Quantcast

Creative Disc Exclusive Single – 05 Mar

By - 7 years ago in Creative Disc Exclusive Single

Anggun (Alb. Echoes / Sony Music Indonesia) – Echo (You and I)
Di kontes Eurovison 2012 mendatang, Perancis memilih Anggun sebagai perwakilan negara mereka. Sebuah kabar yang sangat menggembirakan. Adapun lagu yang akan dinyanyikan oleh Anggun di ajang tersebut adalah Echo (You and I). Single dibuka dengan pekik gitar elektrik dan degup drum olahan synth. Namun saat vokal Anggun mulai melantun, tahulah kita jika Echo (You and I) adalah sebuah elektro-pop yang riuh. Anggun sendiri bernyanyi secara bilingual, dimana dua per tiga lirik dinyanyikan dalam bahasa Perancis dan sepertiga lagi dalam bahasa Inggris. Pola notasinya sih sederhana saja dan lagu cenderung repetitif dengan penakanan pada chorus yang menghentak. Vokal Anggun tetap juara seperti biasa. Mudah-mudahan ia memeroleh prestasi di ajang Eurovison tersebut. Single dirilis secara digital pada tanggal 30 Januari. (8/10)

John Mayer (Alb. Born and Raised / Columbia) – Shadow Days
Bulan Mei nanti John Mayer akan merilis akbum kelimanya yang diberi judul Born and Raised. Sebagai pemanasan, tidak ada salahnya kita simak single pertama untuk album tersebut yang diberi judul Shadow Days. Single ini masih bercirikan musik Mayer yang khas, yaitu pop medium dengan arsiran blues yang kental. Dang jangan lupakan petikan gitar yang juga senantiasa lekat dengan Mayer. Pace yang berjalan dengan tempo sedang memang memberi kesan laid-back dan Mayer pun bernyanyi dengan tidak berlebihan dengan over-improvisasi. Semua berjalan tenang dan tertahan, namun menghanyutkan. Vokal Mayer yang khas memang juara. Sulit untuk menolak pesonanya. Sekali dengar, Shadow Days tidak lantas membetot perhatian kita. Ini adalah jenis lagu yang memerlukan frekuensi yang cukup intens untuk dapat menikmatinya dengan penuh. Jika sudah, percayalah, ia tidak akan gagal memberi kita sebuah lagu yang juara. Single dirilis pada tanggal 6 Maret. (8/10)

Norah Jones (Alb. …Little Broken Hearts / Blue Note) – Happy Pills
Artis lain yang akan merilis album kelimanya dalam waktu dekat adalah Norah Jones, dimana kali ini dia bekerja sama dengan Danger Mouse (Gnarls Barkley). Dan dia pun merilis single pertamanya, Happy Pills, tepat di tanggal 6 Maret. Dalam Happy Pills Jones tampaknya masih percaya dengan kekuatan rock karena single ini sangat kental dengan nuansa rock yang menghentak. Tapi tentu saja jangan harapkan rock yang garang dengan vokal yang memekik, karena jika sudah menyimak album The Fall, tentu paham rock yang bagaimana yang disampaikan oleh Jones, yaitu rock yang berjalan dalam tempo sedang dan mengalun. Bagaimanapun latar belakang Jones dalam musik jazz, country dan folk masih cukup kuat mempengaruhi. Nah begitu juga dengan single Happy Pills. Meski riff gitar cukup bising terdengar dan dentum drum begitu perkasa, namun Jones malah bernyanyi dengan lirih serta sedikit mengawang dan musik pun mengalun dengan tenang. Menarik. (8/10)

