Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 07 May
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 07 May 

Alexandra Burke (Alb. Hearbreak on Hold / RCA) – Let It Go
Heartbreak on Hold adalah album kedua mantan juara X-Factor aal Inggris, Alexandra Burke, yang direncanakan dirilis pada tanggal 4 Juni nanti. Setelah melepas Elephant sebagai single pembuka di album ini, maka Burke bersiap dengan single keduanya, Let It Go. Single yang ditulis oleh Belle Humble, Mich Hansen dan Jason Gill adalah sebuah club-anthem yang panas. Dengan memadukan antara elektro-pop, euro-dance dan house, Let It Go memang sangat pantas sebagai lagu pengisi lantai dansa. Terkadang memang agak disayangkan jika vokal Burke yang powerful lebih sering dipergunakan untuk lagu-lagu yang termasuk ringan bagi dirinya ini, akan tetapi jika memang itulah pilihannya, kita hanya bisa menikmati saja. Lagipula Burke cukup piawai membawakan lagu ini untuk hadir dengan sangat menghental. Single dirilis pada tanggal 25 Mei. (8/10)

Carly Rae Jepsen (EP. Curiosity / 604) – Curiosity
Kesuksesan Call Me Maybe memang mengejutkan. Seketika nama Carly Rae Jepsen melesat menjadi yang pantas untuk disimak. Tanpa melewatkan kesempatan saat bola panas berada ditangannya, maka jebolan Canadian Idol ini segera mengeluarkan single keduanya untuk EP. Curiosity yang berjudul……tentu saja Curiosity. Bukannya tak ada alasan jika Jepsen menjadikan Curiosity menjadi single kedua, karena lagu elektro-pop/dance ini pun tak kalah menariknya dibandingkan Call Me Maybe. Hooks yang catchy tentu saja menjadi andalan utama selain beat-beat dance yang menggoda. Vokal Jepsen yang khas pun sukses mengajak pendengar untuk menikmatinya. Bisa jadi ada yang beranggapan jika single ini tidak seciamik Call Me Maybe, akan tetapi secara komposisi, jelas Curiosity memiliki susunan yang lebih kompleks dan matang. Single dirilis pada tanggal 1 Mei. (8/10)

Gotye (Alb. Making Mirrors / Eleven) – Eyes Wide Open
Sebelum single Somebody I Used to Know yang meledak dimana-mana itu, Gotye sebelumnya telah merilis single Eyes Wide Open ditanggal 5 November 2010 untuk mempromosikan album Making Mirrors. Kini Gotye berkesempatan untuk mengajak para penikmat musik yang baru saja menggemari musiknya untuk mendengarkan single ini. Dengan beat yang cepat, single Eyes Wide Open ini jelas terpengaruh oleh elemen rock akan tetapi ini Gotye yang kita bicarakan, tentu saja single ini bukan menjadi sebuah single rock biasa. Dengan perpindahan nada yang tak terduga, Eyes Wide Open menyajikan kualitas musik Gotye yang eklektik. Meski tidak terlalu nge-pop, akan tetapi single ini tetap mudah dicerna dan cukup efektif untuk membiarkan pendengar yang awam dengan dirinya untuk mengenal dirinya lebih lanjut. (8/10)

Fiona Apple (Alb. The Idler Wheel… / RCA) – Every Single Night
Dalam Every Single Night, Fiona Apple bernyanyi seolah-olah ia tengah menyanyikan sebuah lagu tradisonal penduduk pribumi benua Amerika. Kuat pada vokal dan penuh dengan semangat. Namun sebenarnya ini adalah lagu lirih yang subtil. Dibuka dengan instrumen ala kotak musik, Apple bernyanyi dengan penuh perasaan. Memasuki chorus, barulah semangat tadi secara perlahan timbul. Sungguh lagu yang sangat istimewa. Tidak kalah istimewanya karena ini adalah single terbaru Apple dari album terbarunya, The Idler Wheel…, setelah hiatus selama 7 tahun dengan album terakhirnya adalah Extraordinary Machine di tahun 2007. Selamat datang kembali Fiona Apple. Kami tunggu gebrakan Anda berikutnya. Single dirilis pada tanggal 8 Mei. (8/10)

StooShe (Alb. Swings & Roundabouts / Warner Music) – Black Heart
Terimakasih kepada Amy Winehouse, Duffy dan Adele sebagai penyanyi masa kini terdepan yang mengenalkan kembali musik soul sebagai sensasi pop yang seru tanpa harus terkesan kuno. Trio pendatang baru asal Inggris yang terdiri atas Alexandra Buggs, Karis Anderson dan Courtney Rumbold pun seolah tak mau kalah dengan mengusung soul meski mereka juga membawakan RnB dalam balutan musik pop mereka. Mendengarkan single Black Heart sontak memori kita seolah terbawa ke periode 50-60an. Dengan musik yang terdengar sangat…vintage, Black Heart berhasil karena vokal ketiganya yang sangat powerful dan tentu saja soulful. Black Heart adalah single resmi kedua dan single ketiga secara umum, untuk album debut mereka, Swings & Roundabouts, yang akan dirilis pada bulan Juni mendatang. Single Black Heart dirilis pada tanggal 10 Juni. (8/10)

Rebecca Ferguson (Alb. Heaven / RCA) – Teach Me How To Be Loved
Meski Rebecca Ferguson memeroleh ketenaran setelah menjadi runner-up di ajang The X-Factor Inggris musim ketujuh, akan tetapi sebenarnya ia bukanlah seorang penyanyi karbitan. Perjuangan yang dilakukannya cukup panjang untuk mencapai posisi yang didudukinya sekarang. Dengan mendengarkan single Teach Me How To Be Loved ini niscaya kita memang yakin jika Ferguson memamg benar-benar bisa bernyanyi dan memiliki kualitas vokal yang istimewa. Dan ia bisa menulis lagunya. Termasuk juga untuk single ini yang dikerjakannya bersama Jonny Lattimer. Teach Me How To Be Loved adalah sebuah balada minimalis yang manis dimana Ferguson bernyanyi hanya dengan iringan piano yang manis. Dengan penghayatan yang prima, single ini terdengar begitu syahdu dan menghanyutkan. Teach Me How To Be Loved bukanlah menjadi single utama dari album Heaven tapi sangat layak untuk disimak secara lebih luas. (8/10)

K’Naan (Alb. Country, God, or the Girl / A&M) – Hurt Me Tomorrow
Setelah sukses dengan EP. More Beautiful Than Silence di awal tahun ini, maka K’naan sudah menyiapkan album studio keempatnya, Country, God, or the Girl, sebentar lagi. Single pertama yang diperkenalkan adalah Hurt Me Tomorrow yang masih bergaya laidback ala K’naan. Dengan pengaruh etnik yang lumayan cantik, K’naan bernyanyi dan juga ngerap. Lagunya santai saja mengikuti aransemen penuh beat musik pengiringnya. Dengan latar belakang darah Somalianya, K’naan memang terdengar agak berbeda dari penyanyi kulit hitam asal Amerika dan Kanada lainnya. World music yang mempengaruhinya adalah pembeda dengan kebanyakan musisi Hip-hop kebanyakan. Dan hal tersebut merupakan nilai tambah bagi lagu-lagunya termasuk untuk single Hurt Me Tomorrow. Single yang sebenarnya cukup “pedih” ini tetap terdengar ceria di tangan K’naan. Single dirilis pada tanggal 8 Mei. (8/10)

Train (Alb. California 37 / Columbia) – 50 Ways to Say Goodbye
Dibuka dengan bunyi terompet ala mariachi, sempat mengira jika ini adalah lagu milik Beirut. Ternyata salah, karena 50 Ways to Say Goodbye adalah milik band asal San Fransisco, Amerika Serikat, Train. Vokal Patrick Monahan yang berkarakter segera menghajar dalam beat yang cepat mengikuti temponya. Agak mengecoh awalnya namun jangan kuatir karena 50 Ways to Say Goodbye adalah lagu milik Train yang pasti tidak akan mengecewakan. Aransemen pop-rock yang dipadu dengan musik khas ala Meksiko tersebut membuat lagu ini terdengar cukup istimewa dan tetap mudah untuk dicerna. Monahan menulis lagu ini bersama Espen Lind juga Amund Bjørklund. Kerjasama mereka yang kompak tampaknya merupakan kunci keberhasilan lagu ini selain tentu saja kinerja anggota Train lainnya, Jimmy Stafford (gitar) and Scott Underwood (drums) yang sangat kredibel memainkan instrumennya. (8/10)

