Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 23 January
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 23 January 

Train (Single / Sony Music Entertainment) – Drive By *
Single terbaru Train, Drive By, lagi-lagi akan membawa kita dalam pengalaman mendengarkan lagu yang seru. Meski rasanya bergerak cukup jauh dari akar rock mereka, karena dominasi pop yang jauh lebih tebal, namun tetap saja Drive By adalah bukti kegemilangan Train dalam mengkomposisikan sebuah lagu. Dalam durasi 3:16 kita akan diajak oleh Train untuk menggerakkan badan dalam lagu ini. Temponya yang bergerak cepat memang cocok untuk itu. Dengan mengandalkan irama yang sedikit groovey, Drive By, mungkin bisa kita sebut sebagai single dance milik Train. (8/10)

Rihanna feat. Jay-Z (Alb. Talk That Talk / Def Jam) – Talk That Talk
Setelah mega-hit Umbrella, Rihanna kembali mengajak rapper Jay-Z untuk membantunya dalam sebuah lagu. Kali ini mereka hadir berkejasama dalam Talk That Talk yang merupakan single ketiga untuk album yang berjudul sama. Kesan futuristik yang dibawa oleh arsiran synthesizer memenuhi atmosfir single ini dengan kental meski RnB dan Hip-Hop masih menjadi dasar bagi iramanya. Tempo medium mengizinkan Riri untuk bernyanyi dengan aksen Jamaica. Jay-Z sendiri hadir dengan gaya khasnya. Drum yang rapat membuat single ini berjalan seperti berderap. Seru dan berkarakter. (8/10)

Santigold (Alb. Master of My Make Believe / Roc Nation) – Big Mouth
Empat tahun hiatus, tiba-tiba saja Santigold muncul dengan memberi kado istimewa, single baru yang diberikan secara gratis! Yep, pada tahun ini Santigold akan hadir kembali dengan album keduanya yang berjudul Master of My Make Believe. Dan sebagai teaser, ia pun megizinkan kita untuk mendengarkan Big Mouth dengan cuma-cuma, yang dapat diperoleh melalui situs resminya, per tanggal 17 Januari, lengkap dengan video klip yang dapat diakses melalui YouTube. Agak mengherankan juga kenapa Santigold menggratiskan single ini karena Big Mouth memiliki materi yang sangat kuat. Sebuah fusi gemilang antara dubstep, elektro-pop, tribal, dan moombathon, dan dijamin mampu membuat kita menggerakkan badan mengikuti iramanya. (8/10)

Miike Snow (Alb. Happy To You / Columbia) – Paddling Out
Setelah memberi kita teaser dengan Devil’s Work sebagai single promo, akhirnya Miike Snow pun akan merilis Paddling Out sebagai single pertama untuk album kedua mereka, Happy To You. Single Paddling Out yang premier pertama kali pada tanggal 19 Januari melalui jaringan Radio 1, masih menampilkan eklektik bermusik trio Christian Karlsson, Pontus Winnberg (yang juga tergabung dalam duo Bloodshy & Avant) dan Andrew Wyatt. Kali ini synth terasa lebih mendominasi, sehingga terdengar seperti sebuah lagu elektro-pop, meski dengan tempo sedang dan vokal moody, membuat Paddling Out terdengar agak gelap dan berat. (8/10)

Ed Sheeran (Alb. + / Warner) – Drunk
Sebenarnya tidak heran jika Ed Shreean melepas Drunk sebagai single terbarunya karena lagu yang ditulis oleh Sheeran dan Jack Gosling ini memang memiliki materi yang kuat. Meski Sheeran bernyanyi dengan kecepatan yang rapat, sedikit menyentuh ranah rap, dan begitu juga dengan tempo yang diusung oleh lagunya, namun saat ia dengan lirih bernyanyi pada bagian bridge, kita pun tahu bahwa ini sebenarnya adalah lagu sendu yang dinyanyikan dengan riang. Drunk juga merupakan pembuktian jika Ed Shreeran merupakan seorang penyanyi dengan vokal yang versatil. (8/10)

Van Halen (Alb. A Different Kind of Truth / Interscope) – Tattoo
Tahun ini tepat 40 tahun Van Halen berkarir dalam industri musik. Untuk merayakannya mereka merilis album ke 12 mereka yang berjudul A Different Kind of Truth. Mendengarkan single pertama mereka, Tattoo, terdapat kesan seolah-olah Van Halen terperangkap dalam masa lalu dan tak pernah keluar, karena semua ciri khas mereka sebagai grup hard-rock ternama masih melekat dengan erat. Mulai dari vokal yang parau dan raungan gitar elektrik dalam tempo sedang yang sedikit berlarat. Mungkin bagi generasi sekarang, lagu ini kurang menarik perhatian, namun bagi penikmat lama atau bagi yang ingin menyimak Van Halen, Tattoo mungkin dapat memuaskan keinganan tersebut. Single dirilis pada tanggal 7 Januari. (7/10)

