Trending News

Blog Post

K-Pop Fandom Championship 2012
Music News

K-Pop Fandom Championship 2012 

Image and video hosting by TinyPic

K-POP FANDOM CHAMPIONSHIP 2012
By: Husniyah Suryani

KPOPERS! Bersiaplah untuk kehadiran sebuah acara yang memberi warna baru dalam rutinitas fans gathering yang biasa dilakukan oleh komunitas-komunitas penggemar musik untuk menyalurkan kecintaannya pada sang idola, yakni melalui kehadiran K-POP FANDOM CHAMPIONSHIP 2012.

Acara K-POP FanChamp 2012 ini akan mengubah tradisi bahwa fans gathering hanyalah sekedar rutinitas berkumpul sambil membicarakan ini dan itu mengenai sang idola, dan di akhir acara dapat menambah rasa kecintaan pada sang idola. Namun lebih dari itu K-POP FanChamp akan mampu menumbuhkan rasa kebanggaan yang bisa dibilang mempertaruhkan gengsi antar fandom. Karena acara ini tidak hanya merupakan gathering dari satu fandom namun juga terdiri dari berbagai fandom.

Gak perlu kuatir kalau acara ini akan menyulut hal yang tidak diinginkan seperti lazimnya fanwar, karena tema yang di usung dari acara ini adalah ‘Kebersamaan Antar Fandom’. Lebih lanjut mungkin akan muncul pertanyaan, ”Apa sih K-POP Fandom Championship itu?”.

K-POP Fandom Championship adalah suatu konsep baru dalam acara fans gathering, dimana yang di utamakan dari acara ini adalah berbagai kompetisi permainan yang dilakukan dalam tim, dimana tim-tim yang ada dibentuk melalui fandom-fandom (misalnya tim B2UTY, tim A+, tim ELF, dan lain sebagainya). Fans secara individu di haruskan tergabung dalam suatu fandom, yang bebas dipilih sendiri. Sehingga acara ini benar-benar akan mempertaruhkan gengsi antar fandom melalui kompetisi yang akan terjadi. Permainan-permainan yang dilakukan antara lain ialah: ‘Shuffle Game’, ‘Make Your Own Kimbap’, ‘Paint Idol’s Logo’, ‘Brain Quiz’ dan masih banyak lagi.

Mungkin kamu familiar dengan kata-kata shuffle? Terdengar seperti nama jenis dance yang populer saat ini, dan di usung oleh T-Ara dalam setiap performance single Lovey-Dovey mereka. Ya mungkin memang demikian, Shuffle Game, ialah permainan dimana satu fandom akan diwakili oleh 3 orang. Alat yang digunakan adalah bakiak yang bisa dipakai oleh tiga orang sekaligus, kemudian akan disediakan suatu lintasan dimana para pemain harus melalui lintasan tersebut dengan menggunakan bakiak dan berjalan mundur seolah-olah sedang melakukan shuffle dance. Dan ketika lagu dimainkan para pemain harus berhenti dan memperagakan tarian sesuai dengan lagu yang sedang di putar.

Siapa yang tidak kenal dengan kimbap? Salah satu makanan khas Korea ini pastinya dikenal oleh semua penggemar budaya Korea. Bentuknya yang menyerupai lemper jika dianalogikan dengan kuliner Indonesia, terlihat mudah untuk dibuat. Namun dalam K-POP FanChamp ini fandom akan dituntut untuk menunjukkan kreatifitasnya mengolah kimbap dalam permainan Make Your Own Kimbab. Jadi bukan sekedar membuat kimbap. Dalam permainan ini, satu fandom akan diwakili oleh 2 orang, panitia hanya menyediakan main ingredients, yakni kim (rumput laut) dan bap (nasi) serta alat untuk menggulung kimbap. Kemudian peserta di beri kebebasan untuk menyajikan kimbap andalannya, misalnya dengan menambahkan keju, daging ayam atau bahkan cokelat sekalipun. Tergantung bagaimana peserta mampu menyajikannya dengan menghasilkan cita rasa yang tinggi.

Setiap fandom pasti memiliki logonya masing-masing kan? Dalam permainan Paint Idol’s Logo ini para fandom yang di wakili oleh 3 orang. Mereka diharuskan untuk ‘melukis’ logo fandomnya masing-masing pada media kain yang nantinya dapat di jadikan bendera. Gak perlu bingung ataupun kuatir apakah fandom kamu memiliki logo atau tidak, karena panitia akan menyediakan contoh logonya beserta peralatan gambar yang dibutuhkan seperti kain, cat dan kuas. Namun tidak menutup kemungkinan peserta membawa alat gambar tambahan.

Pernah dengar soal program televisi yang sempat populer di Korea berjudul Star Golden Bell, masa tayang acara tersebut mungkin sudah berakhir disana, namun acara tersebut di munculkan lagi dalam event K-POP FanChamp dalam permainan Brain Quiz. Dalam permainan ini satu fandom akan di wakili oleh 4 orang dan peserta akan disodori berbagai pertanyaan yang tidak jauh-jauh dari soal pengetahuan umum (seperti apa ibukota Negara Korea Utara), isu hangat di Indonesia (seperti siapakah mantan kekasih Julia Perez) dan juga pertanyaan seputar K-POP (seperti siapakah mantan leader grup 2PM yang sekarang bersolo karir). Jangan terkejut jika pertanyaan yang disodorkan tidak bisa ditebak ya! Karena peserta diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lain dalam satu fandom tanpa berpindah tempat. Setiap pertanyaan yang disodorkan akan diberi waktu.

Empat permainan diatas hanyalah sebagian dari permainan-permainan yang akan di kompetisikan oleh berbagai fandom dalam event K-POP FanChamp. Masih ada beberapa permainan lainnya yang pasti dijamin seru dan mampu memberi memori manis meskipun dalam bentuk kompetisi.

Perlu diingat acara ini juga memperebutkan hadiah jutaan rupiah untuk fandom yang memiliki poin paling tinggi dan ada berbagai doorprise. Doorprise akan dibagikan dalam dua kategori, kategori pertama adalah untuk 150 pendaftar pertama yang telah membayar baik pembayaran lunas maupun yang telah melakukan cicilan pertama. Dan ada juga Lucky Surprises, berbeda dengan doorprise, dalam Lucky Surprise ini semua pendaftar memiliki kesempatan untuk menang.

Jadi tunggu apalagi! Segeralah bergabung dalam event yang pertama kali ada di Indonesia, yang mengusung acara fans gathering dan kompetisi antar fandom sekaligus. Ikuti perkembangan infonya dengan mengikuti timeline @kpopers atau buka webblog kami di http://kpopfandomchampionship.tumblr.com . Kami juga selalu on air untuk memberi update informasi serta menjawab pertananyaan kpopers terkait k-pop FanChamp program Asian Hits di Istara 101.1 FM setiap hari Minggu pukul 19.00-21.00.

SAMPAI JUMPA DI K-POP FANDOM CHAMPIONSHIP 2012!!! Annyeong!!!

CP K-POP FANDOM CHAMPIONSHIP 2012 :
Debbie : 0881-9645-393
Ntonk : 0856-5522-8596
Ria : 0813-3290-6134

Related posts

Leave a Reply