, Evan “Kidd” Bogart dan Ed Cobb, SOS adalah sebuah single uptempo dalam balutan pop-dance yang kental. Dengan vokal Rihanna yang terdengar sensual, ditambah pula beat yang mengadopsi single Tainted Love milik Soft Cell, SOS memang terdengar sangat memikat dan sulit untuk ditolak. Gloomy yet glamour.

10. Umbrella feat. Jay-Z
Album: Good Girl Gone Bad (2007)
Weeks On #1: 7

Dengan penjualan sebanyak 6.6 juta kopi, Umbrella pun ditasbihkan menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa. Keberhasilan Umbrella memang raksasa. Single pertama untuk album ketiga Riri ini melesat dari posisi 42 menuju posisi nomor satu di Billboard Hot 100 dan bertahan selama 7 minggu yang tak terputus. Umbrella tidak hanya berjaya di Amerika, namun Inggris, Perancis, Jerman dan banyak lagi. Apa sih keistimewaan single ini? Meski digolongkan sebagai RnB kontemporer dibalut Hip-Hop melalui rap Jaz-Z, namun pada dasarnya Umbrella adalah sebuah power pop dengan stuktur yang sangat gampang dicerna. Dengan demikian, ia memang bisa menembus batasan sub-genre yang biasa mengekang dan dapat diapresiasi secar lebih luas. Tidak heran, berbagai artis dari aliran musik yang berbeda, ramai-ramai menyanyikan ulang single ini.

09. Take A Bow
Album: Good Girl Gone Bad: Reloaded (2008)
Weeks On #1: 1

Take A Bow adalah single Rihanna ketiga yang menduduki posisi puncak Billboard Hot 100. Sama halnya dengan Umbrella, Take A Bow pun melakukan lompatan yang sangat tinggi dari awalnya di posisi 53 menjadi nomor 1 di minggu berikutnya. Take A Bow adalah satu dari single-single baru yang meramaikan album repackaged Good Girl Gone Bad. Sebuah balada RnB, Take A Bow yang ditulis oleh Stargate dan Ne-Yo ini menampilkan sisi melankolis Rihanna. Aransemen yang mudah diingat memang nilai tambah dari lagu ini. Belum lagi Rihanna bernyanyi dengan penuh perasaan, mengantarkan melankolisme yang ditawarkan oleh lagunya. Single ini juga menduduki posisi puncak US Hot R&B/Hip-Hop Songs, Pop Songs dan Radio Songs.

08. Disturbia
Album:
Good Girl Gone Bad: Reloaded (2008)
Weeks On #1:
2

Disturbia adalah single ketiga untuk album repackaged Good Girl Gone Bad dan total ketujuh untuk album ketiga milik Rihanna. Disturbia adalah sebuah single dance uptempo dalam balutan electro-pop. Vokal Rihanna mungkin dipengaruhi oleh autotunes namun rasanya hal tersebut cukup efektif untuk memberi kesan gothic yang ingin disampaikan. Bisa dikatakan ini adalah versi lebih gelap dari Don’t Stop The Music. Single yang juga dibantu tulis oleh Chris Brown ini debut pada posisi 18 di chart Billboard Hot 100.  Meski hanya menuduki posisi puncak selama dua minggu, namun single ini memberi kontribusi yang besar untuk mengokohkan posisi Rihanna sebagai salah satu hits maker yang patut dicermati.

07. Live Your Life (as featured by T.I.)
Album: Paper Trail (2008)
Weeks On #1: 6

Live Your Life adalah single milik T.I. yang menampilkan Rihanna. Merupakan single ketiga milik T.I. untuk album keenamnya, Paper Trail. Single ini melakukan debutnya di tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 80. Namun pada minggu berikutnya melesat dengan merajai posisi puncak dan bertahan selama enam minggu. Sebuah prestasi yang luar biasa. Perpaduan rap T.I. yang bergelora dan vokal Rihanna yang berkarakter merupakan perpaduan yang tepat untuk mengantarkan single ini kepuncak populeritas. Dengan mengambil sampel lagu Dragostea Din Tei milik group-pop asal Rumania O-Zone, Live Your Life memang terdengar khas.

06. Rude Boy
Album: Rated R (2009)
Weeks On #1: 5

Rude Boy adalah single ketiga dari album keempat milik Rihanna, Rated R. dan satu-satunya yang menembus posisi puncak Billboard Hot 100. Namun dengan bercokol selama lima minggu, boleh dikatakan ini merupakan prestasi yang membanggakan dari Rihanna. Jika menyimak Rated R, maka kita bisa menarik kesimpulan jika Rude Boy adalah salah satu single yang paling easy listening untuk album tersebut. Dengan memadukan ragamuffin, pop and R&B, Rude Boy terdengar sangat adiktif. Debutnya di tangga lagu Billboard Hot 100 memang berada di posisi cukup buncit, 64. Setelah wara-wiri selama kurang lebih satu bulan, akhirnya Rude Boy pun berhasil menduduki posisi puncak. Dan tidak tanggung-tanggung pula karena mampu mendominasi selama 5 minggu.

