Trending News

Blog Post

Album of The Day: Neon Trees – Picture Show
Album of The Day

Album of The Day: Neon Trees – Picture Show 

Released by: Universal Music Indonesia

Kesuksesan Animal tentu saja membawa berkah bagi Neon Trees. Imbasnya tentu saja pada berkibarnya nama mereka dan juga album debut mereka, Habits (2010). Bahkan sampai sekarang mungkin Animal masih menjadi bagian dari playlist banyak orang atau radio. Memanfaatkan momentum, Neon Trees pun merilis album kedua mereka, Picture Show. Alih-alih bermain aman dengan tetap fokus di subgenre rock alternative, Pictures Show adalah upaya Tyler Glenn, Chris Allen, Branden Campbell dan Elaine Bradley ke dalam ranah yang lebih pop dengan mengandalkan ritme synth atau elektro-pop.

Tapi jangan kuatir, rock masih menjadi alas bagi Neon Trees untuk lagu-lagu mereka. Single pertama untuk Picture Show adalah Everybody Talks, sebuah nomor rock yang riang dan up-tempo namun tetap terdengar santai sehingga terkesan sangat fun dan hip. Ada sedikit pengaruh tune rock vintage ala era 60-an di soundnya. Bukan berarti single ini terdengar lawas, namun Everybody Talks malah menjadi semakin riuh saja. Teenage Sounds menghadirkan nomor post-punk yang riuh, tidak hanya distorsi gitar namun juga vokal Tyler Glenn yang garang. Tempo yang cepat membuat lagu ini bergerak layaknya kereta api yang melaju pesat.

Akan tetapi Picture Show juga menunjukkan minat Neon Trees untuk memasukkan synthesizer secara ekstensif ke dalam lagu-lagu mereka. Simak saja single sepanjang 6:05 yang berjudul Trust. Beat synth yang gemerlap langsung menghajar yang diriingi dengan beat-beat ala disko 80-an, meski ritme bergerak dengan cukup tenang. Lagu ditutup dengan solo instrumental yang sangat atmosferik, teduh dan lembut. Setelah itu pendengaran kita langsung dihajar oleh Close to You yang tak kalah padat dengan arsiran synth dan atmosfir yang gloomy. Seolah-olah mereka mengadopsi musik-musik kelam ala Angelo Badalamenti kedalamanya namun tak terlupa dengan semangat rock yang kental. Uniknya, menjelang pertengahan ambiance pun seolah dirasuki oleh semangat trip-hop. Mungkin hanya saya, akan tetapi sedikit mengingatkan akan A Real Hero milik College, hanya saja dalam versi yang lebih cerah.

Akan tetapi secara keseluruhan, Picture Show tetap sebuah album rock n’ roll. Mayoritas materi yang terdapat dalam album ini adalah anthem rock yang seru dan easy listening. Mulai dari Weekend yang sedikit nge-funk, bergerak-gerak dalam tempo yang lincah dan mengundang untuk bergoyang di lantai dansa. Dan pesta masih bisa dilanjutkan dengan Lessons in Love (All Day, All Night) yang menampilkan DJ Kaskade. Dalam Hooray for Hollywood, Neon Trees memutuskan untuk meinginfusi elemen metal kedalamnya, meski tidak terlalu kentara, lebih sebagai aksesoris untuk beat cepat yang menggerakkan lagunya. Hanya saja sulit untuk menghindarkan kesan jika lagu ini terdengar agak sedikit The Killer-ish.

Neon Trees juga cukup cerdik dengan menempatkan dua lagu terbaiknya di penghujung album sebagai finale yang pas dan memuaskan. Pertama adalah Still Young, sebuah lagu penuh perasaan tentang gejolak kawula muda, haha. Tapi memang benar jika ini adalah salah satu lagu Neon Trees yang mengandalkan penjiwaan dalam nyanyiannya ketimbang aransemen yang rumit. Melantun dengan balutan emosi yang kuat. Kedua adalah lagu dansa I Am The DJ, sebuah pop-dance yang bergemuruh namun tetap dibalut dalam semangat rock yang seru. Hanya saja, meski bertempo kencang, kita bisa merasakan jika ini adalah sebuah lagu “pedih”. Simak saja lirik semacam “I am the DJ / And you’re still my favorite mistake / So when you get that feeling / Keep dancing.” Lebih kuat dengan nuansa galau ketimbang kegembiraan. Namun dengan cukup cerdas, kedua perasaan yang saling bertolak belakang tersebut malah memadu menjadi sebuah lagu yang sangat renyah untuk disimak.

Oh yes, Neon Trees did it again. They got the swag and attitude. Semua potensi untuk menjadi besar. Picture Show adalah album yang menarik dan sangat enjoyable. A highly entertaning album. Namun, ditengah kesuksesan Fun. dengan semangat indie-nya, semangat mainstream milik Neon Trees mungkin akan terdengar sedikit banal dan awam jika tidak mau disebut pasaran. Dengan amunis yang mereka miliki sekarang, Neon Trees akan jatuh ke tipologi cool band but nothing special yang menjamur dan bisa saja berlalu bersama jalannya waktu. Sungguh sesuatu yang sangat disayangkan, mengingat mereka memiliki banyak potensi. Namun perjalanan masih panjang. Dan rasanya terlalu naif jika mencoba meramal nasib sebuah band hanya berdasarkan album mereka. Begitu banyak faktor. Lagipula, Picture Show masih merupakan album yang sangat layak untuk disimak.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Moving in the Dark” 3:02
2. “Teenage Sounds” 4:22
3. “Everybody Talks” 2:57
4. “Mad Love” 3:10
5. “Weekend” 4:35
6. “Lessons in Love (All Day, All Night)” (featuring Kaskade) 3:43
7. “Trust” 6:05
8. “Close to You” 5:05
9. “Hooray for Hollywood” 3:13
10. “Still Young” 5:04
11. “I Am the D.J.” 5:14

Related posts

Leave a Reply