Trending News

Blog Post

American Idol 11 – Last Vegas Day 2
American Idol

American Idol 11 – Last Vegas Day 2 

Sebanyak 42 peserta yang tersisa memiliki kewajiban untuk membawakan lagu pilihan mereka di depan juri sebagai penampilan terakhir sebelum akhirnya 24 besar terbentuk dan keputusan eliminasi berada sepenuhnya di tangan para pemirsa. Dan pembentukan para peserta yang melaju ke babak semifinal adalah sebagai berikut:

Jen Hirsh, lagu: Baby I Love You
Meskipun Randy Jackson menilai penampilan akhir Jen bukanlah penampilan terbaiknya, tapi kesimpulan dari rangkaian penampilan Jen di atas rata-rata. Jen berhasil masuk ke 24 besar.

Creighton Fraker, lagu: New York State Of Mind
Kisah mengenai Creighton yang baru bertemu dengan ayah kandungnya yang ternyata adalah seorang musisi heavy metal baru terungkap saat dirinya hendak menghadap para juri untuk keputusan bahwa dirinya masuk ke dalam 24 besar.

Lauren Grey, lagu: I Would Rather Go Blind
Satu-satunya kesalahan Lauren di sepanjang penampilannya adalah mental yang sedikit down saat di Las Vegas. Tapi dirinya tidak menunjukkan kemunduran penampilan saat tampil. Para juri memintanya untuk kembali tahun depan, tapi Lauren ragu untuk melakukan hal tersebut.

Joshue Ledet
Tentu Josh punya power dalam vokalnya. Dirinya tipikal penyanyi gospel seperti Jacob Lusk dari tahun lalu. Dan selalu ada tempat untuk jenis penyanyi demikian di 24 besar.

Tidak setiap peserta dalam 42 besar ini diberi kesempatan untuk berkenalan dengan para penonton. Karena meskipun mereka sudah begitu dekat dengan Live Shows, Blaire Sieber dan Naomi Gilles tersisih hanya dalam durasi hitungan detik.

Haley Johnsen
Nama Haley bersinar saat di Las Vegas. Dirinya dengan penuh percaya diri menunjukkan kemampuannya yang membuat juri sepakat untuk memasukkannya ke dalam 24 besar.

Neco Starr, lagu: Lady In My Life
Percaya diri Neco luar biasa. Kemampuannya juga sebenarnya hebat, tapi para juri menilai bahwa Neco masih belum siap untuk tahun ini.

Selain Neco, para pria lainnya yang harus mengucap selamat tinggal dari panggung idol adalah Clayton Farhat, River St. James, dan Caleb Johnson.

Elise Testone, lagu: This Is A Man’s World
Elise cukup mendapat tayangan di Hollywood dan juga Las Vegas, dan itu juga cukup untuk membuktikan bahwa dirinya pantas berada di 24 besar.

Reed Grimm, lagu: It Don’t Mean A Thing If It Ain’t Got That Swing

Musikalitas Reed membuat dirinya menjadi salah satu peserta yang paling naik daun tahun ini. Dirinya pernah begitu gugup menghadapi keputusan panitia yang melarang bernyanyi akapela di Solo Day dan mengambil jalan dengan bermain drum sambil bernyanyi. Hal itu kembali ditampilkannya di Final Performance dan juri memilihnya untuk hadir di 24 besar.

Erika Van Pelt, lagu: Don’t You Remember
Para juri mengidolakan Erika, tapi sayangnya, lagu yang dibawakannya di Final Performance membuat juri sedikit bimbang dalam memberi keputusan. Tapi mereka tidak mau menyia-nyiakan bakat Erika, dan dirinya masuk dalam 24 besar.

Chelsea Sorrell, lagu: I Told You So
Keunggulan Chelsea adalah dirinya punya kepercayaan diri yang tinggi saat bernyanyi. Bahkan ketika dirinya menghadapi cobaan lupa lirik, Steven Tyler memintanya untuk mengulang lagunya karena suara Chelsea begitu merdu. So pasti satu tempat buat country girl di 24 besar.

