Trending News

Blog Post

Album of The Day: Nicki Minaj –  Pink Friday: Roman Reloaded
Album of The Day

Album of The Day: Nicki Minaj – Pink Friday: Roman Reloaded 

Released by: Universal Music Indonesia
Sejujurnya saya baru bisa menikmati album terbaru Nicki MinajRoman Reloaded diparuh keduanya. Telinga saya menjadi lebih nyaman dan bersahabat dengan track-track selepas Starship yang ditaruh di nomor 10. Track yang dilepas sebagai single andalan ini menjadi semacam sebagai penegas dan pembatas, akan musik yang berbeda dan vokal Nicki yang lebih manis.

Mengapa? Menyimak barisan headliner di barisan awal, membuat beat hip-hop yang dibawakan Nicki Minaj menjadi lebih kental dan pekat. Beberapa kali dentaman bass menjadi sedemikian penuhnya, sampai terasa pekak. Coba saja dengar di beberapa bagian Roman Reloaded yang dibawakan bersama Lil Wayne. Suara senjata, bersatu dengan beat-beat berat membuat kita menghela nafas ketika track ini berakhir.

Begitu juga ketika Roman Holiday hadir sebagai teaser awal. Beat yang kencang dan power vokal Nicki Minaj yang bertenaga membuat kita berkenalan dengan isi album ini. Liburan? Bersenang-senang? Sex? Stupid Hoe? You name it. Ditambah juga barisan highlight dari jawara hip-hop yang menjadi tandemnya. Sebut saja Nas, Drake, Young Jeezy (Champion), Chris Brown (Right On My Side), Lil Wayne, Bobby V (Sex In The Lounge). Menjadikan paruh pertama album ini terasa berat dan menyesakkan.

Roman Zolanski yang diperkenalkan sebagai alter ego menjadi semacam pembenaran bahwa apa yang dia lakukan untuk album ini dilakukan atas nama kebebasan. Dalam satu wawancara bersama Ryan Seacrest, Nicki Minaj berujar bahwa dalam Roman Reloaded amunisi bebasnya bisa ditemukan disetiap sisi lagu. Berbeda dengan album terdahulu yang penuh dengan kompromi. Benarkah demikian?

Yang pasti barisan nama tenar berdiri menjadi produser. Sebut saja RedOne, Dr. Luke, J.R. Totem, sampai Dr. Luke. Semuanya bekerja sama dalam meramu musik yang sesuai dengan keinginan Nicki Minaj. Barisan produser ini mestinya berbangga hati. Sejak dirilis tanggal 3 April, album ini menjadi juara di Chart Billboard Top 200, serta mengambil alih tahta chart US Top Rap dan chart US Top Hip-Hop/R’n’B.

Sebetulnya bagaimanakan rupa asli dari vokal Nicki Minaj? Silahkan simak curhat terselubungnya dalam Marylin Monroe yang berada di track ke 15. Dengan barisan piano sebagai intro lagu, semua orang rasanya akan jatuh cinta. I’m insecure yeah I make mistakes, Sometimes I feel like I’m at the end of the road.

Kita juga akan mengenali sosok lain dari pribadi Nicki Minaj. Seolah-olah alter egonya mengambil alih dan berbicara tentang kerapuhan, kesedihan, dan hidup yang gamang. Vokalnya pun terdengar lebih lembut dan bisa dinikmati. Rupa yang manis ini apakah Nicki Minaj atau Roman Zolanski?

Suasana ini masih terbangun dan bisa ditemukan pada track Young Forever ataupun Fire Burns. Dear Nicki, vokalmu lebih bisa dinikmati dalam pola lagu seperti ini. Tapi kekurangannya apa? Tipikal vokalnya kemudian berubah menjadi tipikal penyanyi R&B kebanyakan. Kecuali bagian sengau yang ditariknya di setiap ujung kalimat. Kita masih bisa mengenali bahwa itu dia. Yah, makin ambigu, apakah kita senang mendengarnya bernyanyi secara normal, atau merepet dalam rap yang cepat di setiap lagunya.

Era Superbass mungkin model yang paling tepat untuk musik Roman Reloaded ini. Semuanya terangkum mulai dari Starship yang terasa menyenangkan. Cocok dinikmati kala musim panas menjelang. Beat-beat yang bernuansa happy ini kemudian berlanjut ke Pound The Alarm, Whip It, dan Beautiful Sinner yang begitu menggoda dan sangat intens.

Dengan banyaknya penampil di album terbarunya, saya memberikan kredit lebih pada duet terakhir bersama Beenie Man melalui track Gun Shot. Walaupun Beenie Man hanya tampil di beberapa bagian, track ini terdengar lebih romantis dan lebih berperasaan. Lebih mengeluarkan emosi dibandingkan unsur seksualitas yang dijabarkan dengan vulgar bersama penampil lain. Rasanya mengingat pola The Sweet Escape kepunyaan Gwen Stefanie bersama Akon. Semanis itu.

Album ini akhirnya akan membawa kepada era baru musik hip-hop. Haters gonna hate. Banyak yang menghujat musik Nicki Minaj terdengar sangat trashy dan annoying, tapi sebenarnya ketika kita mau mendengarkan lebih seksama, ada banyak materi menyenangkan dari Roman Reloaded. Butuh album pesta semalam suntuk? Nicki Minaj jawabannya!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Iqko / CreativeDisc Contributror)

TRACKLIST
1. “Roman Holiday” Onika Maraj, Winston Thomas, Larry Nacht, Safaree Samuels Blackout, Pink Friday Productions 4:05
2. “Come on a Cone” Maraj, Chauncey Hollis Hit-Boy 3:05
3. “I Am Your Leader” (featuring Cam’ron and Rick Ross) Maraj, Hollis, William Roberts II, Cameron Giles Hit-Boy 3:33
4. “Beez in the Trap” (featuring 2 Chainz) Maraj, Maurice Jordan, Tauheed Epps Kenoe 4:28
5. “HOV Lane” Maraj, Ryan Marrone, Garrick Smith, Samuels Ryan & Smitty 3:13
6. “Roman Reloaded” (featuring Lil Wayne) Maraj, Dwayne Carter, Ricardo LaMarre, Samuels Rico Beats, Pink Friday Productions 3:16
7. “Champion” (featuring Nas, Drake, and Young Jeezy) Maraj, Tyler Williams, Nikhil Seetharam, Aubrey Graham, Jay Jenkins, Nasir Jones T-Minus, Nikhil S.* 4:56
8. “Right by My Side” (featuring Chris Brown) Maraj, Andrew Wansel, Warren Felder, Ester Dean, Jameel Roberts, Ronny Colson Andrew “Pop” Wansel, Oak, Flip*, JProof* 4:25
9. “Sex in the Lounge” (featuring Lil Wayne and Bobby V) Maraj, E. Wilson, M. Hall, Dwayne Carter, Bobby Wilson, Safaree Samuels M.E. Productions, Pink Friday Productions 3:27
10. “Starships” Maraj, Nadir Khayat, Carl Falk, Rami Yacoub, Wayne Hector RedOne, Rami, Falk 3:30
11. “Pound the Alarm” Maraj, Khayat, Falk, Yacoub, Bilal Hajji, Achraf Jannusi RedOne, Falk, Rami 3:25
12. “Whip It” Maraj, Khayat, Alex Papaconstantinou, Bjoern Djupstom, Hajji, Hector RedOne, Alex P 3:15
13. “Automatic” Maraj, Khayat, Jimmy Thornfeldt, Geraldo Sandell RedOne, Jimmy Joker 3:18
14. “Beautiful Sinner” Maraj, Alexander Grant, Ester Dean Alex da Kid 3:47
15. “Marilyn Monroe” Maraj, Daniel James, Leah Haywood, Ross Golan, Jonathan Rotem J. R. Rotem, Dreamlab* 3:16
16. “Young Forever” Maraj, Lukasz Gottwald, Kelly Sheehan, Henry Walter Dr. Luke, Cirkut 3:06
17. “Fire Burns” Maraj, Wansel, Felder Wansel, Oak 2:59
18. “Gun Shot” (featuring Beenie Man) Maraj, Daniel Johnson, Moses Davis, C. Grossett Kane Beatz 4:39
19. “Stupid Hoe” Maraj, Tina Dunham, Samuels DJ Diamond Kuts, Pink Friday Productions 3:16

Related posts

Leave a Reply