Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jay Park – New Breed
Album of The Day

Album of The Day: Jay Park – New Breed 

Released by: Universal Music Indonesia

Jay Park mungkin dulu pernah bergabung dengan salah satu boygroup populer Korea Selatan, 2PM, bahkan menjabat sebagai leader. Namun karena sebuah kasus, menyebabkan ia harus kembali ke negara asalnya, Amerika, untuk memikirkan jejak karirnya selanjutnya. Yep, lajang 25 tahun ini bernama asli Park Jaebeom ini mungkin berdarah Korea, namun ia lahir dan besar di Seattle, Amerika. Untungnya Park sudah memiliki nama yang cukup besar di tanah leluhurnya tersebut sehingga memang cukup disayangkan jika tidak melanjutkan karirnya. Tidak heran jika kemudian ia pun memutuskan untuk tampil solo dan syukurlah mendapat atensi yang cukup besar, sehingga memuluskan lahirnya album debutnya ini, New Breed.

New Breed sebenarnya sudah dirilis pada akhir 2011 lalu sebagai sebuah EP berisi lima lagu namun kini mengalami ekstensi sebagai album penuh beramunisi berlimpah. Tidak tanggung-tanggung, ada sebanyak 15 lagu yang terangkum di dalamnya. Dan jika mengharapkan Park akan kembali menekuni skena elektro-pop seperti kumpulan yang dulu diusungnya atau dubs-step/dance yang kini mewabah termasuk di Korea Selatan, maka mohon maaf, maka harapan itu salah alamat. Di dalam New Breed, Park dengan maksimal mengeksplorasi kecintaanya pada dunia Hip Hop dan RnB. Bahkan di track pembuka, New Breed, yang berperan sebagai intro, Park sudah menegaskan dalam rap-nya yang penuh semangat, “Y’all muh-f*cka’s, you don’t know me at all/I make that good music, leave that other sh*t to y’all.

Sebuah pernyataan politis yang tegas bahwa New Breed akan terdengar dan bercita-rasa berbeda dari kebanyakan artis yang saat ini tengah menjamur di Korea Selatan. Dibuktikan dengan track Know Your Name, yang sedikit terdengar mirip dengan lagu-lagunya Jay Sean. Dalam lagu ini Park dibantu rapper muda berbakat Dok2 dan kerjasama mereka menghasilkan sebuah beat Hip Hop yang penuh semangat. Pemilihan sound yang terdengar Old-School merupakan pilihan yang cukup berani mengingat trend perpaduan Hip Hop dengan Elektropop atau House yang menjamur saat ini. Hasilnya sebuah lagu yang pretty intense and cool. Mendengarkan Know Your Name, bisa dikatakan sudah mendapatkan gambaran isi album New Breed ini secara umum, old school Hip Hop antique mixed with some bouncy club-banging.

Sebut saja track-track berikutnya, seperti Girlfriend, Up and Down dan track-track terakhir, AOM & 1llionaire dan enjoy The Show, yang menampilkan The Quiett & Dok2, Wasted yang menampilkan featuring Bizzy dan Clap yang menampilkam Tiger JK & Tasha. Beat-beat yang raw dan organis memenuhi aransemen lagu-lagu ini. Dikarenakan lagu-lagu ini memang ingin menampilkan kekuatan Park sebagai seorang rapper, maka tidak heran jika aransemen tidak menampilkan sesuatu yang sulit dan ribet. Musik hadir hanya sebagai “teman” bagi Park dan teman-teman untuk ngerap habis-habisan, sehingga pendengar tidak perlu tercuri perhatiannya oleh musik pengiring. Park benar-benar merangkul elemen hip-hop klasik tadi dengan ekstensif, sehingga mendengarkan lagu-lagu ini seolah membawa kita kembali ke satu dekade lain, saat para artis Hip Hop lebih menjual kualitas rap yang prima ketimbang menjadi sebuah party-anthem atau house-urban seperti yang sedang mewabah akhir-akhir ini.

Di lagu-lagu lainnya, Park kemudian mengeksplorasi RnB sebagai salah satu musik favoritnya. I Love You terdengar seperti Timbaland di awal 2000-an. Go yang bergerak dalam tempo sedang terdengar seperti anthem cinta yang soulful di era 90-an. Bahkan I Got Your Back terdengar lebih lawas lagi, seperti sebuah pop RnB akhir 80-an atau awal 90-an. Dalam Star menghadirkan sisi romantisnya yang lembut dan melankolis. Mengalun dan lembut dan didukung pula oleh penjiwaan yang cukup meyakinkan oleh Park. Sisi lembut Park lain dapat disimak dalam Come On Over yang mengizinkan Park bernyanyi dengan teknik falseto di beberapa bagiannya. Tema romantis mid-tempo dilanjutkan dengan Turn Off Your Phone dan tidak terlupa sebuah nomor akustik, I Can’t Be Without You.

New Breed tampaknya memang sebuah upaya keras seorang Jay Park untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Ramuan Hip Hop dan RnB yang menjadi andalannya dimanfaatkan dengan semangat tinggi. Meski terdengar agak dated, namun hasilnya album ini memang terdengar berbeda dengan album-album Hip Hop atau RnB mainstream yang banyak beredar saat ini. Cita rasa Amerika memang terdengar tebal dan nyaris meminggirkan atmosfir Korean gayo yang biasanya tetap dipakai oleh banyak artis Korea Selatan meski memakai aransemen kekinian dalam musiknya. Pemakaian bahasa Inggris dan Korea juga menambah nilai tersendiri karena pastinya dapat lebih mudah disimak oleh para pendengar non-Korean. Mungkin ini sebuah upaya agar musiknya didengar secara lebih luas. Meski terdengar agak repititf, mengingat materi lagu yang cukup banyak, namun ini jelas sebuah aksi solo yang cukup menyegarkan dari skena K-Pop. Dan Jay Park membuktikan bahwa ia masih cukup mampu untuk berdiri sendiri dalam memberikan sebuah album yang menarik.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “New Breed” (Intro) 2:31
2. “Know Your Name” (featuring Dok2) 4:02
3. “Girlfriend” 3:16
4. “Up And Down” (featuring Dok2) 3:36
5. “I Love You” (featuring Dynamic Duo) 4:29
6. “Go” 4:07
7. “I Got Your Back” 3:36
8. “?” (Star) 3:14
9. “???” (Come On Over) 4:04
10. “???? ??” (Turn Off Your Phone) 3:49
11. “? ?? ??” (I Can’t Be Without You)(Acoustic Version) 3:27
12. “AOM & 1llionaire” (featuring The Quiett & Dok2) 3:56
13. “Enjoy The Show” (featuring The Quiett & Dok2) 3:48
14. “? ??” (Wasted)(featuring Bizzy) 3:02
15. “Clap” (featuring Tiger JK & Tasha) 4:13

Related posts

Leave a Reply