Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kasabian – Velociraptor!
Album of The Day

Album of The Day: Kasabian – Velociraptor! 

Released by: Sony Music Indonesia

Days are Forgotten menjadi single pertama yang diperkenalkan band asal Inggris, Kasabian, untuk album keempat mereka, Velociraptor!. Dibuka dengan beat berderap ala musik Hip Hop, single ini seolah-olah memberi petunjuk jika Kasabian akan mencoba warna baru dalam album terbaru mereka. Setelah mendengar Velociraptor!, kesan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak berarti benar. Jangan pusing dulu. Velociraptor! berbeda karena mempersembahkan banyak elemen baru dalam materi mereka namun tidak benar-benar melenceng dari pakem Kasabian yang kita kenal.

Dalam sejarah panjang band-band Inggris, selalu terselip nama-nama paten yang bahkan masih dikenang sampai sekarang. Kasabian mungkin masih perlu waktu yang lebih panjang untuk membuktikan eksistensi mereka, namun sebagai salah satu nama mapan saat ini, jelas ekspektasi yang besar terhadap mereka menjadi sulit dhindarkan. Namun dengan Velociraptor! tampaknya Kasabian tidak ingin memiliki pretensi untuk membuktikan apa-apa. Tampaknya album ini adalah sebuah surat cinta kepada kejayaan music rock itu sendiri, yang coba diungkit dengan mengandalkan ciri khas mereka.

Indikasi tersebut sudah ditunjukkan melalui track pembuka, Let’s Roll Just Like We Used To, sebuah ode kepada rock n roll klasik periode dekade 60-an, yang mengadopsi kesan psikadelik yang lekat dengan era tersebut, sehingga memiliki kesan megah dan melodramatis, seolah-olah lagu tersebut adalah soundtrack sebuah film agen rahasia 007.  Atau coba simak Velociraptor! yang hadir dalam semangat punk yang memulai kejayaan di dekade 70-an. Semangat synth pop yang beken di tahun 80-an kemudian dihadirkan dalam I Hear Voices. Dalam dekade 90-an, kali ini Kasabian hadir dalam semangat alternative rock yang penuh dalam Re-Wire. Sementara itu trend industrial yang dulu sempat merambah akhir 90-an menjadi semangat dalam Switchblade Smiles.

Akan tetapi kekuatan Velociraptor! bukan hanya itu. Kasabian kita kenal karena kekuatan penulis lagu mereka, baik dari lirik maupun notasi. Sebagaimana umumnya band-band yang kita kenal sebagai bagian dari Brit-Pop, ada yang khas dengan lagu-lagu mereka. Melodi yang cantik berpadu dengan vokal khas Inggris yang kemudian melebur dalam lagu yang sangat renyah untuk disimak. Album ini masih banyak menyimpan materi seperti itu. Contoh saja Goodbye Kiss yang manis dan mengalun romantis. La Fée Verte (The Green Fairy) mungkin terdengar gloomy dan edgy namun sulit untuk tidak larut di dalamnya. Kadar gloomyyang lebih cerah ada di Man of Simple Pleasures yang sedikit mengingatkan akan Bluer di awalk karir mereka. Sebagai penutup, ada Neon Neon yang berjalan lirih dan mengawang, namun terdengar sempurna sebagai finale untuk album ini.

Setiap lagu yang terdapat di dalam Velociraptor! dibangun berdasarkan melodi yang sederhana namun memiliki chrous yang memikat dalam skala yang epik yang tampaknya dibangun untuk menggiring lagu-lagu tersebut pada ekpektasi pendengarnya pada awalnya namun kemudian secara mengejutkan menampilan twist-and-turn yang seru di pertengahan lagu. Bagi sebagian orang, dengan mudah mereka akan mengkritisi album ini sebagai album yang terlalu terformulasi dan repititif, demi mengejar kesan ramah di kuping atau catchy (for whatever that means).

Namun Kasabian harus dipuji karena mampu menghadirkan materi yang sangat gampang dicerna tanpa harus menganaktirikan kualitas. Yep, setiap lagu yang terdapat di album ini dihadirkan dengan tata produksi yang matang. Dan dijamin, tidak ada lagu yang tidak nikmat untuk didengar. Toh sebuah album ujung-ujungnya mengejar afeksi dari pendengarnya, bukan? Jika itu tujuannya, maka Velociraptor! berhasil untuk itu.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Let’s Roll Just Like We Used To” 4:47
2. “Days Are Forgotten” 5:02
3. “Goodbye Kiss” 4:04
4. “La Fée Verte (The Green Fairy)” 5:47
5. “Velociraptor!” 2:51
6. “Acid Turkish Bath (Shelter From the Storm)” 6:01
7. “I Hear Voices” 3:58
8. “Re-Wired” 4:44
9. “Man of Simple Pleasures” 3:51
10. “Switchblade Smiles” 4:13
11. “Neon Noon” 5:20

Related posts

Leave a Reply