Trending News

Blog Post

Album of The Day: Feist – Metals
Album of The Day

Album of The Day: Feist – Metals 

Released by: Universal Music Indonesia

Just lets say this, Feist perhaps among current singers whose have the least interest into making pulpy or hook chained songs, but her popularity is never the least. Bukan juga dia seorang mega-bintang yang memiliki fans segudang, karena kepopuleran yang diperolehnya memang berasal dari kalangan yang terbatas, namun jangan ragukan dalam militansi mereka terhadap Feist. Berbekal dua album yang dirilis secara luas, penyanyi asal Kanada yang bernama Leslie Feist ini, ternyata cukup mampu untuk menyedot pendengar yang cukup setia. Lantas apa yang ditawarkan oleh Feist dalam album terbarunya yang berjudul Metals?

Jeda empat tahun setelah The Reminder (2007) membuat Feist kini tertarik untuk menggali sisi rock dalam dirinya. Jangan bayangkan dia menyanyikan lagu-lagu metal, tentu saja, karena versi keras menurut Feist tentu saja masih dalam koridor indie-folk-pop-rock yang kita kenal dari dirinya. Track pembuka, The Bad in Each Other atau A Commotion mungkin contoh dimana Feist tampil dengan cukup gahar dan memberi aksentuasi yang cukup kental dalam tempo yang cepat, ketukan drum dan riff gitar, namun secara keseluruhan, lagu-lagu lembut masih mendominasi album ini.

Graveyard yang tampil minimalis memberi kesan depresif, namun jika didengarkan dengan mood yang tepat akan menjadi sebuah anthem galau yang masif. Sementara How Come You Never Go There, yang merupakan single pertama untuk album ini, mencoba untuk mengkolaborasikan blues dalam musikalitas Feist dan ternyata cukup padu dalam memberikan sensasi eklektik. The Circle Married the Line menampilkan Feist dalam vokal yang intim, personal dan manis menghanyutkan dalam Bittersweet Melodies. Jangan lewatkan penampilan country ala Feist dalam Cicadas and Gulls, namun dihadirkan dengan lebih lembut dan subtil.

Meski tetap menjaga jarak dengan aransemen-aransemen yang populer, namun dalam Metals, Feist rasanya cukup percaya diri dengan menghadirkan materi-materi yang lebih ringan dan gampang dicerna. Pilihan untuk menghadirkan sound yang lebih organis membuat Metals terdengar sedikit berbeda dengan album-album sebelumnya. Komposisi dihadirkan dengan melodi-melodi manis yang ringan namun tidak pernah berupaya agar benar-benar menciptakan sebuah pop-anthem yang bergerak dalam arus utama (baca: lagu-lagu penuh hooks).

Bisalah kita sebutkan jika Metals adalah album yang memberi Feist untuk tampil dengan artikulasi bermusik yang lebih dinamis dan dipenuhi dengan elemen folk yang lebih ekstensif dari biasanya. Tentu saja wajar jika seorang artis selalu mencoba untuk memberi pembeda yang signifikan antara album satu dengan lainnya untuk menunjukkan kreatifitas seni mereka, namun Feist memastikan bahwa semua ciri khas dirinya yang dikenal oleh fans masih akan ada. Dan Metals pun hadir untuk memuaskan dahaga akan kerinduan terhadap lagu-lagu cantik ala Feist.

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Bad in Each Other” Leslie Feist 4:44
2. “Graveyard” Leslie Feist, Mocky, Chilly Gonzales 4:17
3. “Caught a Long Wind” Leslie Feist, Mocky, Chilly Gonzales 4:54
4. “How Come You Never Go There” Leslie Feist 3:24
5. “A Commotion” Leslie Feist 3:53
6. “The Circle Married the Line” Leslie Feist, Brian LeBarton 3:22
7. “Bittersweet Melodies” Leslie Feist, Mocky 3:56
8. “Anti-Pioneer” Leslie Feist 5:33
9. “Undiscovered First” Leslie Feist 4:58
10. “Cicadas and Gulls” Leslie Feist 3:16
11. “Comfort Me” Leslie Feist 4:04
12. “Get It Wrong, Get It Right” Leslie Feist 3:39

Related posts

Leave a Reply