Dappy feat. Brian May (Alb. No Regrets / Universal Island Records) – Rockstar
Setelah keberhasilan No Regret, rapper Inggris berdarah Yunani, Dappy mencoba kembali mendulang sukses dengan single keduanya, Rockstar, yang akan dirilis pada tanggal 26 Februari mendatang. Berbeda dengan No Regret, dalam Rockstar, Dappy meningkatkan intensitas dalam sebuah single yang dipenuhi oleh semangat dan tempo yang cepat. Kehadiran gitaris legendaris Brian May mengisi gitar solo memberi pengaruh rock yang kental, sesuai dengan tema yang diusungnya. Dappy pun kini ngerap dengan penuh enerji dan intens, memadu antara Hip-Hop dan rock, yang akhirnya membuat single ini terdengar fresh and fun. (8/10)

K’Naan feat Nas (EP. More Beautiful Than Silence / A&M) – Nothing To Lose
Meski rapper Kanada berdarah Somalia, K’naan belum menunjukkan indikasi akan merilis album terbarunya, namun pada tanggal 24 Januari ia sudah bersiap-siap untuk merilis EP yang berjudul More Beautiful Than Silence dan berisi lima lagu, termasuk Nothing To Lose yang menampilkan rapper Nas yang mengisi bagian verse dari lagu riang ini. Seperti biasa, K’naan tampil dengan santai, baik saat ngerap ataupun bernyanyi. Dengan hook yang catchy, lagu bertempo sedang ini terdengar sangat mengasyikkan untuk disimak dan tanpa sadar sudah ikut dalam iramanya. (8/10)

All-American Rejects (Alb. Kids In The Street / Interscope) – Beekeeper’s Daughter
Hampir sepuluh tahun setelah album debut mereka dan All-American Rejects (AAR) masih setia pada konsep modern-rock yang mereka usung. Kali ini, untuk single pertama bagi album keempat mereka, Beekeeper’s Daughter, AAR tampil dengan sedikit berbeda. Tentu saja rock masih mendominasi musik mereka, akan tetapi melalui single yang ditulis oleh Nick Wheeler dan Tyson Ritter, mereka mencoba untuk hadir dengan lebih santai. Ini dapat dilihat dalam tempo yang bergerak dalam konsep medium dan sedikit mengalun, sedikit mengingatkan akan corak reggae. Unsur pop pun kemudian terasa mendominasi, menemani gaya santai Ritter dalam bernyanyi. Single ini akan dirilis pada tanggal 31 Januari nanti. (8/10)

StooShe feat. Travie McCoy (Alb. Sticks &
Roundabouts / Warner Music) – Love Me

Trio asal Inggris, StooShe, yang terdiri atas Alexandra Buggs, Karis Anderson dan Courtney Rumbold melepas Love Me sebagai single perdana untuk album debut mereka, Sticks & Roundabouts. Single ini memang masih cukup lama akan dirilis, tepatnya pada tanggal 5 Maret nanti, akan tetapi StooShe tampaknya tidak sabar lagi ingin memperkenalkan diri mereka ke khalayak luas. Vokal mereka memang khas dan berkarakter, ditambah pula dengan aksen Inggris yang kental, sehingga tidak heran jika Love Me dapat mengalir dengan kekuatan vokal yang prima. Nilai plus adalah kehadiran Travie McCoy di bagian rap, membuat lagu bercorak pop-retro-soul ini cukup menggelitik untuk didengar.  (7/10)

Krissy & Ericka (Alb.Twelve: Fifty One / MCA Music) – 12:51
Filipina ternyata tak kalah produktif dalam menghasilkan sensasi YouTube. Namun patut dipuji karena rata-rata artis dadakan asal situs media terbesar tersebut memiliki kualitas vokal yang kuat, termasuk juga duet kakak beradik Krissy & Ericka Villongco, yang kemarin sempat singgah di Jakarta sebagai opening Act konser AJ Rafael. Pilihan musik akustik yang mereka bawakan mungkin agak sedikit mengingatkan akan Sabrina, namun kelebihan mereka adalah memiliki materi lagu orisinil yang diharapkan dapat dinikmati oleh para (calon) pendengar mereka, seperti halnya 12:51 ini. Vokal Krissy & Ericka yang merdu dan bening mengalun lembut bersama melodi yang cantik. Ditunjang dengan harmonisasi vokal yang padu, membuat single ini terdengar begitu manis. Single ini terdapat dalam album kedua mereka, Twelve: Fifty One, yang tentu saja masih menampilkan beberapa materi cover-version selain lagu-lagu asli. Albumnya sendiri telah dirilis pada tanggal 12 Januari yang lalu di Filipina dan segera rilis di Indonesia. (8/10)

Special Thanks To Juleee, Wibi, Haris, Dickey, dll

Related posts

Leave a Reply