Trending News

Blog Post

Album of The Day: B2ST – Fiction and Fact
Album of The Day

Album of The Day: B2ST – Fiction and Fact 

Released by: Universal Music Indonesia

Industri musik Korea telah mulai menggebrak dunia dengan boybands dan girlbands nya. Tidak terkecuali Indonesia, menjadi salah satu negara yang terkena demam K-Pop. Semakin banyaknya jumlah K-Popers di Indonesia, semakin banyak pula promotor yang berlomba-lomba mendatangkan artis Korea untuk sekedar mengadakan showcase, fanmeeting, bahkan konser di Indonesia. Salah satunya B2ST (or BEAST). Boyband Korea dari CUBE Entertainment yang beranggotakan enam pria, yang dalam waktu dekat akan segera mengadakan tur dunia bertajuk ‘Beautiful Show’ di Jakarta, Indonesia, pada 17 Maret mendatang. Sebelumnya, boyband yang beranggotakan Yoon Doo Joon, Jang Hyun Seung, Yong Jun Hyung, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang dan Son Dong Woon ini telah merilis ke-4 mini album dan satu full album nya di Indonesia melalui label Universal Music Indonesia. Boyband yang debut pada tahun 2009 ini pun telah memiliki fans club official di Indonesia, yaitu B2ST Indonesia Fans Club.

SO BEAST! Setelah sukses merilis 4 mini album di Korea, pada pertengahan tahun 2011, akhirnya B2ST merilis 1st full album mereka yang berjudul ‘Fiction and Fact’. Album yang diproduseri oleh Hong Seung Song ini merupakan tombak kesukesan B2ST di dunia musik Korea, bahkan dunia, sebagai salah satu boyband Korea terbaik. Kualitas vocal member B2ST pun terdengar sangat improved di album ini. Album Fiction and Fact terdiri dari 10 lagu; 8 lagu baru plus 1 lagu Fiction versi orkestra, dan 1 lagu versi unplugged dari mini album sebelumnya. Single pertama dari album ini adalah lagu ballad berjudul ‘On Rainy Days’ (Biga Oneun Naren; ?? ??). Single ini dirilis beberapa saat sebelum album ini diluncurkan. Dan dengan cepatnya, lagu On Rainy Days merajai chart-chart di Korea dan menjadi lagu yang mencapai posisi tertinggi yang pernah B2ST capai di Gaon Chart Korea meskipun On Rainy Days hanya merupakan promotional single. Single jagoan dari album ini adalah ‘Fiction’. Lagu yang terkenal dengan ‘Penguin Dance’nya ini juga menjadi salah satu hit terbaik dari B2ST sampai sekarang,

Album ini dibuka dengan lagu intro ‘The Fact’. Lagu R&B ini merupakan bagian dari lagu Fiction, yang juga dibuat MV nya sebagai teaser dari MV Fiction. Alunan gitar dan rythm drum terasa sangat harmonis dengan vokal natural dari Doojoon dan member B2ST lainnya yang terdengar merdu tanpa harus ’straining’.

Lagu kedua, ’Fiction’, merupakan title song dan main single dari album ini. Piano elektrik dan drum menjadi nyawa di musik lagu Fiction yang berpadu dengan rap yang sangat khas dari Junhyung, vokal powerful dan merdu dari Yoseob, Hyunseung dan member B2ST lainnya. Lagu dance bertempo medium ini memiliki reff yang sangat kuat dan cukup easy listening.

Lee Gikwang mengawali lagu ketiga, ’Back to You’, yang menurut saya merupakan salah satu lagu yang sangat catchy di album ini, terutama di bagian reff dan hook nya; “Tell me I can go go go neoegero dashi you you you … Come back to you (uh uh oh uh uh oh) Because of you (uh uh oh uh uh oh) …”. Sedikit autotune dari vocal member B2ST digunakan di lagu ini untuk mempercantik dan memperkuat kesan electronicnya.

“I’m gonna make you love me, neol saranghandago…”, intro soulful dari lagu ‘You’ yang dinyanyikan oleh Dongwoon ini terdengar sangat teduh dengan medium beat yang sedikit terkesan romantis. You menjadi highlight di album Fiction and Fact meskipun bukan single. Kenapa? Karena vocal dan rap member B2ST terdengar merdu dan You memiliki genre musik yang cukup berbeda di album ini.

