Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 30 January
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 30 January 

John Legend feat. Ludacris (OST. Think Like A Man / Sony Music) – Tonight (Best You Ever Had)
Terakhir kali John Legend mengeluarkan album solo adalah Revolver di tahun 2008. Tanpa terasa ternyata sudah empat tahun berlalu. Jangan risau, karena di tahun ini Legend berniat merilis album terbarunya. Sebagai pemanasan kita simak dahulu single Tonight (Best You ever Had) yang terdapat dalam album soundtrack film Think Like A Man ini. Single yang akan dirilis tanggal 31 Januari ini masih mengizinkan kita untuk menyimak vokal seksi Legend yang masih bernyanyi dengan intim seperi biasanya. Dan Tonight (Best You Ever Had) pun dengan berani menampilkan aransemen yang menunjang untuk itu. Intim dan sensual. Lembut dan mengalun. Pemilihan atmosfir yang mengambang memberi aksentuasi yang sesuai dengan tema lagunya. Meski kehadiran rap Ludacris sebenarnya tidak terlalu penting, namun tidak terasa mengganggu. (9/10)

T Mills (EP.Leaving Home / Sony Music) – Vans On *
T.Mills yang punya nama asli Travis Tatum Mills ini berasal dari Riverside, California, USA. Dengan berbekal beberapa software musik di kamarnya, Mills memulai karirnya dengan merilis sendiri materi-materinya secara online. Cukup sukses dengan Vans Warped Tour di tahun 2009, Mills selanjutnya dikontrak oleh Uprising Records yang sempat merilis albumnya di tahun 2010, dan di tahun lalu, dia merilis sendiri albumnya “Leaving Home”. Kini, Sony Music Indonesia mencoba merilis single ‘Vans On’ yang punya durasi cukup singkat ini, dengan gaya nyanyi Rap, Hip Hop nya yang cukup santai khas T.Mills. (7/10)

Emeli Sandé (Alb. Our Version of Events / Virgin) – Next To Me
Album debutnya, Our Version of Events, belum dirilis, namun Emeli Sandé sudah bersiap dengan single ketiganya, Next To Me yang akan dirilis pada tanggal 12 Februari nanti, tepat sehari sebelum perilisan albumnya tersebut. Dengan Next To Me sekali lagi kita akan mendengarkan vokal powerful milik Sandé. Namun bukan hanya itu saja kelebihan single ini. Perpaduan antara rock, soul dan RnB menjadikan Next To Me terdengar sangat khas dan mencolok perhatian. Degup drum yang penuh dengan semangat mengantarkan Sandé yang bernyanyi dengan penuh penghayatan. Sesuatu yang mentah menjadi ciri khas rock mewarnai lagu secara keseluruhan, sementara vokal Sandé terdengar sangat soulful, dan didukung pula oleh choir yang menjadi latar belakang. Jelas debut album Sandé sangat layak untuk ditunggu. (8/10)

K’Naan feat. Nelly Furtado (EP. More Beautiful Than Silence / A&M) – Is Anybody Out There
Pilihan K’Naan mengajak Nelly Furtado untuk menemaninya dalam menyanyikan Is Anybody Out There mungkin adalah pilihan yang tepat, karena Furtado mampu menyanyikan bagiannya dengan nuansa rapuh seperti yang diinginkan oleh tema lagunya. Yep, meski memakai tempo yang cukup kencang, namun single ini bercerita tentang kepedihan dalam kesendirian. Gemuruh aransemen mengantarkan pilihan nadanya bertendensi menjadi anthem. Sebuah anthem yang galau tampaknya. Sebenarnya tidak ada yang begitu istimewa dengan Is Anybody Out There, sebagaimana kebanyakan lagu rap dengan vokal sebagai teman pengiring, akan tetapi duet K’Naan dan Furtado begitu padu dalam menyanyikan esensi lagunya, sehingga tanpa perlu upaya keras bagi kita untuk larut di dalamnya. Lagunya sendiri cukup sederhana untuk dapat dimengerti. Dan sangat catchy untuk di dengar berulang-ulang. (9/10)

Sean Paul (Alb. Tomahawk Technique / Atlantic) – Hold On
Hold On adalah single ketiga yang dirilis Sean Paul untuk album kelimanya, Tomahawk Technique. Single yang akan dirilis pada tanggal 30 Januari ini masih menangkap nuansa reggae Jamaica yang merupakan karakter khas Sean Paul. Akan tetapi kali ini Sean Paul mencoba untuk tampil dengan tone yang lebih lembut dan subtil, terutama pada bagian bridge. Secara keseluruhan masih menampilkan beat-beat reggae dengan arsiran dancehall, namun tampaknya single ini mencoba menahan diri untuk tidak terdengar terlalu gegap gempita, melainkan melantun. Gitar elektrik yang hadir mengiringi pun terdengar lebih mengalun senyap ketimbang riuh. Meski agak repetitif, namun kita tidak bosan mendengarkan Sean Paul yang bernyanyi layaknya mantera. (8/10)

