Trending News

Blog Post

Album of The Day: Joanna Wang – The Things We Do for Love
Album of The Day

Album of The Day: Joanna Wang – The Things We Do for Love 

Released by: Sony Music Indonesia

Secara musikalitas, tidak ada yang perlu diragukan dari seorang Joanna Wang. Selepas debutnya Start From Here tahun 2008, dia telah mencuri perhatian. Ada sesuatu pada vokalnya yang terasa sendu membuat kita berhenti sejenak. Mendengarkan dia bercerita dalam nuansa jazz yang sangat dihapalnya di luar kepala.

Tahun 2011 bisa jadi tahun yang sangat sibuk. Mengapa? Joanna Wang memberanikan diri untuk menjadi produser untuk album eksperimentalnya yang bertajuk Boni’s Great Adventure (The Adventures of Bernie the Schoolboy) yang dirilis di Jepang pertama kali. Dia menembus batasannya sendiri. Tapi untuk album The Things We Do For Love, dia kembali ke akar. Sang ayah, Wang Zhiping yang turun tangan dan menjadi produser untuk album yang direkam di Los Angeles.

Satu hal yang menjadi benang merah antara Joanna Wang dan ayahnya adalah deretan track yang ada di 2 buah CD album. Sebuah perjalanan kembali untuk menguak dan menginterpretasi ulang lagu-lagu yang sangat hits pada jamannya. Siapa yang tidak mengenal Wild World yang diciptakan oleh Cat Stevens dan dibawakan oleh Mr. Big? Memori yang menjadi awal mula terciptanya album ini. Ketika masa kecil Joanna dihabiskan untuk mendengarkan lagu-lagu yang juga diputar dan dinikmati oleh orang tuanya.

Sebuah antologi mungkin istilah yang paling tepat. Secara diskografi, Joanna mengaku bahwa album The Things We Do For Love menjadi semacam mesin waktu kepada masa kecilnya. Dengan membuat interpretasi sendiri, dia kembali ke tahun 1970 dan 1980. Pun dia membagi 2 macam antologi. Dimulai dari area western, dimana kita mencicipi Raindrops the Keep Fallin ‘on My Head yang menjadi soundtrack film Butch Cassidy, sampai lagu kebangsaan Carole King, You’ve Got a Friend.

Hanya itu saja? Beberapa lagu mungkin populer bahkan ketika Joanna Wang belum lahir. Silahkan liat deretan track yang berbau “timur”. Mulai dari Teresa Teng dengan Pay and Lover, Waiting For You kepunyaan Sarah Chen, sampai lagu Kay Huang Three of The Dinner. Tidak familiar?

Bisa jadi inilah poin plus lainnya. Ketika dia bisa menjembatani 2 generasi yang saling bertolak belakang. Ketika mereka yang telah dewasa mampu menikmati lagu-lagu lawas dengan rasa yang serupa, generasi paling baru pun bisa ikut serta menikmati tanpa perlu merasakan lagu-lagunya terasa tua. Percayalah, kita tidak bisa membayangkan bahwa You’ve Got a Friend adalah sebuah lagu evergreen!

Seperti apa keseluruhan album ini? Beberapa bagian mungkin akan terasa sedikit manis. Saya sepertinya harus terbiasa dengan warna vokal Joanna yang berubah menjadi bahagia. Hahaha. Sebab saya menyukai kadar kesenduan dalam vokalnya. Tapi ini adalah sebuah album tentang cinta. Lewat gitar elektrik yang mendominasi di lagu The Things We Do For Love, menjadi semacam pengingat. Bagaimana pikiran dan perasaan bisa mengirimkan sinyal elektrik yang aneh ke hati. Ketika sedang jatuh cinta.

Dominasi warna album ini adalah jazz. Dengan tempo yang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga bisa membuat kita nyaman mendengarnya. Di bagian antologi Inggris bahkan kita bisa menikmati versi akustik dari You’ve Got A Friend, Wild World, dan Stay. Damn! Vokal Joanna menjadi sangat powerfull hanya diiringi oleh gitar dari awal sampai akhir track. Yang membuatnya lebih terasa spesial juga bahwa Lemon Tree yang dibawakan oleh Fools Garden digubah dalam bahasa Mandarin. Sebuah bukti bahwa tahun 1996 ketika singlenya dirilis, menjadi fenomena di Taiwan.

Album The Things We Do For Love lebih kental dengan nafas bahagia. Cocok untuk anda yang ingin mengingat kembali perjalanan cinta bersama sang kekasih. Hadiah anniversary mungkin? Atau ketika anda berpikir untuk mengakhiri sebuah hubungan, cobalah mendengarkan album ini. Sambil mengingat kisah bahagia anda tentunya. Bukankah semua orang akan melakukan hal-hal gila untuk sesuatu yang bernama cinta? Cheers!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Iqko / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
01.Raindrops Keep Fallin’ On My Head
02.You’ve Got a Friend
03.The Things We Do For Love
04.Wild World
05.Lemon Tree
06.Dirty Work
07.Stay
08.You’ve Got a Friend (Acoustic Version)
09.Wild World (Acoustic Version)
10.Stay (Acoustic Version)

Related posts

Leave a Reply