Setelah disuguhi musik yang cukup ‘galau’ di empat lagu pertama, ‘Freeze’ membawa kita ke musik upbeat-electro-pop yang ceria. Tanpa beat yang berlebihan, lagu yang diciptakan oleh rapper B2ST, Junhyung, ini seperti menyuntikkan energi dengan beat dan reff nya yang powerful namun tak berlebihan.

Kembali ke musik mid-tempo di lagu ke-6, ‘Virus’ masih merupakan lagu yang kental R&B nya. Falsetto dari para member B2ST menjadi andalan dan memberi ‘warna’ pada lagu yang terkesan sedikit flat ini.

Masih dengan lagu mid-tempo. Berbeda dengan ’Virus’ yang sedikit flat, ‘Though I Call (?????)’ merupakan lagu yang cukup melodramatis. Lagu ini tidak sekuat Fiction & On Rainy Days. Namun meski Though I Call adalah lagu broken heart, tidak ada kesan cengeng disini.

Lagu ‘On Rainy Days (?? ??)’ merupakan ballad dari Fiction and Fact, dan menjadi lagu tersukses B2ST so far. Alunan strings dan vokal lembut dari Yoseob mengawali lagu yang sangat emosional ini. Dan puncaknya pada bagian reff, serta suara batuk Junhyung sebelum rap nya menjadi jantung dari lagu ballad populer ini.

Versi akustik dari lagu Lightless (mini album Lights go on Again-2010), ‘Lightless (Unplugged Version)’, terdengar cukup berbeda dengan versi aslinya yang mid-tempo. Aransemen dan instrumental akustiknya brilian, namun improvisasi vokal melisma dan falsetto dari sang main vocal, Yoseob, sedikit berlebihan dan membuat lagu ini jadi terkesan sedikit berat untuk lagu akustik yang seharusnya ringan. Tapi overall, lagu ini sangat relaxing meskipun improvisasi vokalnya sedikit berlebihan.

Album Fiction and Fact diakhiri dengan ‘Fiction (Orchestra Version)’ yang masih sama tempo dan melodi dengan lagu aslinya, namun diiringi orkestra yang membuat lagu ini lebih classy dan elegan. Vokal member B2ST terdengar lebih merdu dibandingkan versi aslinya dipadu dengan orkestra yang wah. Improvisasi vokal Yoseob yang terkesan berlebihan di lagu sebelumnya, terasa pas dan cukup di lagu ini. Namun untuk bagian rap lugas dari Junhyung yang masih sama dengan lagu aslinya, membuat lagu versi orkestra ini terkesan too much dan kurang lembut.

Short, classy & blue-ish; tiga kata untuk mendeskripsikan album ini. Nilai 4.8/5 nampaknya tidak berlebihan untuk diberikan ke album Fiction and Fact yang merupakan titik kedewasaan dari B2ST ini. Posisi main vocal yang dipegang Yoseob yang sebelumnya mendominasi sebagian besar lagu, kini mulai terbagi rata dengan member lainnya yang mulai unjuk suara SO BEAST nya. B2ST membuktikan kalau mereka tidak hanya terkutat satu genre saja serta vokal mereka juga apik di musik slow seperti ballad. Album ini bukan hanya juara di kualitas musik, namun juga suara. Vokal ciamik tanpa auto-tune berlebihan serta aransemen musik mid-tempo, up-beat, ballad, akustik & orkestra yang brilian menjadi taring dari album Fiction and Fact yang belum tentu dimiliki banyak boyband Kpop lainnya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Wibbyson @B2STINAFANSCLUB)

TRACKLIST
1. “The Fact” 2:20
2. “Fiction”  3:55
3. “Back to You” 3:08
4. “You”  3:51
5. “Freeze”  3:33
6. “Virus”  3:25
7. “Bulleobojiman” (?????, lit. Though I Call) 3:50
8. “Biga Oneun Naren [13]” (?? ?? ??, On Rainy Days)  3:46
9. “Lightless” (Unplugged Version) 3:26
10. “Fiction” (Orchestra Version)  4:15

Related posts

Leave a Reply