Trending News

Blog Post

Album of The Day: Roxette – Travelling
Album of The Day

Album of The Day: Roxette – Travelling 

Released by: Warner Music Indonesia

Lagu pembuka di album Travelling ini beda dengan di album-album Roxette sebelumnya yang biasanya selalu dengan style bubble gum pop yang merupakan ciri khas duo asal Swedia ini. Kali ini lagu yang diberi judul Me and You and Terry and Julie lebih agak relax, walaupun pada chorusnya Marie Fredriksson membuktikan suaranya masih seenerjik dulu. Musiknya juga berbeda, in my personal opinion, lagu ini sepertinya cocok menjadi theme song sebuah film musikal. Akan tetapi, ciri khas Roxette yang selalu menampilkan musik dan lirik yang catchy masih terlihat kental. Lagipula change is a good thing, bukankah begitu?

Setelah itu bersiap-siap terpesona dengan Lover, Lover, Lover, yang menurut saya pantas untuk dijadikan singel Roxette selanjutnya. Lagu ini tidak seradio friendly seperti singel pertama dari album ini, It’s Possible, tetapi ini bisa menjadi fresh air bagi pecinta musik yang mungkin sudah bosan dengan musik-musik baru yang yang over produced. Perpaduan suara Marie dan Per memang sangat pas sekali di lagu ini. Kudos buat Per Gessle, yang sekali lagi membuktikan dia masih mampu membuat musik berkualitas, bahkan saya berani menyatakan lagu ini mungkin salah satu karya terbaiknya.

Salah satu ciri khas Roxette yang telah membawa mereka ke puncak tangga lagu dunia adalah powerful ballad mereka plus vokal Marie yang timeless. Nah, bagi yang kangen dengan lagu balada klasik ala Roxette, Turn Of The Tide bakal menjadi favorit terbaru dari duo ini. Saya sudah hampir yakin, pasti yang ini juga akan dirilis menjadi singel. Siap-siap untuk ketagihan dengan lagu ini. Oya, jangan lupa siapkan sapu tangan karena vokal Marie yang angelic bisa tearing your heart apart.

Kalau Anda bertanya-tanya kenpa ada kata “Charm School” di Touched By The Hand Of God. Ini karena sebelumnya lagu ini peruntukkan untuk album Roxette sebelumnya, yang berjudul Charm School, tetapi justru berakhir di Travelling. Terus terang awal lagu ini kurang mengena di telinga saya. I thought, is it gonna be another 7twenty7? Tapi untunglah di pertengahan lagu ini, lagunya berubah semakin menarik walaupun kelihatan too noisy untuk album ini. Tetapi, nggak mungkin kan kalau semua lagunya mendayu-dayu semua?

Untuk saat ini, Easy Way Out mungkin lagu terlemah di album ini. Tetapi, bukan berarti ini lagu yang jelek, hanya saja lagu yang lain terlalu superior jika dibandingkan dengan yang ini. Menurut saya, justru lagu ini akan bernasib seperti Place Your Love (Crash! Boom! Bang!), Beautiful Things (Have A NIce Day), Staring At The Ground (Have A Nice Day), yang semula kelihatan seperti the weakest on the album, tapi justru semakin dihargai beberapa tahun setelah album dirilis. Terus terang, banyak lagu populer Roxette yang sering saya skip, tetapi saya sudah tidak pernah lagi meng-skip Place Your Love, Beautiful Things, dll. Oya, is it just me atau lagu ini mirip dengan gayanya kelompok musik Sundays yang terkenal dengan lagu-lagu mereka seperti Wild Horses dan When I Am Thinking About You.

Mungkin It’s Possible yang lebih cocok jadi tembang pembuka di album ini. Lagu ini mengingatkan kita pada How Do You Do dan Joyride. Menurut saya ini single pertama Roxette terbaik sejak A Thing About You. Akhirnya setelah sekian lama, saya tidak protes lagi soal pemilihan single pertama mereka. Kelihatan sekali Per dan Marie benar-benar sangat menikmati bekerja sama lagi di bawa bendera Roxette. Per kreativitas sedang berada di puncak dan begitu pula dengan semangat Marie. Pokoknya setelah mendengar lagu ini I just wanna Oh!Oh!Oh! (Apa coba artinya?)

