Trending News

Blog Post

March 2012 Artist of The Month: L’Arc~en~Ciel
Artist of The Month

March 2012 Artist of The Month: L’Arc~en~Ciel 

Semuanya dimulai dari seorang pemuda bernama Tetsuya Ogawa. Ketertarikannya terhadap musik muncul saat dia menyaksikan penampilan band seniornya di Sekolah Menengah Pertama. Penampilan tersebut membuatnya berpikir bahwa itu benar-benar keren dan hal itulah yang membuat Tetsu ingin bermain dan menciptakan musiknya sendiri. Setelah bandnya, Byston Well bubar, tetsu tidak putus asa dan terus mencari anggota baru untuk band impiannya. Tidak lelah Tetsu mencari di berbagai live house dengan pikiran bahwa dia harus mencari anggota yang punya penampilan menarik disertai dengan bakat teknik yang sesuai dengan kriterianya.

Tetsu yang saat itu sudah berhasil menemukan dan merekrut Hiro sebagai gitaris, menginginkan Hide (nama awal sebelum berubah menjadi hyde) dan Pero untuk bergabung dengan bandnya. Sayangnya saat itu Hide dan Pero sudah memilik band lain, Jelsarem’s Rod. Suatu hal dalam bandnya membuat Hide harus berganti posisi menjadi vokalis, walaupun sebenarnya dia tidak suka. Namun justru itulah yang membuat Tetsu semakin ingin mendapatkan Hide. Dia ingin hanya Hidelah yang menjadi vokalisnya. Oleh karena itu, Tetsu selalu setia datang ke setiap live performance di mana Hide berada.

Akhirnya hari yang dinanti-nanti Tetsu datang, setelah menjalani sesi latihan bersama. Hide dan Pero memutuskan untuk bergabung bersama Tetsu. Maka pada Februari 1991 terbentuklah L’Arc~en~Ciel, sebuah band baru yang terdiri dari tetsu (bass), hide (vocal), hiro (guitar), dan pero (drum). Namba Rockets, 30 Mei 1991 adalah live pertama L’Arc~en~Ciel.

Hal yang tidak disangka terjadi, hiro memutuskan untuk keluar dari band tepat saat L’Arc~en~Ciel akan rekaman untuk membuat indie album. Untunglah ada ken, teman lama tetsu yang memang dulunya seorang gitaris dan telah mengajarkan padanya banyak hal tentang musik. Keputusan ken bergabung dengan L’Arc~en~Ciel membuatnya harus meninggalkan bangku kuliah. Di mana saat itu dia merupakan mahasiswa tingkat akhir universitas di Nagoya. Ini juga berimbas pada retaknya hubungan antara ken dengan keluarganya.

Siapa yang menyangka, hal yang sama terjadi untuk kedua kalinya. Saat L’Arc~en~Ciel akan memulai untuk rekaman DUNE dengan versi yang lebih professional, pero memutuskan keluar dari band. tetsu berhasil mendapatkan sakura sebagai penggantinya. April 1993, album pertama L’Arc~en~Ciel “DUNE” dirilis. Kesuksesan album pertama ini mengantarkan L’Arc~en~Ciel dilirik oleh beberapa major labels dan Ki/oon Sony Records lah yang berhasil mendapatkan tanda tangan keempat personel ini untuk merilis album-album selanjutnya.

Kabar menggemparkan datang pada tahun 1997, sakura ditahan karena kasus kepemilikan obat-obatan terlarang yang kemudian membuatkan mengundurkan diri dari band. Posisi yang kosong itu digantikan oleh Yukihiro. Berkat kontribusinya pada L’Arc~en~Ciel, yukihiro yang awalnya hanyalah supporting drummer berubah menjadi member tetap pada tahun 1998 dan melengkapi 7 warna pelangi.

Close by DUNE, FEEL OF DUNE, Sense of time ’94, heavenly ’95, The other side of heavenly ’95, kiss me deadly heavenly ’95, TOUR ‘96~97 “Carnival of True”, L’Arc~en~Ciel 1997 REINCARNATION, L’Arc~en~Ciel ’98 Heart ni hi wo tsukero! (First Half), L’Arc~en~Ciel ’98 Heart ni hi wo tsukero! (Second Half), 1999 GRAND CROSS TOUR, CLUB CIRCUIT 2000 REALIVE, TOUR 2000 REAL, Shibuya Seven Days 2003, SMILE TOUR 2004, AWAKE TOUR 2005, Are You Ready? 2007 Mata Heart ni hi wo tsukero!, TOUR 2007-2008 THEATER OF KISS, TOUR 2008 L’7~Trans ASIA via PARIS~ adalah beberapa rangkaian tour yang pernah dijalani L’Arc~en~Ciel yang membuat namanya bukan hanya besar di Jepang, tapi juga di berbagai penjuru dunia. Musik dan aksi panggung yang memukaulah alasannya.

