Trending News

Blog Post

Album of The Day: Grammy Nominees 2012
Album of The Day

Album of The Day: Grammy Nominees 2012 

Released by: Universal Music Indonesia

Sudah siap dengan penghargaan musik paling bergengsi di muka bumi ini? Grammy Awards ke 54 akan diselenggarakan pada 12 Februari 2012 di Staples Center di Los Angeles. Jargon “Music’s Biggest Night” yang disandangnya terjaga hingga tahun ke-54 sebagai penghargaan musik yang paling berpengaruh sekaligus populer. Sejak tahun 1995 hingga saat ini, album kompilasi unggulan Grammy dibuat sebagai suvenir dari penghargaan tersebut. “Grammy Nominees 2012” punya 22 track di dalamnya, terbanyak kedua setelah tahun 2007 yang punya 23 track. Selain banyak, lagu-lagu tersebut juga berasal dari berbagai genre. Layaknya field yang ada dalam penghargaan, album ini juga menyoroti beberapa field yang ada; pop, rock, country, dance, alternative, juga rap.

Kecermatan merupakan hal utama yang harus diterapkan dalam memilih track untuk diikutsertakan dalam album kompilasi ini. Album kompilator tampaknya sudah menerapkan hal demikian, terlihat dari keberagaman sound yang ada. Tapi jikalau ditarik benang merah dari kesemuanya, yang terekspos dalam album ini adalah 4 kategori yang seluruh nominatornya muncul; Record Of The Year, Album Of The Year, Best New Artist, dan Best Pop Duo/Group Performance, serta 1 kategori yang hampir semua nominatornya muncul; Best Country Album (minus George Strait).

Superhit yang menjadi favorit agaknya terletak pada lagu-lagu yang diunggulkan dalam Record Of The Year; ‘Rolling In The Deep’ oleh Adele, ‘Holocene’ oleh Bon Iver, ‘Grenade’ oleh Bruno Mars, ‘The Cave’ oleh Mumford & Sons, dan ‘Firework’ oleh Katy Perry. Galau berjaya ya di kategori ini, meskipun enggak semua ya tapi mendominasi. Dan resmilah sudah kalau yang namanya galau adalah trend dalam setahun terakhir yang menyerang apa saja dimana saja. Untuk Album of the Year, pilihan single yang dimasukkan dalam album ini adalah lagu yang juga dinominasikan di kategori lain. Seperti ‘Rolling In The Deep’ oleh Adele dan ‘Grenade’ oleh Bruno Mars yang juga ada di ketagori Record of the Year dan Song of the Year, ‘Walk’ oleh Foo Fighters yang juga ada di kategori Best Rock Performance dan Best Rock Song, ‘You And I’ oleh Lady Gaga yang juga ada di kategori Best Pop Solo Performance, dan ‘What’s My Name (feat. Drake)’ oleh Rihanna yang juga ada di kategori Best Rap/Sung Collaboration.

Sedangkan untuk sound serupa, dalam kategori pop dan country disajikan dalam album ini. ‘Body And Soul’ oleh Tony Bennett & Amy Winehouse, ‘Dearest’ oleh The Black Keys, ‘Paradie’ oleh Coldplay, ‘Pumped Up Kicks’ oleh Foster The People, dan ‘Moves Like Jagger’ oleh Marron 5 feat. Christina Aguilera kesemuanya hadir memperebutkan gelar Best Pop Duo/Group Performance. ‘Don’t You Wanna Stay (with Kelly Clarkson)’, oleh Jason Aldean, ‘Drink In My Hand’ oleh Eric Church, ‘Just A Kiss’ oleh Lady Antebellum, ‘Honey Bee’ oleh Blake Shelton, dan ‘Mean’ oleh Taylor Swift yang kesemuanya (berikut George Strait) akan berebut piala untuk kategori Best Country Album.

Jauh lebih bervariasi kategori Best New Artist yang memang diambil dari berbagai field yang ada. Tahun ini R&B diwakili oleh J. Cole, dance diwakili oleh Skrillex, alternative diwakili oleh Bon Iver, rap diwakili oleh Nicki Minaj, dan country diwakili oleh The Band Perry. Masing-masing dengan lagu ‘Work Out’, ‘Scary Monsters And Nice Spirits’ (juga dinominasikan dalam Best Dance Recording), ‘Holocene’ (juga dinominasikan dalam ‘Record Of The Year dan Song Of The Year), ‘Superbass’, dan ‘If I Die Young’.

A story about this album is Kanye West. Peraih nominasi terbanyak Grammy tahun ini tak hanya dibingungkan dengan banyaknya nominasi yang ia terima namun luput dari kategori Album of the Year, tapi dirinya pun tidak mendapat satu tempatpun di antara 22 yang tersedia dalam album ini. Meskipun dihadirkan dalam album bukan berarti jaminan kemenangan pada malam penghargaan nantinya, justru sangat disayangkan nama yang tercatat dalam rekaman 54th Grammy Awards ini justru tidak tercetak dalam suvernir albumnya. But not to worry, karena Lil Wayne dan Radiohead yang masing-masing mendapat 5 nominasi pun terlewat. Tapi jangan jadikan itu alasan untuk melewatkan album ini ya. Niscaya kamu akan merugi.

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Rolling in the Deep” Adele 3:48
2. “Grenade” Bruno Mars 3:41
3. “Firework” Katy Perry 3:43
4. “Moves Like Jagger” Maroon 5 featuring Christina Aguilera 3:21
5. “Super Bass” Nicki Minaj 3:21
6. “What’s My Name” Rihanna featuring Drake 3:50
7. “Work Out” J. Cole 3:46
8. “You and I” Lady Gaga 4:06
9. “Pumped Up Kicks” Foster the People 3:31
10. “Scary Monsters and Nice Sprites” Skrillex 3:16
11. “Paradise” Coldplay 4:38
12. “Walk” Foo Fighters 4:16
13. “If I Die Young” The Band Perry 3:35
14. “The Cave” Mumford & Sons 3:36
15. “Holocene” Bon Iver 4:18
16. “Just a Kiss” Lady Antebellum 3:37
17. “Mean” Taylor Swift 3:56
18. “Honey Bee” Blake Shelton 3:17
19. “Drink in My Hand” Eric Church 3:11
20. “Dearest” The Black Keys 2:04
21. “Don’t You Wanna Stay” Jason Aldean with Kelly Clarkson 3:15
22. “Body and Soul” Tony Bennett & Amy Winehouse 3:20

Related posts

Leave a Reply