Spector (Single / Fiction) – Chevy Thunder *
Band alternative rock asal London, Spector, akhirnya mendapatkan kontrak bersama label Fiction, yang merupakan subsidiary dari Universal dan akan bersiap merilis album debut mereka. Dan Chevy Thunder merupakan single pertama yang dirilis oleh kumpulan lima anak muda ini. Chevy Thunder adalah sebuah pop-rock yang agak mengingatkan akan kejayaan The Killers atau The Strokes. Sedikit garage rock, sedikit indie-pop dan melantun dengan nada-nada yang melodik dan saat Frederick Macpherson bernyanyi, Chevy Thunder pun terdengar seperti anthem semangat muda yang seru. Semua yang kita harapkan dari kejayaan British Rock kita dapatkan disini. Single akan dirilis pada tanggal 27 Februari 2012. BBC mengumumkan kalau Spector dinominasikan di polling BBC’s Sound of 2012 dan Spector resmi menjadi support act untuk “Florence + The Machine” di bulan Maret 2012. (8/10)

Ian Carey & Rosette feat. Timbaland and Brasco (Single / GFAB) – Amnesia
Amnesia adalah single ke delapan belas yang dirilis oleh DJ asal America, Ian Carey. Memang, semenjak pertama kali melepas single pertama di tahun 2002, Carey belum memiliki album studio penuh seperti beberapa DJ populer lainnya. Namun dengan konsistensi merilis single, bukan tidak mungkin ia akan memiliki album sendiri. Amnesia sendiri masih hadir dalam gaya house yang merupakan subgenre yang dipilih oleh Carey, namun dengan kehadiran Timbaland, mau tidak mau ada sedikit pengaruh Hip-Hop dan RnB pada single ini. Bahkan single dibuka dengan gaya khas ala Timbaland. Tampaknya Carey pun tak mau kalah dengan trend mengajak rapper untuk bekerjasama, setelah sebelumnya ia mengajak Snoop Dogg dalam single Last Night. Porsi rap sendiri mayoritas diisi oleh Brasco dan vokal solo diisi oleh Rosette. Meski hadir dalam tipe dance-house yang tipikal, namun Amnesia bolehlah menjadi teman bergoyang. (7/10)

Marcus Collins (Single / RCA) – Seven Nations Army
Rasanya Seven Nations Army milik The White Stripes sudah dapat disebutkan sebagai salah anthem rock-n-roll kontemporer. Jadi bukan sesuatu yang mengherankan jika ada yang menyanyikan kembali dan memberi interprestasinya terhadap lagu tersebut, begitu juga dengan yang dilakukan oleh Marcus Collins, sang runner-up The X-Factor Inggris tahun lalu. Dengan warna vokalnya yang kental dengan corak soul, Collins membawa tembang disco-indie tersebut dalam lagu yang (tentu saja) lebih soulful. Meski demikian rasa-rasanya Collins juga tak membawa sesuatu yang berbeda dalam interprestasinya. Single ini akan dirilis pada tanggal 4 Maret, dan akan menyusul kemudian perilisan album debut Collins pada tanggal 12 Maret. (7/10)

Gabriella Cilmi (Single / Universal) – Vicious Love
Singer/songwriter asal Australia yang sebelumnya kita kenal dengan 2 album nya “Lesson To Be Learned” (2008) dan “Ten” (2010) ini kembali untuk merelease album ke-3 nya di tahun ini. Masih belum ada judul dan jadwal rilis yang pasti, tapi setidaknya Gabriella sudah bilang kalo album ini bakal kembali seperti album pertamanya, yang lebih pop-folk, ketimbang album keduanya yang lebih dance-pop. Gabriella juga sudah merilis video untuk lagu ini “Vicious Love” tanggal 20 Januari lalu, tapi hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi apakah bakal dirilis sebagai single pertama atau sekedar promotional single. (7/10)

Cover Drive (Alb.Bajan Style / Polydor) – Twilight
Band baru Cover Drive ini beranggotakan Amanda Reifer, T-Ray Armstrong, Barry ‘Bar-Man’ Hill dan Jamar Harding yang berasal dari negara sama dengan Rihanna, Barbados. Mereka akan merilis debut albumnya “Bajan Style” dibawah label Polydor dalam tahun ini. Dan single keduanya “Twilight” yang ditulis oleh mereka dan diproduseri oleh Quiz & Larossi ini sudah dirilis tanggal 22 Januari dan berhasil jadi Jawara di UK Official Charts minggu ini! Dengan mixed antara R&B dan Electropop dengan ciri khas Barbados style yang unik. (8/10)

Jin Akanishi (Alb. JAPONICANA / Warner Music) – Sun Burns Down
Rasanya pilihan Jin Akanishi untuk tampil dalam nomor elektro-pop uptempo dalam Sun Burns Down untuk single keduanya dalam debut Amerikanya cukup tepat, karena terbukti single yang dirilis pada tanggal 26 Januari ini langsung menduduki posisi puncak iTunes Dance Album Chart. Mengandalkan beat yang mengentak serta aransemen yang mudah dicerna dan hook dalam chorus, memang mudah untuk langsung menyukai single ini. Patut dipuji untuk pilihan menghindarkan penggunaan autotunes secara berlebihan untuk “mempercantik” vokal Akanishi yang tipis, sehingga Sun Burn Downs tidak terdengar terlalu jenerik. Fun and enjoyable. (8/10)

Special Thanks to Juleee, Haris, Dickey, dll..
Vote for your Exclusive Single here..

Related posts

Leave a Reply