Trending News

Blog Post

January Artist Highlight – The Rolling Stones
Reviews

January Artist Highlight – The Rolling Stones 

Senangnya salah satu band Rock & Roll terbaik di dunia hadir di spotlight Artist Highlight kita Januari ini. The Rolling Stones yang membentangkan karir musik mereka sedari 1962 hingga saat ini akan memperkenalkan musik mereka pada generasi sekarang lewat “Some Girls”. Ini adalah item baru dalam diskografi mereka untuk memperkenalkan diri pada penikmat musik generasi masa kini. Sehingga tidak ada masa yang luput dari keberadaan The Rolling Stones, sehingga musik mereka terus menggema.

Brian Jones, Ian Stewart, Mick Jagger, Keith Richards, Bill Wyman, dan Charlie Watts adalah formasi awal mereka saat dibentuk pada bulan April tahun 1962 di London, Inggris. Band ini “dipimpin” oleh Jagger dan Richards sebagai pencipta lagu-lagunya, dan hingga saat ini mereka berdualah yang tetap bertahan dalam formasi The Rolling Stones. Dengan gaya Jagger dan bibirnya menjadi penanda utama, band ini mendunia. Keberhasilan musik mereka di Eropa pada dekade 60-an membawa mereka pada keberhasilan menginvasi Amerika sebagai British Invasion pada dekade yang sama. Band ini tidak henti menuai prestasi. Tak hanya album rekaman mereka yang laku terjual, tapi juga nama The Rolling Stones yang terus meroket. Tahun 1989, mereka masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. Tahun 2004, duduk di peringkat 4 dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time versi majalah Rolling Stone. Dan di tahun 2008, band ini mendapat rangking 10 dalam daftar Hot 100 Top All-TimeArtists versi majalah Billboard. Kenangan ini yang akan terjaga sepanjang masa dan tak boleh lapuk termakan usia.

Dalam rentang karir yang hampir setengah abad, The Rolling Stones mengoleksi lebih dari 100 single dan lebih dari dua lusin album studio. Juga sejumlah album kompilasi dan live yang mereka punya. Dari debut single ‘Come On’ yang dirilis pada 7 Juni 1963 hingga ‘No Spare Parts’ yang rilis di 13 November 2011, dari debut album “The Rolling Stones” hingga “Some Girls (2011 Reissue)” ini, band legendaris ini mencatat penjualan rekaman melebihi angka 200 juta di seluruh dunia. Pantaslah gelaran Lifetime Achievement Award mereka peroleh dari beberapa penghargaan musik bergengsi; Grammy di tahun 1986 dan MTV Video Music Awards di 1994. Band berlogo mulut terbuka dan lidah yang menjulur ini juga mengoleksi lusinan hits populer. ‘Paint It, Black’, ‘You Can’t Always Get What You Want’, ‘It’s Only Rock’n Roll (But I Like It)’, ‘Jumpin’ Jack Flash’, ‘Gimme Shelter’, ‘Wild Horses’, ‘Play With Fire’, ‘Start Me Up’, ‘(I Can’t get No) Satisfaction’, dan masih banyak lagi.

The Rolling Stones maupun Mick Jagger kerap ditampilkan dalam beberapa tayangan masa kini sebagai tribute dan pengingat betapa jayanya mereka. American Idol Season 9 putaran final dibuka dengan menampilkan lagu-lagu yang bertemakan band ini. Di tahun 2011 saja ada 2 single sukses yang membawa-bawa nama “Jagger”; ‘Moves Like Jagger’ dan ‘Swagger Jagger’. Plus, tahun ini “Some Girls” dihadirkan kembali dalam “Deluxe Remastered Edition” sebagai gerbang pengenalan legenda besar The Rolling Stones kepada generasi penikmat musik masa kini. Album yang originalnya dirilis pada 9 June 1978 menperoleh peak di puncak Billboard 200 pada masa itu, dan tercatat pula sebagai salah satu album tersukses mereka dan disertifikasi 6 platinum di Amerika Serikat.

Jagger bertutur tentang album ini: “The inspiration for the record was really based in New York and the ways of the town. I think that gave it an extra spur and hardness. And then, of course, there was the punk thing that had started in 1976. Punk and disco were going on at the same time, so it was quite an interesting period. New York and London, too. Paris—there was punk there. Lots of dance music. Paris and New York had all this Latin dance music, which was really quite wonderful. Much more interesting than the stuff that came afterward.” Dan sekarang kesempatan baik buat kita untuk membuka lebar telinga dan mendengarkan this fine record! Oh, there’s no January like this 2012 January as The Rolling Stones is here as Artist Highlight!

Intro by: Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor

Related posts

Leave a Reply