Trending News

Blog Post

Music Newz Bites – 13 Apr
Music News

Music Newz Bites – 13 Apr 


Bersiaplah untuk album trilogi dari band Green Day! Band punk ini akan merilis tiga buah album dalam waktu dekat, diberi judul “¡Uno!”, “¡Dos!”, dan “¡Tré!” yang akan menjadi album terbaru mereka setelah “21st Century Breakdown” yang rilis di tahun 2009 lalu. Jadwal perilisan ketiga album ini bertahap. Dimulai dari yang pertama di 29 September, yang kedua di 13 November, dan yang terakhir di 15 Januari 2013. Ketiga album ini akan dirilis via Reprise Record. Band ini sendiri sekarang tengah berada di Oakland, California bersama produser Rob Cavallo untuk merampungkan album-album tersebut. “We are at the most prolific and creative time in our lives. This is the best music we’ve ever written, and the songs just keep coming. Instead of making one album, we are making a three album trilogy. Every song has the power and energy that represents Green Day on all emotional levels. We just can’t help ourselves… We are going epic as f#ck!” terang Green Day.

Mac Miller enggak mau ketinggalan. Dirinya juga punya 3 proyek yang akan keluar tahun ini. Well, bukan album sih. Tapi itu adalah kolaborasi. “I’m doing three collaborative projects before the end of this year. One is coming out soon, I can’t tell you but they’re all crazy, they’re all really dope. I think that’s just what I need to do right now, just explore, and expand, and make music with other people,” tutur artis yang berusia 20 tahun ini. Wah, ini pasti membuatnya super sibuk. Soalnya, Mac juga masih akan melanjutkan tur “Macadelic”-nya bulan Mei nanti.

Saat ditanya kapan album terbarunya akan dirilis, Christina Aguilera menyatakan bahwa dirinya sekarang sedang di tahap pemilihan lagu yang akan dimasukkan ke dalam album tersebut. Sang Diva lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas, dan dirinya sedang pilah-pilih lagu yang “personal” untuk direkam. Salah satu lagu di dalam album tersebut nanti akan menampilkan kolaborasinya dengan rekan sesama pelatih dalan ajang The Voice, yaitu CeeLo Green. Christina tidak mau menyebut apa judul lagu tersebut, tapi dalam kesempatan wawancara Billboard dengan CeeLo, CeeLo memberikan sedikit keterangan. “It’s a song for her album. I won’t disclose the title, because it could possibly be a working title. You know, but we’ve talked about it amongst ourselves and I’m gonna go in on it and work it out. It’ll be the second song we’ve done” katanya.

Tak hanya menjuarai chart Billboard Hot 100 untuk pekan keenamnya saja, tapi grup Fun juga mencatat nama mereka dan single ‘We Are Young’ sebagai single dengan penjualan digital terbaik tahun ini. Total terjual sebanyak lebih dari 3 juta, menjadikan single tersebut sebagai satu-satunya lagu yang terjual di atas angka 3 juta dari tahun ini. Secara keseluruhan, total 14 buah lagu yang punya prestasi serupa. Single ini juga mempertahankan penjualan digitalnya yang gemilang selama 6 pekan (berturut maupun tidak) yang terjual secara digital di atas 300.000 kopi setiap pekannya. Melewati prestasi 5 pekan yang dimiliki oleh Eminem lewat ‘Love The Way You Lie’.

Itu dari single, dan kalau dari album, Nicki Minaj yang juara pekan ini. Terjual sebanyak 253.000 kopi, “Pink Friday: Roman Reloaded” langsung meroket ke posisi puncak Billboard 200 Albums. Debutan lain dalam Top 10 BB 200 pekan ini adalah “Changed” dari Rascall Flatts yang terjual sebanyak 130.000 kopi, “My Head Is An Animal” dari Of Monsters and Men yang terjual sebanyak 55.000 kopi, dan “I Win” milik Marvin Sapp yang terjual sebanyak 37.000 kopi. Dan oh ya, prediksi pekan depan, “21” oleh Adele akan kembali mengganas ke puncak untuk minggu ke-24-nya.
1. Pink Friday: Roman Reloaded – Nicki Minaj
2. 21 – Adele
3. Changed – Rascal Flatts
4. Tuskegee – Lionel Richie
5. Up All Night – One Direction
6. My Head Is An Animal – Of Monsters and Men
7. The Hunger Games Soundtrack – Various Artists
8. MDNA – Madonna
9. I Win – Marvin Sapp
10. Amaryllis – Shinedown

Dan apakah kalian memperhatikan daftar di atas yang memperlihatkan album juara pekan lalu “MDNA” yang terjun bebas ke posisi 8 pekan ini? Well hey, album tersebut mencatat penjualan teranjlok di pekan kedua yang dicatat oleh Nielsen SoundScan sejak tahun 1991. Dari angka 359.000 pekan lalu ke 48.000 pekan ini, turun sebanyak 86,7%, album milik Madonna ini mengalahkan rekor teranjlok sebelumnya yang dimiliki oleh album “Born This Way” milik Lady Gaga yang menurun sebanyak 84,27% di pekan keduanya. Meskipun “MDNA” tercatat sebagai penurunan terbesar untuk album yang debut di posisi 1, tapi secara keseluruhan masih ada 1 album yang rekor anjloknya lebih juara. Yaitu album kompilasi rock berjudul “The Edge” yang rilis pada 10 April 2010. Album ini terjual sebanyak 53.000 kopi dan duduk di peringkat 4, kemudian di minggu keduanya, album ini terjual sebanyak 7.000, turun 87,2% dan terlempar ke posisi 81 dalam chart.

Labelnya Simon Cowell harus menghadapi tuntutan hukum atas salah satu artis yang berada di bawah naungannya, One Direction. Ya, boyband yang dibentuk dalam ajang X Factor di UK pada musim ketujuhnya ini telah sukses mendaratkan karir musik mereka dari UK ke US. Tapi, sebuah band di US yang sudah terlebih dahulu menggunakan nama “One Direction” menuntut Syco Entertainment dan Sony Music sebesar $1 juta atas penggunaan nama tersebut di wilayah Amerika Serikat. Band One Direction dari US dengan frontman Sean O’Leary tidak memiliki kontrak rekaman. Tapi mereka sudah menjual album mereka “The Light” di iTunes sejak Februari 2011 lalu. Perkara ini sudah dibawa ke ranah hukum. Dan dalam tuntutannya, pihak One Direction (US) menyatakan kalau mereka tidak ingin terjadi kesalahpahaman atas nama mereka dengan nama boyband asal UK tersebut.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply