Trending News

Blog Post

Single of The Day: Arkarna – Left is Best
Single of The Day

Single of The Day: Arkarna – Left is Best 

Di penghujung dekade 90an, band asal Inggris pengusung elektronika/rock bernama Arkarna mendapat tempat yang cukup istimewa di hati para penikmat musik. Album debut mereka, Fresh Meat (1997) pun cukup laris di pasaran. Sayangnya, setelah album kedua mereka, The Family Album (2000), Arkarna memutuskan untuk membubarkan diri dan memasuki masa hiatus. Sampai satu dekade kemudian, vokalis sekaligus pentolan Arkarna, Ollie Jacobs, memutuskan untuk membangkitkan kembali Arkarna. Bersama dengan Matt Hart, Ollie bersiap untuk merilis album terbaru Arkarna. Sebagai percobaan, maka dirilislah single  Left is Best, yang tentu saja berperan sebagai teaser untuk musik yang akan ditampilkan dalam album tersebut.

Sebenarnya Left Is Best bukanlah lagu pertama yang dirilis oleh Arkarna, karena sebelumnya mereka telah melepas  lagu Strange Creatures secara gratis di situs resmi mereka. Dan jika sudah mendengarkan Strange Creatures,  maka sudah bisa mengira-ngira musik yang bagaimana yang diusung oleh Arkarna. Namun jika Strange Creatures terdengar gelap dan atmosferik, maka Left is Best cenderung ringan dan pop-ish, namun tetap hadir dalam konteks elektro-dance-house.

Memang, dalam Left is Best menampilkan Arkarna dalam semangat baru yang ditunjukkan dengan gaya dan tune yang sedikit banyak berbeda dari yang kita kenal dari mereka. Nyaris tidak terdengar lagi imbuhan industrial  yang distorsif  yang menjadi ciri khas dari mereka karena justru electro-house lah yang mendominasi. Pemilihan beat dan melodi juga sangat kental dengan pengaruh europop, sehingga secara keseluruhan, sangat tepat jika Left Is Best menjadi teman di lantai dansa

Untuk mempertebal kesan jika Arkarna memilih jalur dansa, maka Left Is Best pun dihadirkan dalam enam versi lain, yang hadir dengan durasi jauh lebih panjang dan penekanan pada ritme dan intensitas, sebagaimana yang biasa kita dengar dari skena dance. Ramuan yang berbeda-beda ini membuat remiks Left is Best menjadi istimewa, karena tidak seperti umumnya remiks, Left is Best diadopsi dengan cukup berbeda dan  bergeser dari stuktur aslinya dan lebih mengandalkan instrumen, meski tentu saja materi asli tetap disisipakan. Menurut saya, versi remiks terbaik jatuh pada versi So Called Scumbags Grin Dub Remix sepanjang 7 menit yang terasa sangat urban dan fresh namun tak terlupa sensasi dance yang seru.

Left is Best mungkin sudah memberikan imej yang berbeda dan jauh dari yang kita kira dari Arkarna. Namun begitu, kesetian Ollie Jacobs pada elektronika harus diberi kredit lebih. Bisalah kita anggap ini sebagai perkembangan dari musikalitas Arkarna. Dengan materi yang segar dan keren, kita harapkan album terbaru Arkarna tidak kalah menariknya dari single pertama mereka ini.

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Controbutor)

Dengarkan interview kita dengan @Arkarna disini:

Lyrics:

Left Is Best

You’re behind the camera
Never in the picture
Capturing a moment
You’d pay to forget
Moving out of focus
Don’t forget to notice, me

Lets turn the conversation round turn it upside down and don’t leave me waiting
So change the tune, It’s wearing thin
There’s 1 way out and that’s further in

You and me, standing here like this wondering If anythings gonna happen
Between us at all i’m serious oh you got me up against a wall
I don’t know if I can take it, oh yeh, I’m gonna end up breaking it,
I don’t even know how, I’m holding myself down
Cut the transmission

You can talk yourself into believing
You can lie to yourself if you like
Nothing worth having comes that easy
To appreciate it, work for it

Relax and take your time coz it worth it
but i’m out of my depth on the surface
I wish my comfort zone
Farewell now i’m on my own

I turn left coz lest is best that’s right, you know it makes sense

Related posts

Leave a Reply