Lagu selanjutnya berjudul Perfect Excuse. Ketika pertama kali mendengar snippet album ini, lagu ini merupakan yang paling saya ingin dengar keseluruhannya. Dan sekarang, saya benar-benar puas dengan hasilnya, walaupun menurut saya Turn of The Tide masih sedikit lebih berdampak emosional dibanding lagu ini. Namun, suara angelic Marie dan backing vocalnya Helena Josefsson, bisa dibilang perpaduan yang sangat serasi. Seakan-akan kita mendengar musik dari surga. Walaupun saya akan lebih suka jika lagu yang sangat divine ini dinyanyikan secara duet oleh Marie dan Per. Menurut saya, suara Per juga tidak kalah angelic.

Vokal terbaik Per ada di lagu “Excuse Me, Sir. Do You Want Me To Check On Your Wife”. Arrangement musiknya juga sangat menarik. Sedikit mengingatkan saya pada aliran Britpop, yang sempat populer beberapa tahun silam. Tidak heran di album ini ada lagu yang berjudul Angel Passing. Menurut saya lagu ini justru yang pantas dijadikan judul, karena atmosfir lagu-lagu di album ini. Namun untuk saat ini, saya belum terlalu amazed dengan lagu ini (kecuali dengan aransemennya saja), tetapi saya menduga lagu ini bakal lebih dihargai ketika album ini sudah tidak baru lagi.

Selain lagu-lagu baru, di album ini Roxette juga merekam ulang lagu-lagu yang sudah pernah dirilis sebelumnya. Ketika mendengar Stars akan dimasukkan ke album, I wasn’t too pleased. Pasalnya versi albumnya yang ngedance bukan favorit saya. Akan tetapi, saya berubah pikiran ketika mendengar versi ala livenya yang dimasukkan. Saat live lagu ini justru keren sekali, karena justru kedengaran rockier. Sayangnya untuk She’s Got Nothing On (But The Radio), rekaman livenya tidak sebagus saat menonton langsung di konser.

Bagi hard core Roxette fan, The Weight of The World sudah lumayan akrab di telinga mereka. Banyak yang menyayangkan lagu ini hanya menjadi B-Side saja, karena itu saya senang sekali begitu mengetahui lagu ini dimasukkan ke album ini. Benar-benar well deserved. Begitu juga dengan See Me, walaupun saya menganjurkan untuk tidak lupa mencari versi originalnya yang tanpa akustik gitar, karena kedengaran lebih “haunting” dan misterius.

Sama seperti Stars, saya juga kurang suka dengan ide memasukkan It Must Have Been Love ke album ini, karena lagu ini sudah keseringan muncul dimana-mana, but I changed my mind begitu mendengar versi yang satu ini. Bayangkan lagu ini dinyanyikan dengan irama Orchestra. Hasilnya benar-benar sangat memukau.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Miedy Bishop)

TRACKLIST
1. “Me & You & Terry & Julie” 3:46
2. “Lover, Lover, Lover” 4:00
3. “Turn of the Tide” 4:11
4. “Touched by the Hand of God” 3:48
5. “Easy Way Out” 3:38
6. “It’s Possible” 2:38
7. “Perfect Excuse” 3:41
8. “Excuse Me, Sir, Do You Want Me to Check on Your Wife?” 4:15
9. “Angel Passing” 2:47
10. “Stars” (Live at Dubai soundcheck) 3:36
11. “The Weight of the World (Vocal Up Mix)” 2:52
12. “She’s Got Nothing On (But the Radio)” (Live in Rio de Janeiro) 4:41
13. “See Me (New Version)” 3:49
14. “It’s Possible (Version Two)” 2:45
15. “It Must Have Been Love” (Live at Night of the Proms, Rotterdam) 4:18

Related posts

Leave a Reply