Baylie Brown, lagu: Here Comes Goodbye
Baylie dan Chelsea adalah sahabat baik. Saat Chelsea melaju ke 24 besar, dirinya menyempatkan diri untuk memluk Baylie yang mendapat giliran untuk diberi keputusan setelahnya. Steven menilai Baylie kurang konsisten selama ini, tapi akhirnya menyampaikan berita baik bahwa satu tempat lagi bagi gadis country di 24 besar.

Richie Law, lagu: Ring Of Fire
Entah dari mana Richie mendapatkan ego yang sangat besar akan keberhasilannya dalam acara ini. Mungkin hal itu datang dari refleksi keberhasilan Scotty McCreery tahun lalu yang kemudian membuat penilaian bahwa dirinya sebaik Scotty. Sayangnya juri tak sependapat dan mengeliminasi Richie.

Heejun Han, lagu: New York State Of Mind
Salah satu drama American Idol tahun ini adalah saat barat melawan timur dipresentasikan sebagai Richie lawan Heejun. Sementara untuk kisah hidup Heejun yang belum dipaparkan sebelumnya adalah dirinya bekerja untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, seperti pekerjaan Lauren Mink yang tersisih di awal Hollywood Week. Heejun mendapat satu tempat di 24 besar.

Jessica Sanchez, lagu: The Prayer
Usia 16 tahun dengan suara yang membahana. Para penggagas acara pasti sangat suka dengan penampilan akhir Jess sehingga mereka menampilkannya secara utuh. Dan hal tersebut berbuah sebuah kursi di 24 besar.

Phil Phillips, lagu: Nice And Slow
Dijamin, Phil akan menjadi salah satu yang terfavorit tahun ini. Langsung saja, dirinya ada di 24 besar.

Colton Dixon, lagu: Fix You
Colton mendedikasikan lagu ini untuk sang adik, Schyler yang terlebih dahulu tersisih. Tahun lalu, Colton berhasil sampai ke tahap ini, tapi harus tersisih. Tahun ini tahun yang beda, Colton melaju ke 24 besar.

Brielle Von Hugel, lagu: Killing Me Softly
Apa karena gaya boosy nya di Group Round membuat Brielle menjadi salah satu peserta yang kurang disukai tahun ini? Entahlah. Tapi sejauh tayangan penampilannya, Brielle adalah salah satu peserta yang konsisten. Di Final Performance pun dirinya tergolong dalam kategori bersinar. Dan tentunya menghadiahinya sebuah tempat di 24 besar.

Adam Brock, lagu: You Don’t Know Me
Faktanya adalah Adam merupakan salah satu peserta yang naik daun sedari tayangan audisi. Penampilannya kerap ditayangkan di layar kaca, bukan hanya kilasan keberadaan seperti kebanyakan peserta yang ada di 42 besar ini. Tapi herannya, dirinya menjadi sangat emosional dan menangis tanpa henti saat berada di hadapan juri, dimana dirinya sebenarnya sudah dijamin punya tempat di 24 besar.

Jeremy Rosado, lagu: I Know You Won’t
Tak mesti country dalam membawakan lagu seorang Carrie Underwood, huh?! Jeremy mendapatkan aplaus atas vokalnya yang luar biasa mantap membawakan lagu ini. Satu tempat untuknya di 24 besar.

Shannon Magrane, lagu: The Trouble With Love Is
Ciri Shannon sangat mengingatkan pada Ayla Brown dari musim 5. Bahkan ekspresi mereka sama excited-nya saat diumumkan melaju ke 24 besar.