05. Love the Way You Lie (as featured by Eminem)
Album: Recovery (2010)
Weeks On #1: 7

Love the Way You Lie adalah salah satu daru dua single yang menampilkan Rihanna sebagai featuring artist yang menembus posisi puncak. Kali ini giliran Eminem yang ditemani Rihanna sebagai penguasa chart Billboard Hot 100. Dan tidak tanggung-tanggung pula karena mereka mampu berdiam cukup lama, yaitu selama lima minggu. Single yang ditulis oleh Marshall Mathers, Alexander Grant, Holly Hafermann ini seperti biasa menampilkan gaya rap ala Eminem yang emosionil dan meledak-ledak, meski diawali dengan lirih. Rihanna sendiri hadir untuk mengisi porsi vokal pada chorus. Kerjasama yang padu diantara mereka terbukti mampu dalam menghasilkan sebuah single yang fenomenal.

04. Only Girl (In The World)
Album: Loud (2010)
Weeks On #1: 1

Setelah Rated R yang cukup gelap, akhirnya dalam album keempatnya, Loud, Rihanna kembali ke akar pop yang lebih berwarna dan ceria. Single pertamanya, Only Girl (In The World) mungkin adalah indikasinya. Ditulis oleh Crystal Johnson, Stargate dan Sandu Vee, single ini terasa sangat kental dengan pengaruh euro-pop. Beat-beat kencang ala music house membuat Only Girl (In The World) tidak hanya renyah dicerna, namun juga tepat menjadi latar dalam berdansa-dansi di klub. Single debut di Billboard Hot 100 pada posisi 75 dan setelah malang melintang sekitar 11 minggu, akhirnya posis juara pun takluk olehnya, meski hanya untuk satu minggu saja.

03. What’s My Name feat. Drake
Album: Loud (2010)
Weeks On #1: 1

Pada awalnya Drake hadir untuk versi remix What’s My Name. Namun akhirnya diputuskan untuk versi duetlah yang dimasukkan ke dalam albumnya. Belum cukup, What’s My Name pun dilepas sebagai single kedua untuk Loud. Memang sebuah pilihan yang tepat, karena kehadiran Drake mengisi bagian rap dalam prolog lagu menambah nuansa romantisme dari single ini. sementara itu vokal Riri dipuji disini karena berhasil memberikan jangkauan vokal yang luas daripada biasanya.  Dengan tempo medium, What’s My Name adalah salah satu single balada RnB yang sangat memorable.  Single ini debut di posisi 83 untuk Billboard Hot 100 dan pada minggu ketiganya berhasil menduduki posisi juara, meski hanya untuk seminggu saja.

02. S&M
Album: Loud (2010)
Weeks On #1: 1

Dua single dari album yang sama sekaligus berturutan bertengger di posisi puncak tampaknya belum merupakan kepuasan bagi Rihanna, karena ia masih menghajar Billboard Hot 100 dengan salah satu single dari album Loud, S&M. Single ini awalnya debut di posisi 53. Setelah cukup lama berada di jajaran tangga lagu tersebut, single menemukan momentumnya saat Britney Spears dihadirkan dalam versi remiks. Kombo vokal Rihanna dan Britney terbukti dahsyat karena berhasil mengantarkan S&M menjadi salah satu bagian dari koleksi single nomor satu milik Rihanna. S&M sendiri agak mengingatkan Disturbia, dimana elemen dance-pop yang kental mendominasi dan mengusung tema yang gelap dan sensual. Music videonya sendiri mengundang konroversi dan dilarang tayang oleh banyak negara karena dianggap vulgar.

01. We Found Love
Album: Talk That Talk (2011)
Weeks On #1: 8
and no sign of stopping!

We Found Love adalah single paling mutakhir Rihanna yang merupakan single pertama untuk album keenamnya, Talk That Talk. Kali ini ia bekerjasama dengan seorang DJ asal Skotlandia yang bernama Calvin Harris. Kerjasama mereka terbukti kompak dan sukses, karena We Found Love pun menuai keberhasilan dimana-mana. Meski secara umum Harris terasa lebih mendominasi dengan beat-beat dance elektronikanya sedang Rihanna mengisi bagian vokal yang cukup repetitif, namun ternyata We Found Love cukup mudah untuk dinikmati. Untuk Billboard Hot 100, We Found Love debut pada posisi 16 dan menjadi single denga posisi debut tertinggi kedua bagi Rihanna setelah duetnya bersama Eminem dalam Love the Way You Lie. Secara perlahan tapi pasti We Found Love pun mulai merambat naik. Pada minggu keenamnya, akhirnya ia pun berhasil merebut mahkota juara. Hebatnya lagi, sampai tulisan ini dibuat, yaitu minggu kedelapannya, We Found Love masih menduduki posisi tersebut dengan teguh, menumbangkan rekor Umbrella yang sempat bertahan selama tujuh minggu. Dengan keberhasilan ini, We Found Love sampai saat ini menubuhkan prestasi sebagai single nomor satu Rihanna yang paling lama bertahan. Apakah minggu depan Rihanna masih mampu mempertahankan posisinya? Kita lihat saja nanti.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply