Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: L’Arc~en~Ciel
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: L’Arc~en~Ciel 

Salah satu cara untuk memperkuat lagu adalah dengan cara membuat promo video dari lagu tersebut. L’Arc~en~Ciel, band dari Jepang yg menjadi Artist of the Month bulan Maret ini pun mengetahui hal tersebut. Dan dari sekian banyak PV yang ada, berikut 10 PV terbaik/favorit berdasarkan vote di sebuah group FB “L’Arc~en~Ciel Indonesia”. Tentunya, 10 PV berikut ini tidaklah mewakili keseluruhan fan(s) yang ada di Indonesia maupun dunia, karna pastinya akan jatuh pada selera masing-masing. Dan inilah ke sepuluh PV tersebut.

1. MY HEART DRAWS A DREAM.

Ada di album KISS yang juga masuk ke dalam album the best (TWENITY 2000 – 2010, QUADRINITY ~MEMBER’S HITS SELECTION~, dan WORLD BEST SELECTION) PV ini banyak disukai bukan hanya karena ada nya sedikit cuplikan yang diduga tari Pendet, namun adegan anak-anak kecil dari berbagai bangsa yang bernyanyi bersama menyanyikan lagu ini seolah L’Arc~en~Ciel melalui PV ini membuktikan bahwa harmoni telah ditempatkan pada level Maha Esa. Meski dominan hitam putih, namun adegan terakir sangatlah berwarna. Lagu maupun PV nya sangat terkait dan saling mendukung tentang apa yang dinamakan mimpi. Anak-anak pada PV tersebut memberi kesan bahwa masa anak-anak adalah masa paling tepat untuk bermimpi. Ada pesan yang ingin disampaikan dan jika kita cermati, pesan tersebut sangat mudah ditemukan. So, if my heart draws a dream, what about you?
2. Jojoushi

Sangat artistik. Itulah kata paling tepat untuk menggambarkan PV ini. Mengambil lokasi shooting di Ogasawara Hakusyaku Tei, sebuah restaurant di Tokyo yang bergaya Spanyol. Tehnik editing di PV ini memakai keying green screenkey. Karena saat pengambilan gambar memakai latar berwarna hijau. Saat pengambilan/shooting PV ini tak ada rehearsal terlebih dahulu. Dan ketika mau shooting, hyde kaget dan malu karena banyak model pria dan wanita yang naked. Beliau grogi dan malu harus bernyanyi dalam situasi seperti itu yang membuatnya tak tahu harus melihat ke arah mana. DI PV itu, hyde menerima tiga postcard yaitu dari tetsu, ken, dan yukihiro yang semuanya ditulis dalam bahasa Italia. Ada di album AWAKE, TWENITY 2001-2010, dan WORLD BEST SELECTION.

3. PIECES

PV yang bercerita. Berlokasi di Amerika, keempat personil L’Arc sama sekali tidak memainkan alat musik di PV ini. Bercerita tentang sebuah pisau ‘terkutuk’ yang telah menusuk orang secara turun temurun dari tempat dan waktu yang berbeda-beda. Klimaksnya adalah ketika tetsu ditusuk oleh hyde menggunakan pisau terkutuk tersebut. Seolah ada pesan bahwa manusia adalah makhlk yang rentan akan salah dan sangka yang bias melukai orang lain, bahkan orang terdekat sekalipun. Bisa didengarkan di album ark, The Best of L’Arc~en~Ciel 1998-2000, Clicked Singles Best 13, TWENITY 1997 – 1999.

4. Niji

Inilah moment kebangkitan L’Arc~en~Ciel saat tak ada sakura. Yukihiro menggantikan sakura di posisi drum. Meski saat pembuatan PV ini status yukihiro masih sebagai additional player, namun tak lama kemudian yukihiro menjadi member tetap sampai sekarang. Ada di album heart, juga terdapat di Clicked Single Best 13, The Best of L’Arc~en~Ciel 1994-1998, QUADRINITY ~MEMBER BEST SELECTION~, TWENITY 1997 – 1999 dan WORLD BEST SELECTION.

5. STAY AWAY

Jangan tertipu dengan aksi para dancer yang dibuat mirip menyerupai personil L’Arc~en~Ciel. Itu bukan personil L’Arc. Namun, kekuatan dari PV tersebut ada pada tarian nya yang banyak ditirukan dan bahkan dijadikan flashmob. Pakaian kemeja putih, celana panjang hitam, dan dasi yang dikenakan para member pun sering menjadi dresscode beberapa fans saat melakukan atau mendatangi sebuah acara terutama acara yang berbau Jepang. Bisa didengarkan di REAL, Clicked Singles Best 13, The Best of L’Arc~en~Ciel 1998-2000 , TWENITY 2000-2010, dan WORLD BEST SELECTION.

6. SHINE

Tidak menceritakan apa pun, namum permainan gradasi warna nya sangat menarik dan sangat memanjakan mata. Terdapat di album BUTTERFLY.

7. NEXUS 4

Adegan seru ada di sebuah gedung. Empat pria dengan gagah berdiri (kecuali yukihiro) dan bermain musik. Ada potongan saat-saat proses pembuatan video nya di tengah-tengah video tersebut. Lagu nya bisa di dengar kan di album BUTTERFLY.

8. Kaze no Yukue

Salah satu PV dimasa awal-awal terbentuknya laruku. Kazu no yukue merupakan salah satu lagu dalam album Tierra dimana posisi drummer masih dipegang oleh sakura. PV ini dibuat di Maroko. Dan ada atmosfir arabian disitu sebagai tokoh ceritanya. Selain itu dalam PV ini kita dapat melihat salah satu kepandaian hyde diluar musik yaitu membuat sketsa gambar.

9. X X X

Dari judulnya, kita bisa menangkap kesan sensual. Sebuah stasiun TV lokal pernah menayangkan sedikit tentang PV ini tengah malam, mendekati jam satu dini hari. Di PV ini ada banyak sekali wanita. Dan yang menarik tentu makna di dalam PV tersebut. Ada ular, apel emas, dan tentu nya para wanita. Lagu nya sangat tidak biasa dan unik, kembali memberi warna dalam musik yang disuguhkan. Terdapat di album BUTTERFLY.

10. READY STEADY GO

PV ini sering diputar di stasiun TV lokal di Indonesia pada saat itu. READY STEADY GO menandakan kembali nya L’Arc~en~Ciel setelah masa hiatus nya. Di PV nya, terdapat chibi personil L’Arc~en~Ciel dan juga efek-efek yang menarik, menyegarkan, dan membuat takjub. Lagu nya bisa didengarkan di album SMILE, QUADRINITY ~MEMBER BEST SELECTION~, TWENITY 2000 – 2010 dan WORLD BEST SELECTION.

Jika ingin melihat PV-PV tersebut (kecuali X X X), bisa didapatkan di DVD yang berjudul CHRONICLE yang terdiri dari 5 seri DVD. PV Niji bahkan bisa dilihat juga di DVD A Piece of Reincarnation. Mengingat sulit dan langka nya melihat PV L’Arc~en~Ciel tayang di Indonesia, memiliki seri CHRONICLE bisa dijadikan alternatif.

Created:
Members of L’Arc~en~Ciel Indonesia Group.

Related posts

Leave a Reply