Scott Dangerfield, lagu: Folsom Prison Blues
Tahun lalu, Scott tak dapat hadir ke Hollywood meskipun dirinya memenangkan karcis emas saat audisi. Dirinya kembali tahun ini dan bertahan hingga 42 besar. Sayangnya jalannya harus terhenti sampai disini.

Skyler Laine, lagu: Fancy
Chelsea yang sudah lebih dahulu diumumkan masuk ke dalam 24 besar membuat Skyler sedikit khawatir kalau-kalau kuota untuk penyanyi country sudah terpenuhi. Tapi para juri masih menyisakan satu tempat untuknya disana.

Yang juga disisakan tempat dalam 24 besar adalah Hallie Day, Chase Likens, dan Aaron Mercellus. Kita melihat masing-masing tampil di tahapan penyisihan; audisi, Hollywood, dan juga Las Vegas. Tapi sayangnya saat diumumkan masuk dalam 24 besar, tidak ada kilasan penampilan yang me-refresh memori kita akan mereka bertiga.

Deandre Brackensick, lagu: This Women’s Work

Ciri kuat Deandre adalah falsettonya. Sama dengan Colton Dixon, tahun lalu dirinya berhasil menginjakkan kaki sampai ke tahap ini, tapi harus tersisih. Karena tahunnya Deandre untuk masuk ke 24 besar adalah tahun 2012 ini.

Jermaine Jones, lagu: I Believe In You And Me

Juri menilai Jermaine kurang konsisten. Dan saat diumumkan tersisih, dirinya menangis terisak di pelukan Jennifer Lopez dan juga di pelukan sang mama.

Tersisa masing-masing 1 tempat untuk cewek dan 1 tempat untuk cowok yang diperebutkan oleh 3 cewek; Hollie Cavanagh, Shelby Tweeten, dan Ariel Sprague juga 2 cowok; Eben Francewitz dan David Leathers, Jr.

Hollie Cavanagh, Shelby Tweeten, Ariel Sprague
Hollie tak sedikitpun mendapatkan tayangan di tahun ini. Tapi kita tidak melupakan penampilannya tahun lalu saat audisi yang begitu gugup, dan semakin kuat di Hollywood dan Las Vegas. Cuplikan tayangan memperlihatkan perjalan Hollie di babak audisi, Hollywood, dan Las Vegas, hingga Final Performance saat dirinya membawakan lagu ‘Change’ milik Carrie Underwood. Satu tempat untuknya di 24 besar, sehingga Shelby dan Ariel harus tersisih.

Eben Francewitz, David Leathers, Jr.

Tahun lalu, 3 remaja cowok juga yang dihadapkan pada keputusan tempat terakhir di 24 besar. Dan tahun ini, giliran remaja Eben dan David yang diposisikan serupa. Tempat yang tersisa adalah milik Eben yang menyanyikan ‘You Are So Beautiful’ di Final Performance, memastikan David yang membawakan lagu ‘I Want You Back’ tersisih.

Tapi tunggu dulu, tidak akan ada 24 besar pekan depan. Karena pihak penyelenggara memutuskan untuk menambah kuota bagi cowok dengan memberi kesempatan wildcard kepada:
1. Jermaine Jones
2. Richie Law
3. Johnny Keyser
4. David Leathers, Jr.
sehingga akan ada 13 cowok dan 12 cewek di babak semifinal.

Secara pribadi saya menilai keputusan ini berat sebelah. Toh, bakat para cewek tak kalah menggelegar dibanding para cowok. Mereka tidak menyediakan tempat bagi penyanyi sebagus Lauren Grey di 24 besar, dimana semestinya Lauren lah yang diberi kesempatan untuk bergabung dalam public vote American Idol tahun ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu puas dengan 24 nama di atas?

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Saksikan terus American Idol di @BChannelTV setiap hari Kamis & Jumat pukul 21.00 WIB dan tayang ulang dengan teks Indonesia di hari Sabtu & Minggu pukul 21.00 WIB

Related posts

Leave a Reply