Trending News

Blog Post

Album of The Month: L’Arc-en-Ciel – Butterfly
Album of The Day

Album of The Month: L’Arc-en-Ciel – Butterfly 

Released by: Sony Music Indonesia

Penantian empat tahun lebih sejak L’Arc~en~Ciel merilis album KISS pada November 2007 terbayar di album ke-12, BUTTERFLY yang dirilis pada 8 Februari 2012. Berisi 11 track di mana 7 track sebelumnya telah dirilis dalam bentuk single. BUTTERFLY, album ini mengingatkan kita dengan L’Arc~en~Ciel yang selama ini kita kenal. Musik yang catchy dan unik, orchestra yang megah, dan pesona tiap personil yang terbayang ketika mendengarkan track demi track dari amunisi yang disuguhkan di BUTTERFLY ini, amat terasa.

L’Arc~en~Ciel tidak menunjukkan rasa bersalah atas waktu yang harus dibayar selama masa hiatus untuk merilis album baru nya ini. Di CHASE, track pembuka yang menjadi soundtrack Wild 7, menunjukkan bahwa eksplorasi dalam music L’Arc~en~Ciel masih ada. Sejenak, teknik dengan balutan bass synthetizer nya mengingatkan kita pada NEO UNIVERSE (album REAL) namun kali ini terdengar lebih powerful. Eksplorasi berikutnya ditunjukkan di lagu berjudul X X X (baca: kiss kiss kiss) yang diciptakan hyde. R & B dan metal yang disatukannya membuat lagu ini terdengar sangat unik, sensual, danm misterius. Progressi chord nya unik, seolah hyde menulis lagu seperti memoles batu menjadi permata dalam bentuk yang dibayangkannya. Lagu X X X ini menurut hyde diaransemen selama 5 bulan.

BYE BYE, lagu non single ini justru diketahui lebih awal dibanding semua lagu yang ada di BUTTERFLY, karena lagu ini pernah dibawakan L’Arc~en~Ciel saat konser 15th L’Anniversary Life. GOOD LUCK MY WAY, lagu ini bertempo cepat. Cocok untuk menjadi teman atau pendamping untuk move on. Dan saat hyde berkata “Good luck My Way/Smile at me”, itu bukanlah bentuk narsisme. Rasanya mustahil untuk tidak tersenyum padanya setelah mendengarkan lagu ini. Berikutnya ada lagu berirama lembut yang berjudul BLESS. Bunyi orchestra nya menjadi pemanis di lagu ini. Diakhiri dengan sebuah coda, seakan ada pesan bahwa lagu ini tak akan berakhir. Memberi banyak waktu untuk melakukan sesuatu yang telah kita nantikan pada lirik “You have a come a long way, everything is for today”. Kemudian ada shade of season yang mana permainan drum yukihiro amat patah-patah dan di reff, tetsuya masih menjadi primadona dalam menjadi backing vocal di L’Arc~en~Ciel. DRINK IT DOWN terdengar sebagai lagu rock yang gelap dan intro nya mudah dikenali.

hyde telah menciptakan bunga yang lain yang ia beri judul WILD FLOWER setelah sebelumnya menciptakan lagu berjudul flower (ada di album TRUE). Lagu yang liriknya terinspirasi oleh bencana tsunami yang melanda Jepang ini sungguh menggugah. Di lagu ini hyde ingin menyampaikan bahwa orang yang merasa dirinya sendiri akibat kesedihan atau mengalami masa-masa sulit, sebenarnya tidak benar-benar sendiri. Masih ada orang lain di sekitarnya dan hyde ingin mereka menyadarinya.

Beberapa lagu di album ini nyaris tak ada solo gitar dari ken, namun jangan khawatir karena di lagu berikutnya, SHINE dan juga NEXUS 4, ken menunjukkan kemampuannya bermain gitar. Ditutup dengan Mirai Sekai yang berarti Future World, tempo lambat nya cocok dijadikan untuk mengantar tidur atau menatap dan mulai menata masa depan kita, masa depan dunia.

Selain lagu-lagu utama tersebut, ada yang spesial dari album BUTTERFLY ini. Untuk limited edition kita bisa mendapat bonus yang tidak kalah menarik. 1 CD tambahan sekaligus album pertama P’UNK~EN~CIEL “P’UNK IS NOT DEAD” yang berisi 12 lagu siap memanjakan kita. Natsu no Yuutsu [SEA IN BLOOD 2007], Kaso Heisei Jushichi Nen, HEAVEN’S DRIVE 2005, Round and Round 2005, DUNE 2008, I Wish 007, Promised land 2005, HONEY 2007, Feeling Fine 2007, ROUTE 666 -2010-, milky way 2004, dan yang terakhir metropolis 2011. DVD berjudul Kessei 20 Shunen Kinen Tokubetsu Bangumi “Best Hit LEC” pun menjadi daya tarik tersendiri.

Personil L’Arc~en~Ciel (kecuali yukihiro) telah menghabiskan setengah hidupnya untuk dan bersama L’Arc~en~Ciel. Di usia ke-20 perjalanan karir L’Arc~en~Ciel, album BUTTERFLY amat layak untuk dimiliki. Dan menarik untuk menduga-duga lagu apa saja yang akan dibawakan oleh L’Arc~en~Ciel saat mereka berkunjung ke Indonesia dalam konser yang bertajuk 20th L’Anniversarry World Tour 2012 pada 2 Mei mendatang di Lapangan D, Senayan, Jakarta.

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Renji & Lisdiani – L’Arc~en~Ciel Indonesia & @Cielers_ID)

TRACKLIST
1. “Chase” hyde, ken 4:27
2. “X X X” hyde 4:05
3. “Bye Bye” tetsuya 3:36
4. “Good Luck My Way -Butterfly Ver.-” tetsuya 4:38
5. “Bless” hyde 4:57
6. “Shade of Season” yukihiro 4:11
7. “Drink It Down” yukihiro 4:07
8. “Wild Flower” ken 5:22
9. “Shine” tetsuya 4:05
10. “Nexus 4” tetsuya 3:52
11. “Mirai Sekai” (????) ken 3:19

Related posts

Leave a Reply