Trending News

Blog Post

Album of The Day: LeAnn Rimes – Lady & Gentlemen
Album of The Day

Album of The Day: LeAnn Rimes – Lady & Gentlemen 

Sebagai artis, selayaknya dinilai atas karyanya, Tapi gelaran artis tersebut tidak lepas dari predikat selebritis yang disandang. Sehingga faktor-faktor lain selain karya tersebut pun menjadi penilaian bagi di artis. Untuk seorang LeAnn Rimes, pemberitaan yang marak seputarannya dalam beberapa tahun terakhir adalah yang negatif; affair dengan Eddie Cibrian (yang sekarang telah resmi menjadi suaminya) saat masih menyandang status istri Dean Sheremet juga penurunan berat badan yang drastis yang dipercaya media merupakan hasil dari “jalan pintas”. Kehadiran album “Lady & Gentelemen” ini kemudian membuat kita kembali fokus pada hakikat LeAnn sebagai seorang artis. Konsumsi utama dari dirinya adalah musiknya, di luar itu merupakan bunga-bunga kehidupan.

Menyanyikan lagu-lagu cowok dalam album ini merupakan sesuatu yang menarik. Tidak hanya karena lagu cowoknya, tapi juga karena LeAnn beserta Vince Gill dan Darrell Brown sebagai produser album memilih lagu-lagu country klasik nan populer, lekat dengan ciri maskulin di setiap lagu. Tapi itu bukan masalah besar buat LeAnn. Salah satu lagu hit-nya di awal karir, ‘Blue’ adalah lagu cowok. Sehingga membawakan lebih banyak lagu demikian mulus-mulus saja. ‘I Can’t Be Myself’, ‘Help Me Make It Through The Night’, ‘When I Call Your Name’ terdengar begitu natural. Begitu juga dengan ‘Blue’ yang kembali direkam ke dalam versi baru untuk album ini. Bersama The Time Jumpers, tempo dinaikkan. Dibanding rekaman 1996 dengan vokal LeAnn yang masih sangat kanak-kanak, ‘Blue’ mendapat kesan kini dan kontemporer.

Selain konversi vokal, sudut pandang yang berbeda pun menjadi hal lain yang menarik yang disajikan album ini. Lihat nyanyian cewek di bar ‘The Bottle Let Me Down’, atau yang paling maskulin, ’16 Tons’ berkisah tentang kerja keras pria yang sering tak sesuai dengan yang dihasilkan. Beberapa baris mungkin terdengar janggal, tapi secara keseluruhan resiko yang diambil tersebut terbayar dengan betapa menarik jadinya lagu-lagu tersebut. Sementara buat Scotty McCreery, pemenang American Idol tahun lalu, nyanyian LeAnn dalam ‘Swingin” merupakan berkah baginya dalam tema “Today’s Hit” saat berkompetisi di AI. Kala itu, single ini menjadi koleksi chart Billboard yang memenuhi syarat untuk dinyanyikan. Hasilnya memang tidak se-fun versi LeAnn, tapi tampak bahwa album ini sangat membantu dirinya.

Coba dengarkan sedikit rangkaian Latin dalam ‘Wasted Days, Wasted Nights’, berikut dua lagu original ‘Crazy Women’ dan ‘Give’ mewakili sound uptempo dan downtempo yang merupakan jangkauan LeAnn. Pada akhirnya, mem-fimininkan lagu-lagu maskulin tak hanya sekedar mengambil resiko, tapi juga memikat, memberi opsi, dan menghibur. There’s no lady like the “Lady & Gentlemen”.

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Swingin'” John Anderson, Lionel Delmore 3:02
2. “Wasted Days and Wasted Nights” Wayne Duncan, Freddy Fender,
Huey P. Meaux 4:06
3. “The Only Mama That’ll Walk The Line” Jimmy Bryant 2:39
4. “I Can’t Be Myself” Merle Haggard 3:12
5. “16 Tons” George S. Davis 2:42
6. “Help Me Make It Through the Night” Kris Kristofferson 3:01
7. “Rose Colored Glasses” John Conlee, George Baber 3:06
8. “A Good Hearted Woman” Waylon Jennings, Willie Nelson 3:40
9. “When I Call Your Name” Vince Gill, Tim DuBois 3:41
10. “He Stopped Loving Her Today” Bobby Braddock, Curly Putman 3:51
11. “Blue” (with The Time Jumpers) Bill Mack 2:34
12. “The Bottle Let Me Down” Merle Haggard 3:49
13. “Crazy Women” Brandy Clark, Jessie Jo Dillon, Shane McAnally 3:25
14. “Give” Connie Harrington, Sonya Isaacs, Jimmy Yeary 4:31

Related posts

Leave a Reply