Roxette (Alb. Traveling / EMI) – It’s Possible
Menyusul album comeback mereka di tahun lalu, Charms School, tidak perlu waktu lama bagu duo asal Swedia, Roxette, akan merilis album terbaru mereka, tepatnya album ke 9, Traveling, pada tangal 23 Maret. Single pertama adalah It’s Possible, sebuah pop uptempo yang mengingatkan akan kejayaan mereka dulu di era 90-an. Mulai dari melodi yang manis dan mudah diingat dan pembagian porsi vokal antara Per Gessle dengan Marie Fredriksson yang tepat dan pas takarannya. Satu yang mencolok, mereka lagi-lagi menyelipkan bagian yang lembut dan subtil dan mengawang dan diisi oleh vokal Marie, seperti yang dulu sering mereka kerjakan, tepat ditengah-tengah riuhnya musik. Hasilnya, it’s soooo much fun. Mengembalikan memori indah kepada Roxette. Single dirilis pada tanggal 2 Maret. (8/10)

JoJo (Alb. Jumping Trains / Interscope) – Sexy To Me
Seetelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya JoJo boleh bernafas lega, karena album ketiganya, Jumping Trains, akan segera beredar. Setelah merilis Disaster sebagai single pertama, JoJo kemudian melepas Sexy To Me sebagai single promosi untuk album tersebut. Single ini diproduseri oleh Danja, sehingga tidak heran jika Sexy To Me menampilkan JoJo sebagai seorang club-banger yang panas. Singlenya terdengar edgy dan seksi dengan vokal JoJo yang terdengar cool dan sensual. Dentum musik yang menggebu memang membuat single ini begitu siap untuk menggempur lantai dansa dan mengajak kita untuk turut serta larut di dalamnya. Single dirilis pada tanggal 28 Februari. (8/10)

Katie Melua (Alb. Secret Symphony / Dramatico) – Better Than A Dream
Kalau kangen dengan musisi perempuan bersuara lembut yang menyanyikan lagu-lagu down-tempo dengan corak lagu yang sedikit jazzy atau blues, mungkin si cantik Katie Melua bisa menjadi penawarnya. Album terbarunya, Secret Symphony jelas tidak boleh dilewatkan. Simak saja single ketiganya untuk album yang dirilis di awal Maret tersebut, Better Than A Dream. Mengalun dengan manis, lirih namun tanpa harus terkesan mendayu-dayu, karena vokal Melua sebenarnya memiliki power yang cukup intens. Meski demikian harmonisasi yang prima antara vokal dan instrumen begitu menyatu dan padu, sehingga tepat sasaran dalam memanjakan kita dalam lagu lembut yang manis juga romantis. Menghanyutkan. (8/10)

Regina Spektor (Alb. What We Saw from the Cheap Seats / Sire Records) – All the Rowboats
The anti-folk artist is back! Yep, it’s Regina Spektor and her brand new album, What We Saw from the Cheap Seats, yang akan dirilis pada bulan Mei mendatang. Single pertamanya adalah All the Rowboats yang hadir dengan segala epik yang bisa kita dapatkan dari seorang Regina Spektor. Denting piano yang tajam dan menghantui berdampingan dengan drum yang sangat intens, seolah berlari dalam tempo yang menggebu. Atmosfir kelam begitu kental mengisi single ini. Namun semangat rock yang menggelegar juga mencuri perhatian. Agak sedikit terdengar berlebihan dan pretensius, akan tetapi bagi yang kangen dengan Spektor, bolehlah. (7/10)

Walk Off the Earth (Single / Columbia) – Somebody That I Used to Know
Walk Off the Earth adalah sensasi kesekian dari situs video ternama YouTube. Cover version lagu Somebody That I Used to Know milik Gotye dan Kimbra yang mereka nyanyikan sontak mendapat perhatian yang luar biasa yang dibuktikan dengan fakta sampai tanggal 3 Maret ini telah dilihat oleh lebih dari 65 juta pasang mata. Sangat menarik karena kumpulan asal Ontario yang terdiri atas lima orang ini hanya memainkan satu gitar secara beramai-ramai. Tidak hanya itu, tentu saja kualitas vokal saat mereka menyanyikan lagu ini juga tak kalah juara, sehingga bahkan Gotye sendiri memuji mereka. Secara stuktur tidak ada yang berubah, masih mengikuti pakem aslinya yang minimalis. Materi lagunya memang sudah juara, sehingga tidak heran jika versi Walk Off the Earth ini juga sangat menarik untuk disimak. Keberhasilan mereka berbuah manis karena sudah dilirik oleh label besar seperti Columbia. Single ini pun kemudian dirilis secara digital melalui iTunes mulai tanggal 6 Februari. (8/10)