New Hollow (Single / NEC) – She Ain’t You
Perkenalkan New Hollow, trio pengusung pop rock asal New Albany, Ohio, Amerika Serikat. Terdiri atas Mick Clouse, Evan West dan Chad Blashford siap menjadi idola baru kita. Meski tergolong sangat muda, namun jangan ragukan kemampuan bermusik mereka, karena mereka telah bersama sebagai grup band semenjak bangku SD. Beruntung mereka berkenalan dengan label baju cewek bernama Justice yang bersedia memasarkan single pertama mereka, SiCK. Prestasinya adalah menggeser posisi puncak single California Gurls milik Katy Perry di tangga lagu Billboard Hot 100 Singles Sales Chart. Prestasi lainnya, di tangga lagu yang sama, adalah dimana single Boyfriend milik mereka menggeser posisi teratas single Born This Way milik Lady Gaga di bulan Desember 2011 yang lalu. Sangat membanggakan bukan? Kini simak single terbaru mereka She Ain’t You yang sangat catchy namun sama sekali tidak terdengar murahan. Dapat kita lihat bagaimana komposisi serta aransemen yang sangat matang dipersembahkan oleh New Hollow. Agak mengingatkan Busted namun jelas New Hollow memiliki ciri khas mereka sendiri. (8/10)

Far East Movement feat. Tyga (Alb. Dirty Bass / Interscope) – Dirty Bass
Kesuksesan album Free Wired membuat banyak orang menantikan gebrakan terbaru dari kuartet asal Los Angeles, Far East Movement. Dan inilah dia, album terbaru mereka, Dirty Bass. Apakah album ini akan sesukses album pendahulunya? Kita lihat saja nanti. Dan mendengarkan single single Dirty Bass tampaknya FM telah nyaman dengan lagu Hip-hop dengan nuasa dance. Hanya saja kali ini tidak ada hook yang benar-benar mengikat sebagaimana Like A G6 misalnya. Kehadiran rapper Tyga pun mempertebal aksen Hip-hopnya. Vokal solois perempuan agak mengingatkan akan Dev namun sayangnya tidak begitu berkesan. Kita tunggu saja perilisan album ini di tanggal 5 Juni untuk mendengarkan kreasi terbaru J-Splif, Kev Nish, Prohgress dan DJ Virman ini. (7/10)

Shinhwa (Alb. The Return / Universal Music) – Venus
Remaja masa kini mungkin hanya mengenal Super Junior, 2PM atau Bigbang sebagai boyband Korea Selatan terdepan namun jauh sebelumnya, tepatnya di tahun 1998, Shinhwa telah menggebrak K-Pop sebagai boygroup populer. Setelah terakhir kali merilis album di tahun 2008, kini boyband yang beranggotakan Eric Mun, Lee Min-woo Kim Dong-wan, Shin Hye-sung, Jun Jin dan Andy Lee ini kembali lagi melalui album kesepuluh mereka yang diberi judul….The Return. Venus adalah single andalan Shinhwa untuk album terbaru mereka ini. Tampaknya mereka cukup siap untuk diadu dengan junir-juniro mereka. Vokalnya mungkin terdengar lebih matang (baca: dewasa) akan tetapi mereka tidak segan-segan untuk mengadopsi tren musik terbaru. Venus pun akhirnya menjadi sebuah single elektro-pop yang seru dan sangat easy listening. Sedikit arsiran dubstep memperkaya singlenya. Aransemen dan melodinya punya rasa yang cukup “internasional”, yang apabila lirik diganti dalam bahasa Inggris, maka orang tidak akan menyangka ini adalah sebuah K-Pop. Well, selamat datang kembali Shinhwa. The Return dirilis pada tanggal 23 Maret. (8/10)

Special Thanks To Julee, Haris, dll…
Vote for your favourite Exclusive Single here:

Related posts

Leave a Reply