Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Rolling Stones – Some Girls (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of The Day: The Rolling Stones – Some Girls (Deluxe Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Album Some Girls pertama kali dirilis oleh band legendaris, The Rolling Stones, pada tahun 1978 yang lalu dan sempat diedar ulang dalam bentuk CD untuk pertama kalinya pada tahun 1986 dan kemudian di tahun 1994 dirilis ulang dengan sebelumnya mengalami proses remastered . Pada tahun 2009 yang lalu, album ini kembali melakukan remastered dan juga re-realase. Seolah belum cukup, di tahun 2011 album ini kemudian dilempar lagi ke pasaran dalam versi yang cukup berbeda, karena hadir dalam keping ganda yang selain menampilkan materi asli, juga menyisipkan banyak lagu yang B-sides dan lagu-lagu yang tak dirilis circa pertama kali album ini beredar.

Tentu saja Some Girls bukan satu-satunya album The Rolling Stones (selanjutnya kita sebut The Stones saja) yang mengalami proses rilis ulang, namun pasti ada alasan mengapa album ini dirasa penting untuk selalu dihadirkan guna memberi updates kepada generasi-generasi yang berbeda. Sebagaimana kita ketahui bersama, supergroup asal Inggris ini, dengan vokalisnya yang kharismatis, Mick Jagger, telah hadir dalam industri musik hampir lima dekade lamanya. Dengan rentang waktu yang panjang seperti ini, tentu musik-musik yang dihadirkan oleh The Stones tidak selalu bisa merangkul pangsa pendengar yang lebih muda, sehingga tidak salah jika kemudian pihak label merasa perlu untuk merils ulang album-album kumpulan ini secara berkala untuk tetap dapat diakses secara bebas, baik oleh kalangan penggemar setia ataupun pendengar muda yang penasaran dengan musik khas ala The Rolling Stones yang telah membuat mereka populer.

Some Girls terdiri atas 10 lagu yang menampilkan The Stones dalam berbagai jenis lagu, mulai dari soul, blues, country, dan tentu saja rock. Di rilis di tengah krisis eksistensi yang tengah mereka hadapi. Karir mereka telah berjalan sepanjang dua puluh tahun lebih. Stagnan mungkin tengah menghinggapi. Dan kehadiran band-band baru serta aliran punk-rock yang semakin mewabah mengancam untuk meminggirkan The Stones dari peta musik. Untunglah The Stones bukan band sembarangan. Mereka kumpulan kampiun yang kenyang dengan pengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi. Tidak heran, saat Some Girls rilis, sambutan yang sangat positif pun bergaung dimana-mana dan menjadikan album ini sebagai album dengan penjualan terbaik mereka dan bahkan diklaim sebagai album terbaik mereka yang terakhir hingga saat ini.

Ada empat single yang dilepas untuk album ini, Miss You yang kental dengan aroma disco-funk, Beast of Burden yang sangat soulful, semangat rock n roll dalam Repectable dan tak segan menangkap semangat punk yang tengah mewabah dalam Shattered. Tapi Some Girls tidak melulu single-single ini, akan tetapi juga dipenuhi oleh banyak lagu-lagu kuat yang begitu menyenangkan untuk disimak. Simak saja nomor-nomor rock, baik bertempo sedang maupoun kencang yang memenuhi album dan jangan lupa Far Away Eyes dalam tone country yang pekat. Yang istimewa adalah proses remastering yang istimewa, karena kali ini kita dapat mendengarkan lagu-lagu yang terdapat dalam Some Girls dengan kualitas mentereng dan sound yang sangat jernih sehingga artikulasi setiap lagu dapat disimak dengan sempurna, tanpa harus menghilangkan kesan vintage yang menjadi cirikhas album yang dirilis lebih dari 30 tahun yang lalu ini.

Bagaimana dengan lagu-lagu yang terdapat dalam keping kedua? Jangan kuatir, karena mereka pun mendapat perlakuan yang sama, sehingga kita yang mungkin kurang familiar dengan 12 lagu yang terdapat disini dapat menyimaknya dengan baik. Meski lagu-lagu ini merukan track yang tidak dirilis, namun beberapa sempat beredar di kalangan fans melalui perantaraan album bootleg, sehingga mungkin tidak semuanya terasa asing di pendengaran. Meski demikian pilihan lagu-lagu yang terdapat dalam keping kedua ternyata cukup mampu menjawab kualitas yang terdapat dalam keping pertama, dalam arti memiliki komposisi yang tak kalah berkelas dan menarik. Bahkan disini The Stones hadir dalam konsep yang cenderung dekat dengan akar musik mereka, yaitu rock n roll, meski tentu saja country, blues dan soul masih menjadi arsiran yang ekstensif dipakai. Sungguh istimewa.

Some Girls adalah salah satu album klasik milik The Rolliing Stones. Dan dengan hadirnya album ini yang disisipi oleh koleksi lagu yang tak dipublikasi sebelumnya menambah kaya materinya. Dengan semakin jarangnya rilisan album terbaru dari The Rollling Stones (terakhir adalah The Bigger Bang di tahun 2005), jelas pilihan untuk mengkoleksi album-album lama mereka yang dipoles ulang merupakan pilihan yang tepat. Uniknya, meski mengalami polesan ulang, kita tidak perlu merasa takut jika album ini akan mengalami kemunduran dari sisi nostalgia karena proses remasterisasi sama sekali tidak mengkhianati bentuk aslinya, malah mempertebal kesan mendalam. Dengan album ini kita pun dapat menjadi saksi betapa luar biasanya kekuatan musikalitas yang dimiliki oleh The Rolling Stones dan membuktikan jika mereka bisa menghasilkan album yang tak lekang oleh zaman dan bisa diapresiasi pada dekade apa pun. Klasik!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
Disc 1:
1. Miss You 4:48
2. When The Whip Comes Down 4:21
3. Just My Imagination (Running Away With Me) 4:38
4. Some Girls 4:36
5. Lies 3:11
6. Far Away Eyes 4:24
7. Respectable 3:07
8. Before They Make Me Run 3:25
9. Beast Of Burden 4:25
10. Shattered 3:46

Disc 2:
1. Claudine 3:42
2. So Young 3:18
3. Do You Think I Really Care 4:22
4. When You’re Gone 3:51
5. No Spare Parts 4:30
6. Don’t Be A Stranger 4:06
7. We Had It All 2:54
8. Tallahassee Lassie 2:37
9. I Love You Too Much 3:10
10. Keep Up Blues 4:20
11. You Win Again 3:00
12. Petrol Blues 1:35

Related posts

Leave a Reply