The Fray (Alb. Scars & Stories / Epic) – Run For Your Life
Rasa-rasanya The Fray memang selalu bisa diandalkan dalam memberikan kita lagu pop-rock yang romantis bahkan sedikit melankolis. Begitu juga dengan Run For Your Life yang merupakan single kedua untuk album ketiga mereka, Scars & Stories. Piano yang melantun merdu lagi-lagi menjadi andalan beriringan dengan aransemen yang mengandalkan drum dan gitar elektrik. Bergerak dalam tempo menengah, vokal Isaac Slade yang serak dan-ngerock tetap terdengar manis dan mendayu. Memang tidak istimewa juga dan bahkan sedikit jenerik, namun rasa-rasanya jika tujuan The Fray ingin memberikan tembang yang pop-melankolis, mereka cukup sukses. (7/10)

Madonna (Alb. MDNA/ Interscope) – Girl Gone Wild
Setelah Martin Solveig untuk single pertama, Give Me All Your Luvin, Madonna kini mengajak nama besar dari skena musik dansa lain, Benni Benassi, untuk membantunya dalam single kedua untuk album MDNA, Girl Gone Wild. Dan tentu saja single ini masih berbau dance. Dan dengan hadirnya Benassi dibelakang layar tentu tidak terlupa dengan asupan degup house yang menghentak, meski rasanya lebih condong ke arah elektro-pop ketimbang house murni. Still, it got Madonna stamped all over it. Tidak terbantahkan. Katakanlah semua klise Madonna bisa kita temukan disini, mulai dari beat-beat ceria penuh vitalitas dan hook yang memikat serta penekenan-penekanan pada beberapa bagian agar vokal Madonna lebih teraksentuasi. Might be light as feather but fun as a joyride. Single dirilis pada tanggal 2 Maret. (8/10)

Big Bang (EP. Alive / YG Entertainment) – Blue
Another EP from Big Bang, one of the biggest boygroup from South Korean. Bersiaplah untuk Alive. Ada 7 lagu yang kali ini menghiasi Alive. Kali ini Big Bang menawarkan Blue sebagai single andalan. Sebuah single midtempo yang mengalun lembut. Dan sebagaimana biasanya, Big Bang memang selalu bisa diandalkan untuk lagu sejenis ini. Instrumen gitar bermain penting di single ini untuk memberi kesan teduh dan biru, sebagaimana esensi lagunya. Setiap personel memberi kontribusi pada bagian vokal selain tentu saja porsi rap diisi oleh T.O.P. dan G-Dragon. Bagian chorus adalah yang paling mencuri perhatian karena mereka dengan solid menghadirkan paduan vokal yang harmonis. Hanya saja jangan lantas mengira ini adalah sebuah lagu balada menye-menye, karena Blue hadir sebagai sebuah elektro-pop namun beregerak dalam tempo yang bergerak lebih perlahan. Blue adalah jenis lagu yang perlu proses untuk benar-benar dapat terserap di dalamnya. Setelah berkali-kali dengar, sulit untuk tidak menyukai lagu ini. EP Alive dirilis pada tanggal 28 Februari. (8/10)

Special Thanks To Julee, Haris, dll

Vote for your Exclusive Single this week..