Totalitasnya dalam bermusik menjadikan mereka tidak hanya sukses sebagai anggota L’Arc~en~Ciel, namun juga merambah ke solo karir masing-masing personil. hyde sukses dengan solonya sebagai HYDE dan VAMPS, ken dengan Sons of All Pussys / S.O.A.P. dan Ken, tetsuya dengan TETSU69, Creature Creature, lalu tetsu, dan merubah namanya menjadi TETSUYA untuk solo karirnya di tahun 2010. Tak mau kalah, sang drummer pun membuat solo projectnya yang bernama acid android.

Setelah penantian yang panjang, akhirnya para personel L’Arc~en~Ciel kembali berkumpul untuk memuaskan dahaga para penggemarnya. L’A HAPPY NEW YEAR yang digelar pada malam pergantian tahun baru 2011 menjadi coming back concertnya. Suka cita berlanjut dengan L’Arc~en~Ciel 20th L’Anniversary Live, 28 – 29 Mei 2011 sebagai penanda matangnya perjalanan mereka yang telah mewarnai dunia musik selama 20 tahun.

Ya, 20 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah band. Halangan dan rintangan selalu menghadang di depan mata. Namun rasa cinta kepada fans dan dukungan yang senantiasa mengalir untuk mereka membuat L’Arc~en~ciel bisa sampai pada tahap ini. Penantian panjang, usaha dan doa pun selalu dipanjatkan agar para fans bisa melihat langsung kehebatan mereka di atas panggung. Dan akhirnya pengharapan itu terjawab. Indonesia, menjadi salah satu Negara terpilih untuk L’Arc~en~Ciel WORLD TOUR 2012. Mereka akan mengguncang Jakarta, 2 Mei 2012 di Lapangan D Senayan dengan promotor Marygops Studios. Oleh karena itu, tepat dengan perilisan “Butterfly” di Indonesia, Sony Music Indonesia dan CreativeDisc.com menobatkan L’Arc~en~Ciel menjadi Artist of The Month di bulan Maret 2012 ini!

Official Website L’Arc~en~Ciel
Official Twitter L’Arc~en~Ciel

#profil L’Arc~en~Ciel
hyde
Real name : Hideto Takarai
Birthday : 29 Januari 1969
Hometown : Wakayama
Hobby : sketching, writing poems, collecting blue glass product, etc.
Fact : HYDE merilis autobiografinya berjudul “THE HYDE” pada tanggal 29 Januari 2012, terdiri dari 26 Bab: A – Z.

ken
Real name : Ken Kitamura
Birthday : 28 November 1968
Hometown : Osaka pindah ke Maibara – Shiga Perfecture
Hobby : shopping, driving
Fact : ken adalah satu-satunya personil L’Arc~en~Ciel yang aktif di situs jejaring sosial twitter, @CHLionRagbaby

tetsuya
Real name : Tetsuya Ogawa
Birthday : 3 Oktober 1969
Hometown : Maibara – Shiga Perfecture
Hobby : shopping, Gundam & Evangelion
Fact : 2009, tetsu memutuskan untuk merubah nama panggungnya menjadi tetsuya di L’Arc~en~Ciel dan TETSUYA untuk solo karirnya. Hal ini disebabkan karena kecelakaan yang menimpa Takuya Kondo (salah seorang staff L’Arc~en~Ciel) sampai menyebabkannya meninggal dunia. tetsuya ingin unsur nama dari Yakuya Kondo menjadi bagian dari namanya.

yukihiro
Real name : Awaji Yukihiro
Birthday : 24 November 1968
Hometown : Chiba
Hobby : video games, remixing, Evangelion
Fact : yukihiro adalah member yang paling susah makan, kadang para personil lain sampai harus memaksanya untuk makan.
*Saat di L’Arc~en~Ciel, semua nama member ditulis dengan lower case.

Intro By Lisdiani N. – L’Arc~en~Ciel Indonesia & @Cielers_ID
Follow @Cielers_ID

Related posts

Leave a Reply