Trending News

Blog Post

Album of The Day: Girls’ Generation – The Boys
Album of The Day

Album of The Day: Girls’ Generation – The Boys 

Released by: Universal Music Indonesia

Tak bisa dipungkiri lagi, virus k-pop saat ini sedang mewabah dimana-mana, publik dunia seakan kompak tak berdaya menerima gempuran k-pop hallyu wave yang dibawa para penyanyi asal Korea Selatan. Nama Girls’ Generation, atau yang juga biasa dipanggil SNSD atau juga SoShi (? ?), jelas tak bisa dilepaskan dari fenomena ini. Kesuksesan single “Gee” yang mereka rilis pada tahun 2009 membawa mereka ke level tertinggi superstardom k-pop, diikuti dengan single-single seperti “Oh”, “Run Devil Run”, dan “Hoot” semakin memantapkan posisi mereka di barikade terdepan dalam k-pop hallyu wave. Seiring dengan melambungnya nama mereka di dunia, semakin tinggi pula standar ekspektasi para penikmat musik mereka. Girlband beranggotakan 9 orang ini dibuat publik untuk selalu tampil sempurna dan musik baru mereka selalu dinanti-nanti para fans, hingga lahirlah album ketiga mereka yang berjudul “The Boys” yang sangat dinantikan oleh para fans, yang juga sebagai penanda debut pertama mereka di Amerika.

Dari album yang berisikan 13 lagu ini, jelas kita bisa melihat transformasi SNSD, bukan hanya dari segi penampilan, tetapi juga dari segi musik SNSD kini tampil lebih dewasa tanpa melepas konsep yang selalu mereka bawa di setiap album sebelumnya, yaitu performa vokal yang lembut dan manja dengan alunan musik yang sangat chic. Album “The Boys” dibuka dengan track berjudul sama dengan album ini. Lagu “The Boys” yang juga diproduseri oleh produser asal Amerika, Teddy Riley, menyuguhkan performa SNSD paling edgy dan paling dewasa jika dibandingkan lagu-lagu yang pernah dirilis SNSD sebelumnya. Dengan formula yang serupa dengan lagu “Hollaback Girl” milik Gwen Stefani, “The Boys” terdengar langsung menancap di telinga berkat beat-nya yang sangat menghentak diikuti dengan chorus ala yel-yel cheerleader. Harmonisasi intro lagu ini yang kemudian dilanjut dengan drumline dance breakdown juga turut menjadikan lagu ini sangat catchy, itulah mengapa lagu ini menjadi single andalan dari album ini.

Memasuki semakin dalam album ini, SNSD seolah-olah menarik kembali kesan sexy yang terpancar dalam lead single “The Boys”. Track ke-2, “???? (Telepathy)” bisa dibilang lagu yang SNSD banget, dengan jalur synthpop ringan yang entah kenapa sedikit mengingatkan saya pada lagu jadul “Dancing Queen” milik ABBA, mungkin karena instrument synth yang begitu dalam dan yang pasti sangat 80s. Memasuki track-3, kesan sexy semakin sirna dalam lagu “Say Yes”. Track ke-3 ini juga masih menampilkan SNSD yang bermain aman sepanjang lagu, lagu ceria yang ringan namun kurang begitu memorable. Produksi dalam album ini kembali agresif melalui track ke-4 “Trick”, dimana SNSD kembali menjadi sosok yang sexy dengan menyajikan beat yang heavy dibalut dengan synth tones yang kental sepanjang bridge hingga verses nya. Jika kamu sedari tadi mencari-cari lagu yang benar-benar ballad, “?? (How Great Is Your Love)” adalah jawabannya. Lagu ini seolah-olah memberikan ruang bernafas sejenak dari track uptempo yang tersaji sebelumnya. “My J” masih mengambil jalur yang hampir sama dengan “Say Yes”, performa vokal SNSD disini terdengar begitu unyu dibalut dengan instrumentasi yang menarik namun sayangnya kurang begitu menimbulkan kesan yang mendalam.
Pada track ke-7, “Oscar” lagi-lagi mencoba menampilkan sosok SNSD yang sangat menggoda dengan alunan lagu yang sangat kental akan dentuman bass. Jika “Oscar” terdengar sedikit mirip dengan lagu “Gimme More”-nya Britney Spears, “Top Secret” memiliki kemiripan dengan lagu “Hoot”. Dengan menyuguhkan vokal yang begitu playful serta harmonisasi yang apik dibalut dengan melodi yang cukup teatrikal membuat lagu ini begitu asik didengar. Jika kamu lebih suka warna lagu SNSD seperti dalam lagu “My J” dan “Say Yes”, kamu boleh coba denger “Lazy Girl”. Namun bagi saya “Lazy Girl” adalah lagu yang paling datar di album ini, dibalut dengan melodi retro dengan porsi synthesizer yang cukup dominan entah mengapa SNSD terdengar sedikit ragu-ragu dalam eksekusi lagu ini. Dalam “????? (Sunflower)” SNSD kembali memamerkan vokal yang cukup apik dengan instrumen lagu ala 90s namun eksukusi akhir lagu ini terdengar sedikit mengambang, sedangkan ”??? (Vitamin)” menampilkan kembali sisi ceria dari SNSD. Album “The Boys” ditutup dengan single ke-2 dari album ini, “Mr. Taxi (Korean ver.)”, dan diikuti versi berbahas Inggris dari track pertama “The Boys”. Tak ada perubahan yang berarti dari “Mr. Taxi” jika dibandingkan dengan versi bahasa Jepangnya, masih terdengar sangat catchy. Begitu pula dengan “The Boys (English ver.)”, kesembilan cewek sempurna ini terdengar sangat pas dalam segi pengucapan lirik-liriknya meskipun masih sedikit terdengar aksen Asia-nya, tidak mengurangi feel dalam lagu ini.

Yah, jika dibandingkan dengan album debut Jepang yang mereka rilis sebelum ini, “The Boys” memang bisa dibilang sebagai suatu kemunduran mengingat materi lagu dalam album debut Jepang tersebut begitu menawan dan menuai banyak pujian dari para kritikus musik. Namun bukan berarti hal itu menjadikan “The Boys” sebagai album yang gagal, “The Boys” secara keseluruhan merupakan album pop yang cukup menyenangkan. Melalui album ini, SNSD seolah ingin membuktikan kepada publik dunia bahwa mereka masih mempunyai daya pikat yang sama tanpa harus mengenakan label unyu yang mereka sandang selama ini. “The Boys” adalah pembuktian bahwa SNSD benar-benar ingin memastikan posisi mereka di puncak superstardom k-pop tak akan tergoyahkan untuk saat ini.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ridlo M. Dhiqi)

TRACKLIST
1. The Boys
2. ???? (Telepathy)
3. Say Yes
4. Trick
5. ?? (How Great Is Your Love)
6. My J
7. Oscar
8. Top Secret
9. Lazy Girl (Dolce Far Niente)
10. ????? (Sunflower)
11. ??? (Vitamin)
12. Mr. Taxi (Korean ver.)
13. The Boys (English ver.)

Related posts

Leave a Reply