Trending News

Blog Post

Album of The Day: Train – California 37
Album of The Day

Album of The Day: Train – California 37 

Released by: Sony Music Indonesia

Dimulai di tahun 1998, sehingga kini band asal San Fransisco, Train, tetap konsisten merilis album hingga kini, termasuk album terbarunya, California 37, yang merupakan album keenam mereka. Bermuatan 11 lagu, apakah album ini akan mengulang kesuksesan album mereka sebelumnya? Namun mungkin terlalu naif jika kita menyandarkan penilaian hanya kepada kesuksesan secara penjualan, karena pertanyaan sebenarnya adalah apakah album ini masih renyah untuk dinikmati? Jawaban singkatnya, masih!

Sing Together mungkin akan sedikit mengingatkan single raksasa mereka di tahun 2009 lalu, Hey, Soul Sister, dimana ukulele membuka lagu ini sehingga memiliki banyak kesamaan mulai dari unsur tematis hingga atmosfir lagu yang Hawaiianesque. Tapi Train juga sebuah band pop-rock yang kuat. Ini dibuktikan dengan track pembuka yang penuuh dengan gelora This’ll Be My Year. Meski begitu, single pertama mereka, Drive By, rasanya bergerak cukup jauh dari akar rock mereka, karena dominasi pop yang jauh lebih tebal. Namun Train lagi-lagi akan membawa kita dalam pengalaman mendengarkan lagu yang seru. Drive By adalah bukti kegemilangan Train dalam mengkomposisikan sebuah lagu. Dalam durasi 3:16 kita akan diajak oleh Train untuk menggerakkan badan dalam lagu ini. Temponya yang bergerak cepat memang cocok untuk itu. Dengan mengandalkan irama yang sedikit groovey, Drive By, mungkin bisa kita sebut sebagai single dance milik Train.

Menyusul kini single Feels Good At First yang benar-benar feels good saat didengarkan. Hadir dengan konsep minimalis, single ini memang hanya menampilkan vokal Patrick Monahan bernyanyi dengan diiringi gitar akustik. Sulit untuk tidak menyukai single ini. Apalagi harmonisasi vokal dengan instrumen gitar yang begitu padu membuat single balada dengan sentuhan folk ini memang terdengar sangat lembut, mengalun dengan merdunya. Meski berdurasi 3 menitan, namun malah terdengar sangat singkat dan membuat kita ingin mendengar lagu ini lebih panjang lagi. Solusinya tentu saja mendengar ulang, lagi dan lagi.

Mermaid terdengar sedikit mirip dengan Maroon 5, tapi tidak mengapa, karena lagu ini dengan baik menyelipkan semangat keseruan musim panas di dalamnya sehingga tanpa tersadar kita bergoyang mengikuti iramanya. Berbanding terbailik dengan You Can Finally Meet My Mom yang dibuka dengan siulan, mengindikasikan ini menjasi sebuah lagu slow-rock yang ternyata memang tidak salah. Dengan string sections yang syahdu namun megah, lagu You Can Finally Meet My Mom ini terdengar begitu menyentuh. Agak mengingatkan salah satu hits raksasa mereka, Drops of Jupiter, memang. Sementara itu nomor country dihadirkan dalam Bruises yang menghadirkan duet bersama Ashley Moore yang terasa hangat dan menyenangkan. Sedang dalam 50 Ways to Say Goodbye, lagu dibuka dengan nuansa mariachi yang kental sampai berubah menjadi sebuah antem rock yang cepat dipertengahan. Keren!

California 37, yang juga menjadi judul album, menunjukkan kemampuan Train untuk melebar ke wilayah lain. Bayangkan saja, bagaimana Train tiba-tiba bertranformasi menjadi pengusung Hip Hop yang seru. Bukannya Pat Monahan akan ngerap disini, akan tetapi there’s so much attitude in the groove. Disambung dengan We Were Made For This, yang dibuka dengan lembut dan penuh perasaan namun memasuki pertengahan, solo gitar elektrik memberi kejutan yang cukup menyenangkan, sebelum lagunya kembali kebentuk awalnya, gloomy. Album ditutup dengan When the Fog Rolls In, yang rasanya cukup tepat menjalankan fungsinya sebagai….penutup. Sebuah tembang soulful minimalis dimana Pat Monahan bernyanyi diiringi oleh piano dan choir yang merdu. Tembang bercorak gospel ini tidaklah benar-benar minimalis karena kemudian drum dan banjo hadir menemani, namun tidak menghalangi luapan emosi yang terkandung di dilamnya. Menghanyutkan dan mengharukan. Jelas-jelas menunjukkan jika ini adalah lagu terakhir yang menutup sua kita bersama Train.

Dengan kesuksesan album Save Me, San Francisco di tahun 2009 yang lalu, jelas ekspektasi besar tersampir di bahu Train dengan California 37 ini. Namun, terlepas dari pengharapan yang tersampir, Train membuktikan jika mereka masih mampu menghasilkan album yang bagus. Setidaknya album yang sangat menyenangkan untuk disimak. Seluruh lagu yang terdapat di album ini tidak ada yang tidak enak didengar. Kehadiran penulis-penulis paten seperti Butch Walker dan Espend Lind yang membantu mereja mungin membuat Train tidak seperti Train yang kita kenal di 14 tahun lalu. Mereka berkembang dan berubah. Namun selama masih positif dan berkualitas, mengapa tidak?

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “This’ll Be My Year” Pat Monahan, Sam Hollander, Dave Katz, Butch Walker 3:30
2. “Drive By” Monahan, Espen Lind, Amund Bjørklund 3:16
3. “Feels Good at First” Monahan, Allen Shamblin 3:02
4. “Bruises” (featuring Ashley Monroe) Monahan, Lind, Bjørklund 3:52
5. “50 Ways to Say Goodbye” Monahan, Lind, Bjørklund 4:08
6. “You Can Finally Meet My Mom” Monahan, Jerry Becker 4:40
7. “Sing Together” Monahan, Lind, Bjørklund 3:26
8. “Mermaid” Monahan, Lind, Bjørklund, Mikkel S. Eriksen, Tor Erik Hermansen 3:17
9. “California 37” Monahan, Diji Parq, Gregg Wattenberg 2:13
10. “We Were Made for This” Monahan, Walker 4:04
11. “When the Fog Rolls In” Monahan, Wattenberg 4:22

Related posts

Leave a Reply