Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Music of Smash
Album of The Day

Album of The Day: The Music of Smash 

Released by: Sony Music Indonesia

Musik dan serial TV menjadi kesatuan yang komersil belakangan ini dikarenakan keberhasilan Glee menyerbu tangga lagu dengan musik mereka. Serial musikal lainnya, Smash mungkin tak segencar Glee dalam memproduksi lagu-lagu, tapi mereka punya bahan apik dan menyegarkan yang dikumpulkan dalam album “The Music Of Smash” yang rilis di 1 Mei 2012. Sebanyak 13 buah lagu terdapat di dalamnya, terdiri dari karya musik original dan cover version lagu-lagu artis lain yang punya keterkaitan cerita dengan serialnya. Sehingga saat kita mendengarkannya, apa kita dapat terkenang dengan adegan yang terjadi saat lagu-lagu ini dibawakan.

‘Who You Are’ contohnya. Lagu original Jessie J ini dibawakan oleh Ivy (diperankan oleh Megan Hilty) yang saat itu khawatir akan kehilangan suaranya karena menderita sakit tenggorokan. Emosi yang berbeda dengan ‘Crazy Dreams’, lagu original Carrie Underwood ini dibawakan Ivy tak lama setelah dirinya mendapatkan peran Marilyn. Marc Shaiman dan Scott Wittman memberi aransemen yang lebih sederhana dari versi original lagu-lagunya dengan intrumen piano yang mendominasi sound. ‘Beautiful’ (Christina Aguilera) juga ‘Brighter Than The Sun’ (Colbie Caillat) dibawakan oleh Karen (diperakan oleh Katharine McPhee) dengan dengan versi yang lebih sendu ketimbang versi aslinya.

Saat Smash ini dimulai, kita sudah diberi teaser mengenai persaingan antara Ivy dan Karen demi mendapatkan peran utama dalam pementasan musikal yang ditulis oleh Julia dan Tom, disutradarai oleh Derek, dan diproduseri oleh Eileen. Sehingga saat koleksi lagunya dikemas dalam album apik ini, keduanya mendapatkan porsi penampilan yang bersaing. Persaingan tersebut digambarkan dalam Diva Battle ‘Let Me Be Your Star’ yang seutuhnya adalah lagu terbaik dalam pementasan Marilyn, sekaligus lagu terbaik dalam album ini. Tapi karena selama masa workshop Ivy yang mendapatkan peran Marilyn, maka dirinya yang mendapat lagu original lebih banyak. Lagu-lagu yang ditulis khusus untuk Marilyn The Musical, “Bombshell” dibawakan solo oleh Ivy, ‘Let’s Be Bad’ dan secara duet dengan tokoh yang mendapatkan peran Joe DiMaggio, Michael (diperankan oleh Will Chase), ‘Mr. & Mrs. Smith’ dan ‘History Is Made At Night’.

Mereka tak ingin menyia-nyiakan kehadiran Nick Jonas sebagai bintang tamu, sehingga penampilannya membawakan versi piano untuk lagu Michael Buble ‘Haven’t Met You Yet’ memberi warna dalam album ini. Berhubung Smash akan dibuatkan musim tayang keduanya, jangan terkejut kalau suatu waktu pemeran utama maupun pemeran pembantu di dalamnya akan bernyanyi. Contohnya Sam, penari yang dalam ensemble musikal tampil bernyanyi di gereja bersama Karen membawakan lagu gospel ‘Stand’. Hal ini yang kemudian membuat “The Music Of Smash” menjadi sebuah album yang kompleks. Dari pop, musikal, gospel, hingga dance ada di dalamnya. Ya, track dance itu adalah ‘Touch Me’ yang ditulis oleh Ryan Tedder bersama tim; Bonnie McKee, Brent Kutzle, dan Noel Zancanella khusus untuk memberikan warna modern dalam sosok Marilyn. Meskipun akhirnya ide tersebut dianggap murah dalam ceritanya, tapi lagunya menjadi sebuah nomor yang punya tingkat antusias teratas.

Jangan pandang sebelah mata pada album ini. Karena berasal dari serial yang bergenre drama musikal dan sepenuhnya mengisahkan lika-liku pencapaian ke Broadway plus bumbu-bumbu kisah personal setiap orang yang terlibat di dalamnya, tak langsung menjadikan sebuah album tersegmentasi pada alunan musik dramatis a la pementasannya. Bukankah di atas telah tertulis jelas bahwa album ini punya kompleksitas? Nah, menambahkan hal itu, aroma Latin dalam ’20th Century Fox Mambo’ dan less-alternative more-pop ‘Shake It Out’ (Florence + The Machine) hadir. Keduanya dibawakan secara apik oleh Karen. “Stars aren’t born. They’re made.” Itu yang tertulis dalam kemasan Smash. It’s musical, the songs are the stars, the singers as well!

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Touch Me” (featuring Katharine McPhee) Ryan Tedder, Brent Kutzle, Bonnie McKee, Noel Zancanella Original composition 3:50
2. “Stand” (featuring Katharine McPhee and Leslie Odom) Michael More, Frederick B. Williams Donnie McClurkin 2:57
3. “Who You Are” (featuring Megan Hilty) Jessica Cornish, Toby Gad, Shelly Peiken Jessie J 3:51
4. “Crazy Dreams” (featuring Megan Hilty) Carrie Underwood, George Barry Dean, Troy Verges Carrie Underwood 3:04
5. “Beautiful” (featuring Katharine McPhee) Linda Perry Christina Aguilera 3:32
6. “Haven’t Met You Yet” (featuring Nick Jonas) Michael Bublé, Alan Chang, Amy Foster-Gilles Michael Bublé 2:21
7. “Shake It Out” (featuring Katharine McPhee) Florence Welch, Paul Epworth Florence + the Machine 2:48
8. “Brighter Than the Sun” (featuring Katharine McPhee) Colbie Caillat, Tedder Colbie Caillat 2:42
9. “Let Me Be Your Star” (featuring Katharine McPhee and Megan Hilty) Marc Shaiman, Scott Wittman Original composition 3:12
10. “The 20th Century Fox Mambo” (featuring Katharine McPhee) Shaiman, Wittman Original composition 2:39
11. “Mr. & Mrs. Smith” (featuring Megan Hilty and Will Chase) Shaiman, Wittman Original composition 3:35
12. “Let’s Be Bad” (featuring Megan Hilty) Shaiman, Wittman Original composition 3:00
13. “History Is Made at Night” (featuring Megan Hilty and Will Chase) Shaiman, Wittman Original composition 4:17

Related posts

Leave a Reply