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

22 Responses to “Creative Disc Exclusive Single – 05 Mar”

  1. SONEakaSOONE says:

    fyi EP Alive nya Big Bang sempet masuk #7 di top album iTunes US

  2. el trindade says:

    Fantastic Female ….
    vote for Anggun pastinya…

  3. AB!D says:

    Walaupun Agak Telat Anggunnya tapi tetap pilih anggun deh…Kirain dibahas ntar pas Echo (you and i) dirilis yg Full English…
    Good Luck Anggun…mudah2an jadi juara..

    John Mayer…Adem bgt lagunya…..

    Minggu ini Bagus2….

  4. harry says:

    waw minggu ini emang keren2…
    akhirnya single baru john mayer dan norah jones..

  5. iQko says:

    Gilaaak! Minggu ini superb! John Mayer, Regina Spektor! Katie Melua!The Fray! Norah Jones!

  6. Hengky says:

    Wajib didengarkan Big BAng Blue

  7. TORRO says:

    the fray single kedua? terus yang pertama apa? the fighter atau heartbeat? #bingung#

  8. denniz says:

    Bgs Blue ny Big Bang.Kenapa single baru dari Kris Allen yg Vision Of Love blm dibahas nih?Keren bngt tuh single from Kris

  9. youdidz says:

    Roxette… hayo mas promoin…!!!!

  10. Johann says:

    John Mayer harusnya dikasih nilai 9 karna hanya sekali dengar udah langsung jatuh cinta 😀

  11. welly says:

    @Denniz: Kris Allen buat minggu depan ya 🙂

  12. puTra says:

    Belum denger madonna (penasaran). Vote bigbang, blue asik banget…

  13. Kiki says:

    Girl Gone Wide….Kereeeennnn!!!

  14. Hengky says:

    Wow Fantastic Baby, Lagu Bluenya Big Bang lumayan banyak peminatnya ^^!

  15. nino says:

    BIGBANG – BLUE.. mantafff… suka suka suka dr awal denger.. MV nya juga bagus…

  16. harry says:

    sekarang tiap minggu ada satu lagu korea ya

  17. Walk Off The Earth.. Gak nyangka, baru kemaren ratusan, sekarang udah segitu banyak plus dapet kontrak sama Columbia..

  18. denniz says:

    Ditunggu review single baru Kris Allen – Vision Of Love.Oh iya kalo bs review juga single baru dr mantan Top 20 American Idol ‘John Park’.Tottaly surprise his new single ‘Falling’.K Pop song.Lagunya udah make a debut No.6 Billboard K Pop Chart cm kalah dr Big Bang n Miss A.

  19. SONEakaSOONE says:

    Big Bang masuk Billboard top 200 album #150 minggu ini.. gila sejarah bgt

  20. nensie says:

    Norah jones_ happy pills
    [suka3]

  21. DANI says:

    John Mayer kurang itu nilainya, selama ini john mayer masih aja menghasilkan musik yang bagus, tanpa ikut2an arus..
    10 tahun terakhir, john mayer selalu menghasilkan musik mainstream yang original, dan selalu bisa menembus tangga lagu papan atas..

  22. welly says:

    Total Votes : 462
    Big Bang – Blue 82
    Roxette – It’s Possible 71
    Anggun – Echo (You and I) 69
    Madonna – Girl Gone Wild 53
    John Mayer – Shadow Days 45
    JoJo – Sexy To Me 38
    Norah Jones – Happy Pills 32
    The Fray – Run For Your Life 25
    Regina Spektor – All the Rowboats 22
    Walk Off the Earth – Somebody That I Used To Know 15
    Katie Melua – Better Than A Dream 10

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 20, 2019 By

Matoma, MNEK & Kiana Ledé Luncurkan Video Single Kolaborasi Mereka, ‘Bruised Not Broken’

Music News | By

Absen 9 Tahun, Natasha Bedingfield Akan Kembali Dengan Sebuah Album Baru

Music News | By

Beyoncé Hadirkan MV Versi Extended Untuk Album “The Lion King: The Gift”, ‘Spirit’